Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Pakan Dan Minuman Ayam Kampung Super Yang Baik Dan Berkualitas

Lintas Ternak – Namanya ternak yaitu salah makhluk hidup ciptaan dewa yang pastinya membutuhkan yang namanya masakan tak terkecuali ayam jawa super (ayam kampung super).Memang betul , pakan pada ayam kampung memegang peranan yang sangat penting dalam memilih pertumbuhan ayam kampung super (joper).Meskipun demikian bahwasanya pakan ayam jawa super tidaklah serumit yang anda bayangkan.Tidaklah serumit menyerupai ayam broiler,ayam arab,ayam petelur dll.

Pakan yang baik tentu akan mempercepat pertumbuhan ayam tersebut,sehingga para peternak tidak usah menunggu terlalu usang untuk menikmati hasilnya.Ingat jenis pakan yang harus didiberikan harus sesuai dengan usia ayam.Ayam kampung super yang masih DOC harus didiberikan pakan yang sifatnya masih halus.Hal ini bertujuan semoga DOC simpel dalam mencerna makanan.Hal yang terpenting dalam menyusun ransum makan ayam kampung super harus memperhatikan nutrisi yaitu protein berangasan (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.Dibawah ini akan saya jelaskan Pakan Ayam Kampung Super Sesuai melaluiataubersamaini Usia Ayam.

1.    7 gram/per hari hingga umur 1 minggu
2.    19 gram/per hari hingga umur 2 minggu
3.    34 gram/per hari hingga umur 3 minggu
4.    47 gram/per hari hingga umur 4 minggu
5.    58 gram/per hari hingga umur 5 minggu
6.    66 gram/per hari hingga umur 6 minggu
7.    72 gram/per hari hingga umur 7 minggu
8.    4 gram/per hari hingga umur 8 minggu

Ada berapa jenis pakan yang bisa didiberikan untuk ayam kampung super (joper) ? Dibawah ini ada 5 jenis pakan yang bisa anda diberikan pada ayam kampung super yang sudah kalian budidayakan :

 Namanya ternak yaitu salah makhluk hidup ciptaan dewa yang pastinya membutuhkan yang na Jenis Pakan dan Minuman Ayam Kampung Super yang Baik dan Berkualitas

1.Pakan Dedak

Jenis pakan ini hampir sama dengan bekatul, spesialuntuk saja dedak sedikit lebih berangasan dibanding dengan bekatul. Akan tetapi pakan dedak juga simpel dicerna bagi anakan ayam yang sudah berumur 2 bulanan

2.Pakan Jagung

Jagung ialah biji-bijian yang umumnya disenangi oleh ayam, jagung menjadi salah satu jenis pakan yang berasal dari biji-bijian yang sudah menjadi pakan ayam semenjak dulu. pakan ini banyak mengandung karbohidrat. Sesuai dengan usia ayam, jagung bisa didiberikan berbentuk butiran utuh, jagung giling berangasan dan jagung giling halus. Pakan jagung yang berbentuk butiran utuh sempurna didiberikan untuk ayam kampung super indukan.

3.Pakan Full BR

Jenis pakan ini bisa didapatkan dari pabrikan. BR didiberikan semenjak ayam masih DOC yaitu umur 2 atau 3 hari hingga siap pguan. Jika memakai full BR, sudah tidak dicampur dengan pakan lain. sehingga penerapan BR ini full tanpa adonan apapun.

4.Pakan Konsentrat

Ayam kampung super yang masih DOC sangat membutuhkan pakan jenis konsentrat, hal ini dikarenakan konsentrat mempunyai tekstur yang halus, sehingga jenis pakan ini simpel dicerna oleh DOC

5.Pakan Bekatul

Ketika usia ayam sudah berumur 6 minggu, pakan jenis bekatul sempurna didiberikan untuk ayam. Bekatul juga mempunyai tekstur yang halus sehingga simpel dicerna untuk ayam kampung super yang masih anakan
Selain itu ada juga ada pakan alternatif yang bisa anda diberikan menyerupai roti BS,sisa dapur atau warung,bihun BS dll.Selain masakan tentu ayam juga membutuhkan yang namanya minuman.Perhatikan klarifikasi diberikut ini :

Pemdiberian Minuman Untuk Ayam Kampung Super (Joper)


Dalam hal minuman didiberikan secara tidak terbatas.Jangan lupa untuk menyediakan wadah minuman didalam sangkar , bila sudah mau habis anda bisa eksklusif menambahkannya lagi.Selain itu juga membutuhkan yang namanya vitamin untuk meningkatkan kualiats,kuantitas dan efektivitas hasil ternak.

Anda bisa mempersembahkan Viterna,Poc Nasa ,Hormonik.Viterna plus mengandung mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang,organ,pembentukan darah dll.Sedangkan asam amino sebagai penyusun protein untuk pembentukan sel,jaenteng dan organ tubuh.Vitamin yang lengkap mempunyai kegunaan untuk kesehatan dan ketahanan tubuh.

Pemdiberian POC NASA yang mengandung banyak sekali mineral penting untuk pertumbuhan ternak yang dilengkapi dengan protein dan lemak nabati,mampu meningkatkan pertumbuhan ternak ayam jawa super.Sedangkan Hormonik sebagai zat pengatur tumbuh ,dimana keberadaannya akan sangat penting dalam memmenolong meningkatkan pertumbuhan ayam kampung super.Sehingga budidaya ayam kampung super bisa dilakukan dengan singkat tetapi mendapat hasil yang terbaik.Pemakaian Viterna Plus,Nasa dan Hormonik bisa dilakukan sebagai adonan air minum yang didiberikan sepanjang hari.Selain itu bisa dicampurkan sebagai pembasah pada pakan konsetrat.(Pemdiberian Poc Nasa dimasukankan dimenambahkan dengan Hormonik).

Baca Juga : Teknik Memdiberi Pakan Ayam Joper dengan Baik dan Benar

Demikianlah Pakan dan Minuman Yang Bisa Anda Berikan Pada Ayam Kampung Super yang kalian budidayakan.Pakan tidakboleh hingga telat anda harus mempersembahkan pakan pada ayam jawa super dengan baik dan benar.Apabila pakan tidak anda perhatikan maka akan berdampak jelek pada ternak anda.Semoga bermanfaa.

Post a Comment for "Jenis Pakan Dan Minuman Ayam Kampung Super Yang Baik Dan Berkualitas"