Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Materi Pakan Ayam Banyak Mengandung Sumber Protein

Lintas Ternak8 Bahan Pakan Ayam Banyak Mengandung Sumber Protein - Jika anda menjalankan perjuangan ternak ayam kampung,baik itu ayam kampung pedaging maupun ayam kampung petelur ,peran pakan sangat besar lengan berkuasa terhadap perkembangan ayam kampung anda.Pakan ayam kampung yang anda diberikan harus mengandung banyak vitamin dan nutrisi,salah satunya protein.Jika anda tidak memenuhi nutrisi untuk pakan ayam kampung yang anda ternak,tentu perkembangannya akan terhambat dan risikonya hasil ayam akan terlihat kurus dan kurang sehat.Jika demikian hasil pguan anda kurang baik dan anda akan merugi.

Kemarin sudah saya bahas ihwal pakan ayam kampung yang mengandung sumber energi.Sekarang saatnya admin akan mempersembahkan pakan yang mengandung sumber protein yang baik untuk perkembangan ayam kampung anda.Ada 8 materi pakan yang mengandung banyak protein yang akan saya jelaskan dibawah ini :

1.Berikan Ampas Kecap

Ampas kecapa berasal dari limbah olahan kedelai menjadi kecap.Meski mengandung protein sebesar 23,9%.Pemakaian materi ayam ini harus anda batasi.Mengapa ? alasannya ialah pakan ini banyak mengandung lemak sebesar 25,3%.Ingat kandugan lemak yang sangat tinggi sanggup menjadikan ransum makan sanggup dengan simpel teroksidasi,sehingga pakan simpel sekali tengik.

2.Berikan Tepung Lamtoro

Daun lamtoro yang sudah berbentuk tepung juga cocok digunakan untuk materi pakan yang mengandung protein. Karena daun lamtoro mengandung protein yang cukup tinggi dan xantofil. Sehingga, baik untuk menguningkan kaki dan kulit ayam kampung.

3.Berikan Bungkil Kelapa

Bungkil kelapa ialah limbah olahan kelapa menjadi minyak kelapa. Kandungan protein yang dimiliki bungkil kelapa ialah 21-22% dan energi metabolisme 1.895 kkal/ kg. Bahan ini sanggup didapat dipasar dengan harga yang murah. Karena itu pemakaiannya sanggup sebesar 5-12%.

4.Berikan Ikan Rucah

Ikan Rucah ialah limbah ikan hasil tangkapan nelayan yang tidak sanggup dimakan manusia. Daripada dimembuang, maka dimanfaatkan untuk materi pakan ternak ayam kampung. Kandungan protein yang dimiliki banyak, yaitu 42-50%. Bahan pakan ini sanggup digunakan antara 6-16% dari total campuran.

5.Berikan Ampas Tahu

Ampas tahu ialah limbah olahan kedelai menjadi tahu. Kandungan protein materi pakan ini ialah sebesar 22-61%. Untuk dijadikan materi pakan, ampas tahu sanggup eksklusif digunakan segar yang gres dibeli dari pasar atau dikeringkan dulu. Jika dikeringkan harus diolah dulu. Tekniknya, didiberi ragi tempe semoga terjadi fermentasi selama 2-3 hari.

Keuntungan ampas tahu yang sudah dikeringkan ,pakan sanggup lebih awet,meningkatkan daya cerna,meningkatkan pagoyahitas dan kandungan protein lebih tinggi.

6.Berikan Bungkil Kacang Tanah

Bungkil kacang tanah ialah hasil ikutan penggilingan biji kacang tanah setelah ekstraksi minyak secara mekanis (expeller) ataupun secara kimia (solvent). Bungkil kacang tanah ialah materi pakan sumber protein pada ayam. Penggunaannya dalam ransum terbatas alasannya ialah mengandung serat bergairah yang tinggi.

7.Berikan Tepung Daging dan Tulang

Tepung daging dan tulang ialah materi pakan sumber protein hewani. Kualitasnya bervariasi tergantung dari jumlah tulang yang digunakan. Bila tulang yang digunakan untuk membuat MBM tinggi maka terlihat dari kandungan bubuk atau mineral Ca dan P yang tinggi. MBM sebagai materi baku pakan sumber protein mempunyai kandungan protein 45% dan sanggup menyumbangkan Ca cukup tinggi di dalam pakan.

8.Berikan CDM (Corn Gluten Meal)

Corn gluten meal atau disingkat CGM ialah materi pakan sumber protein yang diperoleh dari pengolahan jagung secara basah. CGM mempunyai kandungan lisin yang redah sehingga penerapannya dalam pakan sanggup disuplai dengan sumber lisin sintetis. CGM yang baik mempunyai kepadatan sebesar 578 kg/m kubik. CGM mempunyai pigmen xantofil yang lebih tinggi dibandingkan dengan jagung kuning. Pemakaian CGM dalam pakan lebih dari 10% sanggup meningkatkan warna kuning pada kuning telur.

Demikianlah 8 Bahan Pakan Ayam Yang Banyak Mengandung Sumber Protein.Protein sangat penting bagi perkembangan ayam anda.Namun ada beberapa jenis materi pakan ayam diatas yang dibatasi penerapanya ,karena banyak mengandung lemak tinggi.Semoga artikel diatas sanggup menambah wawasan anda ihwal pakan ayam.Semoga bermanfaa.

Post a Comment for "8 Materi Pakan Ayam Banyak Mengandung Sumber Protein"