Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menciptakan Sangkar / Sangkar Kenari + Referensi Gambar Dan Ukuran

Sebenarnya sebelum memulai beternak kenari, terlebih lampau harus mempersiapkan kandangnya. Aneh jikalau belum ada kandang, tapi sudah ada burung kenari yang dibeli, jikalau sangkar belum ada tapi sudah ada banyak burung kenari yang ditempatkan dalam satu sangkar kecil tentu hal ini akan menyiksa burung kenari tersebut. Sebagai artikel lanjutan dari postingan sebelumnya tentang cara ternak burung kenari bagi pemula, maka tips tentang pembuatan sangkar atau sangkar kenari akan kami bahas pada peluang kali ini.

Sebenarnya sebelum memulai beternak kenari Teknik Membuat Kandang / Sangkar Kenari + misal Gambar dan Ukuran

Dalam perjuangan beternak kenari, tentu harus memperhatikan juga kandangnya, apakah benar-benar sesuai apa belum? Sebaiknya dalam membuat kandang kenari harus diadaptasi dengan postur badan kenari yang kecil serta harus tahu materi yang sempurna untuk pembuatan dan itu harus menyesuaikan kotoran kenari yang bersifat lembek agak keras atau bersifat melekat. melaluiataubersamaini memperhatikan ini maka tentu akan mempersembahkan kenyamanan tersendiri bagi burung kenari dan kotorannya pun akan simpel dimembersihkankan.

Pada umumnya, bentuk dari sangkar untuk ternak burung kenari dibentuk dengan model yang bersunun, maksudnya terbagi antara sangkar cuilan atas dan sangkar cuilan bawah, dan tentu cuilan itu menempel antara cuilan satu dengan cuilan yang lain, Model sangkar menyerupai ini pada umumnya juga dipakai pada perjuangan ternak burung parkit, lovebird, maupun finch. Meskipun banyak juga peternak burung yang memakai sangkar yang biasa, atau tidak bersusun menyerupai ini.

Kandang pada burung mempunyai peranan yang penting dalam kesusksesan perjuangan ternak kenari, kaena tentu sangkar kenari yang anggun akan mempersembahkan kenyamanan tersendiri pada burung kenari yang anda miliki. Kandang burung kenari bukanlah sangkar yang sempit, namun lebih pada disesuaikannya besar tubuhnya. Pada umumnya sangkar kenari yaitu berukuran 45x45x50 cm serta dilengkapi tangkenteng berdiameter 1 cm. Oleh alasannya itu ukuran sangkar juga kuat terhadap kondisi burung kenari. Apabila kandangnya terlalu sempit akan menjadikan kesusahan ruang untuk bergerak, sehingga hal ini akan menimbulkan psikologi kenari yang jelek yaitu putus asa bahkan stres, kemudian burung tidak begitu lincah dan simpel sakit-sakitan. Sedangkan jikalau sangkar kenari begitu besar, maka memang burung kenari akan bahagia dan bebas, sehingga terlihat sangat lincah. Namun untuk ternak kenari, sangkar tidak harus terlalu besar, alasannya semoga sang burung juga serius pada proses perjodohan, sampai pengeraman telurnya.

Ukuran sangkar standar juga bisa anda modifikasi sendiri dengan feeling anda, tentunya diadaptasi dengan karakteristik  pada burung anda. Apabila sangkar kenari sudah benar-benar sempurna tentu akan simpel dalam proses ternak atau pembudidayaanya, sehingga untuk menghasilkan burung kenari yang anggun dan berkarakter tentu bukanlah hal yang tidak mungkin. Jika berniat untuk benar-benar menjadi peternak kenari yang sukses, tentu dimulai dari pembuatan kandangnya yang sesuai.

Yang perlu anda ketahui bahwa sangkar kenari ialah salah satu poin penting dalam beternak kenari, tapi bantu-membantu tidak spesialuntuk itu, anda juga harus mengetahui cara perawatannya, pemdiberian pakan, pemmembersihkanan kandang, penjemuran, pemdiberian nutrisi atau multivitamin, bahkan anda juga harus tahu harga pamasukan burung kenari sebagai materi tumpuan dalam membeli mapun menjual kenari dari hasil ternak anda. Pengetahuan tentang banyak sekali macam jenis burung kenari juga perlu, sebagai dasar dalam menentukan jenis kenari yang sempurna sebagai pilihan untuk perjuangan ternak. Anda harus tahu jenis jenis-jenis kenari, mulai dari burung kenari Yorkshire, kenari Norwich, Kenari Border, sampai kenari Belgia.

