Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menentukan Burung Kenari Yang Manis Untuk Kontes / Lomba

Tak sedikit penghobi burung menentukan kenari sebagai burung untuk perlombaan, dan tak sedikit pula yang merawat burung kenari spesialuntuk sekedar hobi biasa dan menjadikannya sebagai binatang peliharaan yang didengar suaranya serta dilihat keindahan bentuk badan dan warna bulunya. Pasti teman akrab kenari mania terbesit untuk ingin mempunyai salah satu jenis burung kenari khusus untuk kontes atau lomba. Melihat ketika ini sudah sangat banyak penghobi kenari yang mengikuti even-even perlombaan kenari. Yang paling seru ialah bisa menunjukkan keunggulan pada kenari yang dimiliki, apalagi kenari yang dimiliki bisa berkicau sangat elok dan indah serta bisa dengan baik menirukan bunyi kicauan kenari jenis lainnya.

Tak sedikit penghobi burung menentukan kenari sebagai burung untuk perlombaan Tips Memilih Burung Kenari yang Bagus untuk Kontes / Lomba

Ada banyak perkiraan orang, yaitu apabila ingin mempunyai kenari kontes khusus untuk perlombaan, maka tentu burung kenari harus didapatkan di tempat kontes tersebut. Karena burung kenari untuk kontes tidak sama dengan kenari yang spesialuntuk sekedar sebagai burung ternak biasa. Yang perlu diketahui bersama ialah harga burung kenari untuk kontes sangat mahal, lantaran memang sudah terlatih dengan baik oleh pemiliknya, serta sudah terbiasa mendengarkan kicauan master, mulai dari kicauan kenari yorkshire, lanchasire, fancy, dan lain sebagainya, sehingga burung kenari tersebut bisa menirukan kicauan kenari jenis lain dengan baik.


Apabila anda ingin terjun dalam dunia kontes untuk kenari, tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya, salah satunya yaitu harus mempunyai burung kenari khusus untuk kontes. Apabila anda mempunyai modal yang cukup tentu harus membeli burung kenari kontes tersebut, yang niscaya harganya tidak mengecewakan mahal bila dibandingkan dengan kenari biasa. Adapun tips-tips menentukan burung kenari untuk kontes ialah sebagai diberikut:
  1. Kenari jantan lebih sempurna sebagai pilihan untuk kontes, maka dari itu usahakan anda yang akan mengikuti kontes harus menentukan kenari jantan, tentunya harus sudah berbunyi.
  2. Memperhatikan postur badan kenari juga perlu, lantaran kenari yang posturnya lebih besar dan gemuk lebih malas untuk berkicau. Oleh lantaran itu, perlu diperhatikan postur badan dengan ciri-ciri: burung harus lincah, tidak cacat, tidak gemuk.
  3. Perlu diperhatikan juga kualitas dari kicau sang burung, apakah kicauannya kasar? sebaiknya pilih kenari yang kicauannya terdengar lebih bagus, yaitu: nyaring dan lebih lama, 
  4. Kenari harus sudah terbiasa mendapat petes atau yang sering disebut dengan istilah mastering. Kenari yang sering mendengarkan bunyi kicauan master kenari juara, maka kenari tersebut akan lebih elok dan bisa menirukan bunyi master tersebut. 
  5. Burung kenari ketika menyanikan lagu, tentu harus dipilih yang suaranya bisa bertahan lama, maksudnya tidak putus nyambung ketika di tengah-tengah menyanyikan lagu.
  6. Pilih suara kenari yang nyaring, untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan cara membandingkan kenari tersebut dengan kenari lainnya, bila perlu dibandingkan dengan kenari yang sering juara.
  7. Pilih kenari yang gayanya elok dan tenang, biasanya kenari yang gayanya elok itu menurunkan kedua akupnya. Biasanya kenari ketika bernyanyi terus melihat kenari jantan lain maka akan melaksanakan gaya-gaya lain, ibarat bergerak ke kanan dan kekiri, dan juga ada yang merentangkan kedua akupnya.
  8. Perhatikan pula ketika burung kenari sedang berbunyi, apakah bunyinya dilakukan secara ngotot atau tanpa beban? Biasanya burung kenari yang ngotot bisa diketahui pada ketika melihat kenari jenis lain berbunyi. Sehingga burung kenari menirukan bunyi kenari jenis lain dengan bunyi yang ngotot.
  9. Pilihlah kenari yang sudah mempunyai mental bagus, biasanya burung kenari yang mentalnya jelek akan susah untuk berbunyi sesuai apa yang diharapkan. Untuk itu perlu juga pelatian khusus semoga kenari mempunyai mental lapangan yang bagus. Adapun tips melatih mental kenari yaitu: meletakkan burung kenari pada tempat yang ramai atau yang banyak dilewati orang, Bila perlu sering-sering bawa kenari untuk jalan-jalan atau bisa juga menemui komunitas sesama kenari, dan buat juga sangkar umbaran semoga kenari mempunyai stamina yang fit dan bagus.

Cukup sekian dulu sedikit gosip wacana burung kenari untuk kontes yang bisa kami bagikan kepada teman akrab kenari mania yang gres memulai atau mempunyai burung kenari tapi sudah ingin dan diberinisiatif untuk mengikuti even kontes burung kenari. Bagi para pemula sebaiknya terlebih lampau banyak-banyak mencari gosip sampai mempunyai pengalaman yang cukup, sampai lalu siap untuk mengikuti perlombaan.

Post a Comment for "Tips Menentukan Burung Kenari Yang Manis Untuk Kontes / Lomba"