Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Murai Kerikil Mabung / Ngurak / Molting

Kondisi mabung pada Murai Batu (MB) memang lumrah dialami. Tidak spesialuntuk murai saja, burung lain menyerupai Lovenird, Kacer, Ciblek, dan beberapa jenis burung lainnya pun sering mengalami ini.

Penyebabnya bermacam-macam dan bervariasi, namun yang terperinci kondisi ini yaitu kondisi alami dan lumrah yang dialami oleh burung kicau. Lalu, adakah perawatan khusus yang harus kita diberikan pada burung ini? ada, Anda perlu melaksanakan beberapa perawatan khusus (baca: ternak murai batu).

 dan beberapa jenis burung lainnya pun sering mengalami ini Teknik Merawat Murai Batu Mabung / Ngurak / Molting

Teknik Merawat Murai Batu yang Sedang Mabung
Banyak pemilik Murai yang membiarkan proses ini berjalan sendiri tanpa perawatan khusus, apa mereka tidak paham? Entahlah. Tapi yang jelas, bila proses ini dibiarkan maka mabung akan berlangsung terlalu usang dan lamban maka akan berakibat burung pada burung itu sendiri.

Akibat tersebut dapat berupa kondisi kesehatan burung yang memburuk atau kualitas bunyi yang menurun. Teknik perawatan yang dimaksud yaitu sebagai diberikut:

1. Pindahkan burung pada situasi yang lebih hening dan terhindar dari kebisingan.
Anda dapat memindahkan kandang burung ini ke daerah yang lebih aman dan jauh dari keramaian. Tujuannya semoga burung menjadi lebih hening dan terhindar dari stres yang akan menciptakannya menjalani proses mabung yang labih lama.

2. Pemdiberian kerondong
Untuk menghindari stres, Anda dapat memakai kredong untuk menutupi kandang burung. Baiknya gunakan kredong ini untuk menutupi kandang burung setidaknya hingga ¾ serpihan sangkar.

3. Pemdiberian pakan dan obat
Anda dapat tetap mempersembahkan pakan utama dan extra food pada kondisi ini. Tapi ingat, kondisikan porsi makanannya, alasannya yaitu Murai Batu yang sedang mabung biasanya mempunyai selera makan yang rendah.

Anda juga dapat mempersembahkan multivitamin untuk burung, tujuannya semoga burung Anda tetap sehat dan bugar walau dalam kondisi mabung. Selain itu, Anda juga dapat mempersembahkan burung ini obat khusus mabung yang tersedia di toko burung terdekat. Berikan OrBird, sangat memmenolong melancarkan proses mabung dengan sempurna.

4. Proses pemandian dan penjemuran
Jika MB mengalami mabung, sebaiknya Anda mandikan Ia 2 kali dalam semingu atau minimal 1 kali dalam seminggu. Selain itu Anda juga harus kurangi masa penjemurannyab menjadi 15 saja setiap pagi, dan pastikan penjemuran ini kurang dari jam 9 pagi untuk menghindari hal jelek pada burung Anda (baca: dampak kasatmata dan negatif penjemuran murai batu).

Teknik merawat Murai Batu mabung di atas dapat Anda terapkan untuk burung Anda. Namun, selain cara di atas Anda juga harus memperhatikan kualitas pakan dan nutrisi yang Ia konsumsi. Karena burung yang sedang mabung umumnya membutuhkan nutrisi lebih, terutama protein. Jadi, sebisa mungkin Anda mempersembahkan nutrisi tersebut pada burung Anda setiap hari ketika burung dalam proses mabung.

Post a Comment for "Cara Merawat Murai Kerikil Mabung / Ngurak / Molting"