Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burung Jalak Penyu Yang Gelap Menawan

Jalak Penyu yaitu istilah lain untuk burung Jalak Kebo, atau burung Jalak Kerbau, atau burung Jalak Ungu, atau burung Jalan Perak, atau burung Jalak Emas. Semua nama yang sudah disebutkan bahu-membahu merujuk pada satu burung yang sama yaitu burung dengan nama ilmiah acridotheres javanicus. (lihat: jenis burung jalak)

Ini ialah jenis burung jalak-jalakan yang dikenal juga dengan istilah Javan Myna. Burung ini berasal dari Asia Tenggara dan sering juga ditemukan di Anak Benua India. Beberapa negara tetangga dimana kita dapat menemukan burung ini antara lain, Thailand, Singapura, dan beberapa negara lain ibarat Cina, Semenanjung Malaya, Taiwan, dan lain-lain. Khusus di Indonesia, burung ini banyak ditemukan di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Bali, Pulau Sulawesi, dan Pulau Kalimantan.

 yaitu istilah lain untuk burung Jalak Kebo Burung Jalak Penyu yang Gelap Menawan

Nama paling terkenal untuk burung Jalak Penyu yaitu burung Jalak Kebo atau burung Jalak Kerbau dan burung Jalak Hitam. Burung ini biasanya suka mencari makan di tempat-tempat terbuka ibarat padang rumput, lahan pertanian, perkebunan dan sawah-sawah. Tidak jarang juga barang ini ditemukan berada di punggung kerbau untuk mencari kutu.

A. Ciri-ciri Burung Jalak Penyu
Burung Jalak Penyu mempunyai ciri-ciri mayoritas bulu berwarna petang mulai dari hitam keabu-abuan. Warna putih spesialuntuk kita temukan pada cuilan bawah buntut. Selain itu, burung ini mempunyai paruh dan kaki berwarna kuning gading. Panjang burung ini sekitar 25 cm pada ketika dewasa.
Beberapa jenis makanan yang disukainya diantaranya yaitu cacing, buah-buahan ibarat buah pisang dan buah pepaya, biji-bijian, hewan kecil termasuk juga serangga.

B. Merawat Jalak Penyu
Perawatan burung Jalak Penyu tidak jauh tidak sama dengan perawatan burung jalak lainnya. Di dalam sangkar atau sangkar, burung ini sebaiknya didiberikan kolam mandi sebab mereka menyukai tempat-tempat yang tidak terlalu jauh dari sumber air. Selain itu, kemembersihkanan sangkar harus selalu diperhatikan.(lihat: perawatan jalak kebo)

Untuk megampangkan pemeliharaan biasanya burung harus dilatih untuk makan voer. Kemudian jangkrik, kroto, buah-buahan atau makanan ekstra (EF) lainnya didiberikan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Setiap hari burung harus dimandikan, baik dengan metode keramba atau dengan menyemprotnya.
Selain terkenal sebagai burung yang gacor dan rajin berkicau, burung ini juga mempunyai kepandaian dalam menirukan suara-suara burung lain dan bahkan terkenal dapat menirukan bunyi manusia.(lihat: suara jalak bali)

Post a Comment for "Burung Jalak Penyu Yang Gelap Menawan"