Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Burung Ciblek Sakit Sesak Nafas

Burung Ciblek ialah burung dengan abjad yang menyerupai dengan burung pada umumnya. Saat kualitas kesehatannya menurun, bermacam-macam penyakit pun akan simpel masuk dan menjangkiti badan burung. Baik itu penyakit enteng atau berat, yang terang penyakit ini akan merusak dan mengganggu penampilan serta performa burung.

Burung Ciblek ialah burung dengan abjad yang menyerupai dengan burung pada umumnya Mengatasi Burung Ciblek Sakit Sesak Nafas

Dari banyaknya penyakit yang ada, sesak nafas ialah penyakit yang paling dihindari. Selain mengancam kesehatan dan performa burung, bila tidak ditangani dengan baik, penyakit ini pun dapat saja merenggut dari nyawa burung itu sendiri.

Pada dasarnya, mengatasi Ciblek sakit sesak nafas sendiri dapat dilakukan secara mandiri. Hanya saja, demi keamanan dan kesehatan burung, sangat dianjurkan untuk membawa burung ini ke dokter hewan. Tentu saja, alasan utama dari tindakan ini yakni alasannya yakni kemudahan dan perawatan yang didiberikan dokter binatang akan sesuai dan sempurna dengan kondisi dikala itu.

 Tapi, bila Anda tetap bersikeras untuk merawat dan mengatasi problem ini sendiri, ada beberapa metode dan cara yang dapat digunakan. Tapi, Anda juga harus ingat. Teknik dan metode ini sebaiknya dilakukan secara intensif dan sesuai anjuran.

Teknik Mengatasi Ciblek yang Sakit Sesak Nafas dengan Metode dan Teknik Mandiri
Berikut yakni beberapa cara yang dapat Anda gunakan mengatasi sesak nafas pada burung secara berdikari dan tanpa memakai tenaga medis:

Perawatan awal
1. Untuk mencegah kondisi yang parah, pindahkan sangkar burung ke daerah yang lebih ideal dan terhindar dari ventilasi atau pun daerah perputaran udara berlangsung.
2. Tutup sangkar burung dengan koran. Pastikan ketiga sisi dari sangkar tersebut tertutupi dengan baik dan tidak mempunyai celah sedikit pun.
3. Untuk mengurangi tanda-tanda sesak nafas, diberikan air hangat dan minyak kayu putih untuk burung. Uap dari air hangat tersebut akan dihirup burung, sehingga rongga pernapasannya akan mengalami pemekaran dan mengurangi tanda-tanda sesak nafas.
4. Teknik mengatasi Burung Ciblek yang sakit sesak nafas pun dilanjutkan dengan menghisap ingus atau lendir di celah ekspresi dan palatumnya. Untuk megampangkan proses ini, gunakan cotton bud atau kapas untuk menghisap lendir atau ingus tersebut.
5. Jangan lupa untuk mempersembahkan lampu di atas sangkar burung. Idealnya, untuk mengurangi tanda-tanda sesak nafas ini burung harus berada ruangan normal dengan suhu 320 – 350 Celsius.

Perawatan akhir
1. Sesudah kondisi burung membaik dan tanda-tanda sesak nafas menghilang, lakukan perawatan harian menyerupai biasa.
2. Untuk memperbaiki kondisi kesehatan burung yang lemah akhir sesak nafas, diberikan Ia multivitamin burung yang banyak dijual di pamasukan.
3. Jangan lupa juga untuk meningkatkan asupan EF yang bergizi dan berkarakter baik.
4. Bersihkan juga kandang, sangkar, cepuk, keramba, dan bermacam-macam perabotan burung lainnya untuk menghindari penularan penyakit serupa pada burung.

Itulah beberapa cara dan metode untuk mengatasi Ciblek yang sakit sesak nafas. Kendati dilakukan secara mandiri, asalkan proses dan metodenya dilakukan dengan benar dan sesuai anjuran, kondisi burung yang sesak akan segera membaik dan sembuh.

Post a Comment for "Mengatasi Burung Ciblek Sakit Sesak Nafas"