Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Cara Menciptakan Aquascape Sederhana Untuk Pemula Lengkap Beserta Gambarnya

Teknik membuat aquascape sederhana- Hari ini aquascape bukan sebuah hobi yang absurd di kalangan para pecinta ikan hias. Hobi ini mempunyai nilai seni yang tinggi sehingga spesialuntuk digemari oleh orang-orang yang berjiwa seni pula. Malah tidak sedikit para hobis yang rela mengeluarkan kucuran dana yang tidak sedikit demi melihat simulasi alam dan kehidupan di dalam air akuarium.

Aquascape tidak sama dengan memelihara ikan hias di dalam akuarium pada umumnya. Perbedaannya terletak pada isi dari akuarium itu sendiri. Akuarium spesialuntuk diisi oleh fauna berupa ikan-ikan hias beserta sedikit aksesoris di dalamnya. Sedangkan aquascape diisi oleh banyak komponen ibarat tumbuhan air, kayu, karang dan pasir semoga sanggup tercipta keindahan alam di dalam air.

Artinya aquascape lebih diseriuskan memelihara seluruh ekosistem yang ada di dalam akuarium. Mulai dari tumbuhan air, mendesain kayu, mengatur karang-karang semoga terlihat anggun serta menambahkan beberapa fauna kecil ibarat keong, ikan dan udang hias.

Umumnya untuk membuat aquascape yang bagus membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Bayangkan saja, ada tetangga saya yang menghabiskan uang 15 juta rupiah untuk membuat aquascape besar di depan rumahnya.

Akan tetapi bukan berarti hobi ini spesialuntuk dimiliki oleh orang-orang kaya, sebab  bagi para pemula yang spesialuntuk mempunyai dana sedikit sanggup membuat aquascape yang sederhana dan murah. Untuk itu di sini hobinatang.com akan mempersembahkan tips bagaimana cara membuat aquascape untuk pemula yang sederhana dan ekonomis.

Teknik Membuat Aquascape Sederhana untuk Pemula


Sebelum kalian mengetahui langkah-langkah pembuatan aquascape, sebaiknya terlebih lampau kalian membaca pengertian, sejarah dan perkembangan aquascape yang pernah saya tulis di situs ini. Baca: Mengenal Apa itu Aquascape sejarah dan komponennya

Baiklah diberikut 15 cara untuk membuat aquascape paling simpel dan sederhana lengkap disertai gambar gambarnya supaya simpel dipahami (note: sebagian foto diambil dari mitra facebook termasuk fp aquajaya. Kami sudah izin pemiliknya):

1. Mempersiapkan desain aquascape



Pertama tama kalian sanggup mencari wangsit desain dari alam orisinil atau menjiplak desain aquascape yang pernah digunakan para master master sebelumnya. Kalian sanggup searching di internet. Nanti ada desain hutan, air terjun, tebing, bukit dan lain lain. melaluiataubersamaini demikian kalian tidak kesusahan untuk mendesain model aquascape nantinya. Dan ingat di sini jiwa seni anda akan diuji untuk menemukan ide desain terbaik.

Baca: 10 Tema Aquascape Terbaik Disertai Gambarnya

2.  Menyediakan komponen atau media untuk membuat aquascape



Langkah kedua ini ialah salah satu yang paling penting dalam pembuatan aquascape. Kalian wajib menyediakan segala media yang diperlukan. Setidaknya ada 5 komponen utama untuk membuat aquascape.

Pertama ialah tumbuhan air, kedua ialah kayu atau batu, ketiga ialah pencahayaan sebagai pengganti matahari, keempat ialah CO2 dan yang kelima ialah filterisasi mempunyai kegunaan menjaga kualitas air semoga tetap membersihkan. Pencahayaan sendiri dibagi menjadi tiga, ada lowlight, midlight dan highlight.

Baca juga: 10 Jenis Kayu Aquascape yang Sering Digunakan dan cepatdangampang Didapat

Lebih detailnya diberikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape sederhana:

  • Akuarium: cari yang berukuran 55x35x35 (67L)
  • Filter: mempunyai kegunaan memmembersihkankan kotoran dalam akuarium dan menjaga kualitas air semoga tetap membersihkan dan jernih)
  • Tanaman air: untuk membuat simulasi alam nyata.
  • Kayu karang dan bebatuan: berfungsi sebagai media untuk tumbuhnya tumbuhan air.
  • Lampu: untuk pencahayaan dan pengganti sinar matahari.
  • Pupuk: untuk nutrisi tanaman
  • Diffuser CO2: untuk dijadikan nutrisi buat tanaman
  • Fauna: berupa ikan kecil, udang hias dan keong.
  • Dan pasir: sebagai bantalan utama

Selain 8 komponen di atas Anda juga perlu membeli alat pengatur suhu air dan keasamaan air atau PH air. Supaya kita bisa  menjaga semoga suhunya tetap 26-28 C dan PHnya mencapai 7 atau 8.