Adapun sangkar kenari yang ideal berdasarkan kondisi ada 2 jenis, antara lain sebagai diberikut:

1. Kandang Tertutup
Pada sangkar tertutup ini berfungsi sebagai sangkar yang sanggup melindungi kenari dari kondisi lingkungan, mulai dari cuaca, angin, dinginnya waktu malam hari, dan lain-lain. Kandang menyerupai ini juga sangat sempurna buat indukan kenari yang sedang dalam proses bertelur, maupun mengerami telurnya semoga kondisi dalam sangkar tetap hangat dan nyaman. melaluiataubersamaini sangkar menyerupai ini, kestabilan suhu akan tetap terjaga, sehingga burung yang sedang mengerami akan merasa nyaman dan terlindungi.

2. Kandang Terbuka (Kandang Soliter)
Kandang terbuka yaitu sangkar yang tanpa adanya penutup, alasannya sangkar terbuka mempunyai fungsi yang cukup banyak, yaitu sanggup melatih mental burung kenari jikalau sangkar menyerupai ini diletakkan di lungkungan yang kondisinya ramai atau banyak orang yang lewat. Kandang ini juga simpel untuk dilakukannya pemandian dan penjemuran pada burung kenari, cukup ditaruh di luar maka burung kenari akan mendapat sinar matahari. Kandang terbuka menyerupai ini pada umumnya sudah banyak dijual di pamasukan , dan sangkar soliter ialah sangkar standar burung.

Agar burung kenari bisa hidup dengan sehat dan sesuai maka tentu juga harus memperhatikan kesesuaian kandangnya. Dalam pembuatan sangkar kenari selain berpacu pada ukuran 50x50x50com, juga anda juga harus mempunyai kreatifitas sebagai upaya untuk menyesuaikan dan memperkirakan bentuk sangkar sebagaimana mestinya ataupun yang berdasarkan anda lebih baik, maka lakukanlah. Sebelum membuat sangkar tentu harus menyediakan banyak sekali alat dan bahannya, antara lain sebagai diberikut:

1. Alat:
- Sediakan penggaris
- Gerpenghasilan sebagai alat pemotong
- Parang (opsional)
- Amplas untuk menghaluskan kayu
- Pahatan kayu
- Meteran
- Tang
- Palu
- Kawat

2. Bahan:
- Bahan bisa dengan memakai kayu bambu maupun kayu rotan sebagai jeruji, tentu harus sudah sesuai
- Gunakan triplek dengan tebal 1 sampai 2 cm
- Siapkan paku besar maupun kecil
- Siapkan juga lem kayu
- Untuk keindahan pada tampilan kandang, maka sediakan juga cat kayu
- Siapkan plamir sebagai penghalus kayu

Sebenarnya sebelum memulai beternak kenari Teknik Membuat Kandang / Sangkar Kenari + misal Gambar dan Ukuran

Adapun cara membuat sangkar kenari yaitu sebagai diberikut:
  1. Triplek yang tersedia harus dipotong menjadi 3 bagian, yaitu cuilan atap, cuilan bawah, dan cuilan belakang. Potonglah masing-masing triplek sesuai ukuran 90x45 cm.
  2. Sebagai pendamping pada cuilan sisi kanan, kiri, dan tengah, maka triplek juga harus dipotong menjadi 3 cuilan yang ukuran potongannya harus sama, yakni sesuai ukuran 45x45 cm.
  3.  Triplek-triplek yang sudah anda potong tersebut pasang dan sambungkan dengan lem maupun paku sampai membentuk sebuah kotak yang berukuran 90x45 cm, setelah itu psekat cuilan tengah kotak tersebut sampai menjadi 2 cuilan yang berukuran 45x45 cm.
  4. Pasangkan jeruji kayu maupun rotan yang tersedia pada cuilan depan kandang, dan tidakboleh lupa untuk mempersembahkan sedikit lubang sebagai pintu.dikit 
  5. Langkah terakhir yaitu lakukan plamir dan pemdiberian warna cat pada sangkar yang sudah dibuat, kemudian lakukan penjemuran.
Demikian sedikit tips dan cara membuat sangkar kenari  yang sanggup kami share kepada teman erat kenari mania Indonesia, semoga apa yang kami jelaskan di atas sanggup mempersembahkan manfaat, guna memulai perjuangan ternak atau budidaya burung kenari yang dikala ini sudah menjadi burung primadona yang tentunya sangat terkenal di pamasukan lokal maupun internasional (simak juga: suara kenari).

Post a Comment for "Cara Menciptakan Sangkar / Sangkar Kenari + Referensi Gambar Dan Ukuran"