Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Batasan Dan Tata Cara Kontribusi Pakan Ayam Kampung Yang Baik Dan Benar

Lintas Ternak Batasan dan Tata Teknik Pemdiberian Pakan Ayam Kampung yang Baik dan Benar - Ayam kampung memang banyak dikembangkan oleh para peternak baik ayam kampung pedaging maupun ayam kampung petelur.Kedua aspek tersebut memang menhasilkan pasif income yang menggiurkan kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh.Dalam pembemasukan ayam-ayam kampung tersebut tentu anda harus memeliharanya dengan baik.Agar ayam tumbuh dan berkembang dengan sehat,anda harus mempersembahkan pakan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi.Selain itu anda harus selalu waspada terhadap penyakit yang selalu mengancam ayam-ayam yang anda ternak.

Banyak para pemula yang masih banyak melaksanakan secara asal-asalan ketika memdiberi pakan pada ayamnya.Padahal belum tentu pakan yang anda diberikan bersih dan kondisi anda juga belum tentu membersihkan.Hal ini sanggup memacu penyakit dengan mudah menyerang ayam anda.Jika ayam yang anda ternak terjangkit penyakit tentu harus diobati bahkan sanggup terjadi kematian.Untuk itu admin akan mempersembahkan beberapa Tips Dalam Pemdiberian Pakan Ayam Kampung melaluiataubersamaini Benar Agar Terhindar Dari Penyakit.Perhatikan dibawah ini :

Tata Teknik Pemdiberian Pakan Ayam Kampung Agar Terhindar Dari Penyakit

 Batasan dan Tata Teknik Pemdiberian Pakan Ayam Kampung yang Baik dan Benar Batasan dan Tata Teknik Pemdiberian Pakan Ayam Kampung yang Baik dan Benar

1.Berikan pakan sesuai dengan porsi kebutuhan perharinya

Pemdiberian makan yang terlalu hiperbola juga tidak baik untuk perkembangan ayam anda.Jka terlalu banyak akan menurunkan nafsu makan pada keesokan harinya.Jadikan diberikan makan sesuai dengan porsinya.

2.Berilah Pakan ¾ dari batas ketinggian kawasan pakan

Ingat kalau anda mempersembahkan pakan terlalu penuh sanggup membuat pakan tumpah dan termembuang sia-sia.Hal ini tentu akan membuat anda boros dan meningkatkan biaya pembelian pakan.

3.Berikanlah selalu pakan membersihkan setiap harinya

Berikan pakan yang masih fresh setiap harinya.Hindari pemdiberian pakan yang sudah berbau dan berjamur.Pakan tersebut sanggup mengakibatkan menurnkan nafsu makan ayam,menimbulkan penyakit dll.

4.Berikanlah pakan sesuai nutrisi yang dibutuhkan

Pemdiberian pakan yang mengandung banyak nutrisi akan mempercepat waktu pemeliharaan.

5.Sikap Peternak

Salah kunci keberhasilan dalam ternak ayam kampung yaitu perilaku dari peternak.Misalnya ketika mempersembahkan pakan pada ayam harus santai dan tidakboleh tergesa-gesa,jika peternak dalam kondisi sakit pakailah masker,diberikan pakan pada pagi dan siang hari atau anda sanggup diberikan 3 x sehari,buatlah jadwal untuk pemdiberian pakan ayam dan tidakboleh hingga telat.Anda sanggup melihat perut ayam.

6.Berikan Ransum pakan sesuai dengan jenisnya

Pakan ayam dibedakan berdasarkan fungsi,bentuk dan umurnya.Adapun jenis pakan ayam kampung sanggup and lihat pada jenis pakan ayam kampung berdasarkan umur dan pakan ayam kampung berdasarkan bentuknya.
Selain tata cara pemdiberian pakan ayam kampung diatas,sekarang kita bahas batasan pmediberian pakan dan minum pada ayam kampung.