3. Memdiberi PowerGrow ke dalam aquascape



Untuk kelangsungan Aquascape dalam jangka panjang kalian sanggup membeli power grow sebagai rumah basil yang bagus kaya nutrisi untuk tumbuhan dan ekosistem di sekitarnya. Tapi hal ini tidak wajib bagi aku.

4.  Mendbuntutasi cuilan dasar akuarium



Sesudah kalian menemukan ide desain dan mengumpulkan tiruana bahan-bahan diatas selanjutnya tinggal mendbuntutasi cuilan substrat. Cuci terlebih lampau akuarium yang akan dijadikan aquascape, tujuannya biar terlihat lebih jernih dan steril dari bakteri. Jika sudah dicuci dan dijemur kalian tinggal menaburkan pasir sebagai substrat/alas. Pasir yang digunakan ialah jenis pasir silica, pasir malang atau jenis lainnya.

Silahkan atur ketinggian pasir hingga 2 hingga 3 cm. Dimasukankan membuat semacam lekukan ke dalam sempurna di cuilan tengah-tengah akuarium serta meninggikan pasir sampingnya. Tujuannya supaya pupuk tidak terlihat dari luar.

5. Menaburkan pupuk untuk tumbuhan aquascape



Jika selesai menata pasir sebagai substrate (alas), kalian tinggal menaburkan pupuk sempurna di atas pasir yang sudah ditata tadi. Masukkanlah pupuk sempurna di cuilan pasir yang cekung ke dalam, usahakan tidakboleh menaburkan di samping beling aquarium lantaran nanti malah terlihat dari luar. Pupuk ini berfungsi memdiberi nutrisi pada tumbuhan air.

6. Taburkan pasir untuk 2 kalinya semoga menutupi pupuknya



Apabila pupuk sudah ditebarkan di atas pasir kini tinggal ditutup dengan pasir supaya tidak terlihat. Anda bebas mengatur referensi sesuai impian anda. Namun ingat pasir ini akan menjadi permukaan dasar aquascape, jadi usahakan atur sebaik mungkin semoga terlihat cantik. Rata rata scaper membuat bentuk pasir di cuilan belakang mempunyai kontur lebih tinggi dibandingkan cuilan depan. Bagian depan mempunyai kontur yang rendah.

7. Mendesain hardscape (kayu, kerikil atau karang)




Teknik yang ketujuh yaitu mengatur kayu kayu atau batu-batuan sedemikian rupa semoga terlihat natural. Desainnya seusai dengan yang sudah direncanakan di poin satu. Silakan anda lihat kembali desain yang sudah anda bentuk. Lalu masukkan kerikil dan kayu satu persatu, letakkan dengan mantap tanpa ragu. Kalau sudah mantap tidak perlu lagi memindah posisi kayu yang belum pas.

8. Menanam tumbuhan aquascape



INI saatnya kita bercocok tanam di permukaan pasir aquascape. Pertama-tama pastikan kalian sudah menyediakan jenis tumbuhan aquascape. Biasanya yang masih pemula menentukan tumbuhan yang simpel dirawat dan tidak simpel mati  meski tanpa co2.

Baca juga: 13 Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2 cepatdangampang Dirawat Oleh Pemula

Apabila sudah menerima tumbuhan yang diinginkan, selanjutnya atur sedemikian rupa semoga terlihat natural dan indah. Dalam mendbuntutasi tumbuhan biasanya hobis membagi menjadi tiga cuilan yaitu menentukan jenis tumbuhan karpet untuk ditaruh di cuilan depan atau bawah (foreground). Ada juga jenis tumbuhan midground untuk diletakkan di tengah-tengah dan terakhir tumbuhan background untuk ditaruh di sisi belakang aquascape. Tanaman background umumnya sanggup tumbuh tinggi dan lebat.

