Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kebotakan Pada Kenari

Penangkar kenari sering kali menemui banyak sekali permasalahan pada burung kenari, salah satunya yaitu terjadinya kebotakan pada kenari. Masalah ibarat ini tampaknya menjadi kasus yang biasa, lantaran penangkar kenari sudah biasa menangani kasus ibarat ini. Biasanya burung kenari yang sudah memproduksi dua atau tiga kali akan mengalami kasus ibarat ini, bahkan bulu yang rontok tidak diselingi dengan bulu yang tumbuh lagi.

Penangkar kenari sering kali menemui banyak sekali permasalahan pada burung kenari Teknik Mengatasi Kebotakan pada Kenari

Ada beberapa hal yang sanggup memicu timbulnya kasus kebotakan pada burung kenari, diantaranya yaitu lantaran adanya tungu atau kutu, kemudian terjadinya abses pada kulit lantaran jamur ataupun bakteri, dan ada juga yang disebabkan lantaran burung kenari mengalami stres berat sehingga birahinya muncul secara hiperbola hingga kenari melucuti bulu-bulunya sendiri. Serta juga sanggup dikarenakan kenari belum sempurnanya zat iodium dalam tubuhnya.

Karena pada umumnya, kenari yang jarang mendapat pakan yang mengandung iodium menjadi salah satu penyebab kenari botak, maka dari itu perlu tambahan iodium secukupnya pada makanan yang didiberikan pada burung kenari keakungan anda. Jika pemdiberian iodium memang cukup diubahsuaikan dengan contoh pakan yang tepat setiap harinya, maka tentu akan tumbuh bulu-bulu jarum pada penggalan badan kenari yang rontok ataupun botak.

Ada beberapa cara dalam mempersembahkan atau menambahkan iodium pada pakan burung kenari, diantaranya yaitu diberikut:
  • Sediakan tulang sotong terlebih lampau, kemudian parutkan tulang sotong tersebut dan dimenambahkan ke pakan kenari seperti: buah-buahan atau sayuran hijau yang akan didiberikan kepada kenari. Tulang Sotong maupun Tulang Tiram mengandung  iodium yang cukup tinggi dan tentunya sangat bermanfaa dalam menambah kalsium dan iodium pada kenari.
  • Apabila tips di atas masih belum menawarkan khasiatnya, maka sanggup dilanjutkan dengan tips  diberikutnya yaitu dengan menambahkan komplemen mineral yang mengandung banyak kalsium, iodium, kalium, fosfor, dan seluruh zat yang diharapkan dalam mengembalikan kenari ibarat sedia kala sebelum mengalami kebotakan. melaluiataubersamaini tambahan komplemen yang mengandung zat-zat tersebut sanggup merangsang tumbuhnya bulu-bulu pada kenari yang mengalami kebotakan., 
Apabila tips-tips di atas sudah diterapkan, tapi setelah 3 ahad belum menawarkan adanya pertumbuhan bulu jarum kenari, maka sanggup jadi hormon yang menjadi persoalannya, atau sanggup juga problem lain ibarat beberapa faktor diberikut:
  1. Bisa jadi lantaran kenari belum sempurnanya nutrisi, lantaran banyak juga argumen dari kicau mania yang menyampaikan bahwa kenari yang kurang nutrisi juga sanggup menyebabkan kenari mengalami kebotakan.
  2. Biasanya pada indukan kenari yang sedang dalam proses meloloh pakan untuk anakan, maka akan mengalami kerontokan pada bulu-bulunya.
  3. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa bakteri/tungu, jamur juga sanggup menjadi faktor yang menyebabkan kerontokan pada bulu kenari, sehingga hal yang harus dilakukan untuk megobatinya yaitu dengan cara mengkarantina dulu kenari tersebut, kemudian disemprot dengan obat-obatan atau OrBird, selain itu juga dilakukan penyemprotan pada sangkarnya dengan tujuan biar kenari beserta kandangnya terhindar atau membersihkan dari bakteri, parasit/jamur dan sejenisnya. 
  4. Serangan tungau juga sanggup menjadi salah satu kenari mengalami stres, hingga terjadi kebotakan. Bila kenari terinfeksi tungau, maka perjuangan penyembuhan yaitu langkah yang utama hingga kenari benar-benar sehat dari serangan tungau tersebut.

Pada umumnya kenari yang botak pada penggalan kepala kalau tidak segera diatasi, maka akan menjalar hingga keleruuh tubuhnya. Maka dari itu, bila terindikasi kebotakan pada kenari, maka segera lakukan tindakan yang tepat, salah satunya dengan membawanya ke dokter binatang terdekat untuk segera dilakukan pengecekan serta pengobatan.

Demikian sedikit ulasan singkat terkena cara mengatasi kebotakan kenari, semoga tips tips yang sudah kami sebutkan di atas sanggup menjadi salah satu wacana dalam mengatasi kenari yang bermasalah terutama kasus kebtakan. Selain tips mengatasi kebotakan kenari, ada juga tips sebelumnya perihal: suara kenari dan cara mengatasi kenari ngeriwik.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Kebotakan Pada Kenari"