Batasan Penggunaan Pakan Ayam

Dalam penerapan materi pakan tertutama untuk unggas perlu kiat khusus untuk memanagemen pemdiberiannya. Bahan pakan terlalu hiperbola akan berakibat jelek pada ayam kampung. Peternak sering mengesampingkan batasan penerapan materi pakan ayam dengan alasan biaya dan ketersediaan. Kita ambil rujukan penerapan bekatul seharusnya maksimum penerapan 29% dari total yang didiberikan perharinya. Sekarang mengapa kita memerlukan batasan terbaik pemdiberian pakan mencapai 29%? Jawabannya yaitu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ayam pada bidang yang lain. Sementara alasan lain yaitu tidak menjadikan imbas yang negatif pada ayam. Misal bekatul , kalau kita mempersembahkan lebih dari 30% maka karenanya yaitu rontok bulu yang berlebihan.

Konsumsi Pakan dan Air Minum


1.    Pakan yang sering diperoleh di lahan umbaran terdiri dari sisa-sisa bijian menyerupai gabah, beras, jagung, nasi bekas, serangga, cacing, kodok, rumput. Adapun yang biasa didiberikan spesialuntuklah sisa-sisa dapur dan kalau ada didiberi seduhan dedak padi halus bercampur menir.
2.    Air minumpun untuk sistem pemeliharaan umbaran mudah tidak pernah disediakan, lantaran ayam-ayam sanggup mencari sendiri sesuai dengan kebutuhan. Penyediaan air tawar membersihkan disekitar sangkar sangat dianjurkan terutama pada cuaca terik.

3.    Ayam-ayam yang diumbar biasanya tidak pernah didiberi pakan khusus  lantaran diperlukan pakan diperoleh dari sekitar lahan umbaran, namun apabila ada modal, pemdiberian pakan sederhana di pagi hari sangat baik.

Pada umumnya kawasan minum yang dipakai masa pemeliharaan awal yaitu kawasan minum yang terbuat dari plastik. Ada aneka macam ukuran kawasan minum berbentuk tabung yang terbuat dari plastik, yang biasa dipakai dalam pemeliharaan anak ayam sekaligus pemeliharaan masa remaja.Diantaraya :

a.)Tempat minum berukuran 1,25 liter cukup untuk 20 ujung anakan ayam
b.)Tempat minum berukuran 1 galon,cukup untuk 100 ujung anak ayam umur 1 – 10 hari.
c.)Tempat minum berukuran 1 liter ,cukup untuk anakan ayam 15 ujung

Acara rutin pada setiap pagi, yaitu memmembersihkankan kawasan pakan dari sisa-sisa masakan yang kotor dan mencuci kawasan minum. Setiap hari, kawasan minum dicuci dan air minum diganti, lantaran kadang kala kotor oleh masakan atau kotoran. Apalagi pada anak ayam yang dipelihara pada lantai litter, kawasan makan dan air minum akan lebih cepat menjadi kotor akhir percikan kotoran melalui sekam.Biasanya ayam mengkonsumsi air sebanyak 2 – 2,5 gram air untuk setiap pakan yang dikonsumsi selama masa awal dan pertumbuhan. Pada masa bertelur (petelur), ayam meminum sebanyak 1,5 – 2 gram air untuk setiap gram pakan yang dikonsumsi. Karena rata-rata ransum ayam yang didiberikan mengandung tidak lebih dari 10% air maka penyediaan air minum yang membersihkan mutlak didiberikan secara ad libitum.

Demikianlah Batas Konsumsi Pakan,Air Minum dan Tata Teknik Pemdiberian Pakan AyamKampung Benar Agar Terhindar Dari Serangan Penyakit.Pada dasarnya yang paling utama dalam menjalankan bisnis ayam kampung yaitu kualitas daging ayam.Sudah selayaknya anda diberikan pakan yang baik,benar,dan terkucupi kebutuhan gizi dan nutrisinya.Hal tersebt dilakukan semoga tercapai bisnis yang anda jalankan.Semoga bermanfaa.

Post a Comment for "Batasan Dan Tata Cara Kontribusi Pakan Ayam Kampung Yang Baik Dan Benar"