9. Mengisi air ke dalam akuarium secara perlahan



Sesudah kayu, kerikil dan tumbuhan dipasang saatnya memasukkan air ke dalam akuarium dengan penuh hati-hati. Memasukkan air kedalam Aquascape ini dihentikan sembarangan. Di sana ada metode khusus semoga tumbuhan yang sudah kita pasang tidak rusak. Yaitu memakai media selang, piring atau alat saenteng sebagai bantalan dalam memasukkan air ke akuarium.

Piring/saenteng tersebut berfungsi sebagai penahan tekanan air. Andaikan air pribadi dimasukkan tanpa saenteng, maka sanggup merusak pasir atau hardscape yang sudah ditata tadi.

Bila mana akuarium sudah dipenuhi air, sebaiknya dimembuang kembali airnya sebanyak 70% dari jumlah yang ada. Kemudian isi lagi hingga penuh. Hal ini dilakukan bertujuan menghilangkan zat berbahaya yang berasal komponen-komponen ibarat pasir, batu, kayu dan tumbuhan yang barusan dipasang.

Ingat ketika pertama kali air diisi biasanya air pribadi berwarna keputihan atau kusam, namun fenomena ini tidak perlu dikhawatirkan lantaran perubahan ini ialah proses normal dalam membuat aquascape mini atau besar. Dan tidak usang lagi akan kembali jernih.

10. Memasang filter, lampu dan diffuser CO2



Langkah membuat aquascape sederhana diberikutnya ialah memasang filter, lampu, CO2. Tapi sebenanya poin ini sanggup dilakukan di awal. Filter berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada di dalam akuarium sedangkan CO2 dan lampu sangat mempunyai kegunaan untuk proses fotosintesis dari tanaman.

Sesudah dipasang nyalakan lampu selama 8 - 9 jam per hari. Karena terlalu banyak pencahayaan membuat koloni alga tumbuh dengan cepat sehingga air menjadi keruh mengganggu pertumbuhan tumbuhan lainnya. Selain filter, lampu dan co2, ada beberapa alat pendukung lainnya yaitu alat pengatur temperatur suhu air dan alat pengatur keasamaan air/PH air.

11. Memasukkan fauna ke dalam aquascape



Berbeda dengan akuarium biasa, untuk Aquascape fauna spesialuntuklah sebagai pelengkap saja. Hewan yang digunakan juga bermacam-macam macamnya seusai fungsinya masing masing. Rata-rata masyarakat menentukan memakai ikan ikan kecil ibarat neon tetra, cardinal dan lain sebagainya.

Baca juga: 30 Jenis Ikan Aquascape Terindah Beserta Gambar dan Harganya

Kadang juga didiberi fauna bersifat pemmembersihkan, contohnya keong untuk memmembersihkankan lumut, alga dan kotoran. Udang red cherry juga sanggup memmembersihkankan kotoran dalam aquascape.

Catatan penting, ketika pertama kali aquascape dibentuk tidakboleh pribadi dikasih ikan. Karena air masih keruh. Tunggu hingga 2 atau 3 ahad gres boleh didiberikan ikan kecil atau udang.

12. Merawat aquascape dengan baik dan benar



Dalam pembuatan aquascape yang terpenting ialah perawatannya. Merawat aquascape yang baik akan besar lengan berkuasa pada kualitas tumbuhan yang sudah ditanam. Sehingga tumbuhan tidak membusuk dan tidak mati.

Teknik merawatnya ialah dengan mengganti air 30% di ahad pertama. Kemudian di ahad kedua engkau mengganti kembali 30% air selama 3 hari sekali. Lalu di ahad keempat dan seterusnya spesialuntuk perlu mengganti 30% setiap 7 hari.

Apabila ingin menambahkan aksesoris/tanaman baru, silahkan ganti airnya 50% semoga zat yang membahayakan termembuang. Sekaligus sanggup meningkatkan pertumbuhan basil yang menyuburkan tanaman. Ketika sudah mencapai 2 hingga 3 bulan, mulai tumbuh biota. Rutinlah dalam merawat aquascape, minimal melaksanakan pengurasan secara teratur.

Demikianlah tutorial lengkap bagaimana cara membuat aquascape yang sederhana dengan harga murah. Intinya pakai akuarium ukuran mini saja, sehingga komponen yang dibutuhkan tidak banyak. Semoga tips diatas memmenolong para pemula untuk bereksperimen di rumah.

Post a Comment for "12 Cara Menciptakan Aquascape Sederhana Untuk Pemula Lengkap Beserta Gambarnya"