Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

Ternak pleci menjadi piihan yang sempurna buat teman bersahabat sekalian. Sebelumnya perlu teman bersahabat ketahui bahwa beberapa peternak mengatakan, hampir tiruana burung kicau sanggup diternak dengan gampang. Namun, sebaliknya, beberapa orang menyampaikan bahwa, setiap orang mempunyai passion dan talenta sehingga ada yang sanggup dan ada yang tidak sanggup berternak burung-burung kicau.

 menjadi piihan yang sempurna buat teman bersahabat sekalian Teknik Ternak Burung Pleci Bagi Pemula

Namun, secara umum, apabila anda mempunyai keinginan, keuletan dan sedikit bakat, tentunya anda pun sanggup berternak Burung Pleci dan mengembangbiakannya. Ternak pleci sanggup dibilang susah-susah gampang, tinggal seberapa keras perjuangan yang harus dilakukan oleh sang penangkar. Pleci ialah burung kicau yang unik, baik dari segi postur maupun bunyi kicauannya (dapatkan: suara pleci).

Harga burung pleci sanggup dibilang cukup terjangkau (lihat: harga pleci), selain itu juga ada banyak sekali macam jenis pleci yang patut anda ketahui (lihat: jenis pleci). Adapun dalam beternak, maka ada beberapa hal penting yang harus disediakan dan dipersiapkan terlebih lampau sebelum memulai beternak, terutama untuk burung Pleci.

A. Mempersiapkan Kandang
Ini yakni jenis burung kecil yang tidak membutuhkan sangkar dalam ukuran besar. Sehingga, apabila anda spesialuntuk akan berternak beberapa pasang Burung Pleci, sebaiknya memakai sangkar dengan tipe aviary saja.

Kandang dengan tipe aviary selain ekonomis tempat, praktis perawatannya dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Namun kalau anda mempunyai kawasan yang luas atau lahan yang cukup untuk membuat sangkar tipe solitair yang sanggup dipakai untuk menampung banyak burung dengan konsep alami, anda sanggup membangun sangkar solitaire. Namun perlu anda ketahui juga bahwa sangkar dengan metode solitaire tidak terlalu cocok untuk berternak. Metode sangkar soliter spesialuntuk cocok untuk menangkar burung saja.

Di dalam sangkar anda harus mempersiapkan kawasan minum dan kawasan makan. Dan tidakboleh lupa menempatkan masukang yang akan dipakai untuk reproduksi. Sarang tersebut sanggup berupa masukang buatan atau masukang yang dibeli dari toko burung. Ukuran masukang sebaiknya tidak terlalu besar. Tempatkan sedemikian rupa, contohnya menggantung atau ditempatkan di pojok bab belakang sangkar semoga tidak terganggu ketika pergantian makan, minum, pemmembersihkanan, dll (baca selengkapnya: kandang pleci).

B. Mempersiapkan Induk Pleci
Sesudah anda mempersiapkan sangkar burung, selanjutnya yakni pemilihan induk burung yang berkarakter. Karena, kita berharap bahwa anak atau keturunannya akan mempunyai kualitas yang baik sehingga sanggup diandalkan untuk dijadikan sebagai calon burung kicau juara atau jawara di dalam lomba.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika menentukan induk berkarakter diantaranya adalah,
a) Induk jantan dan betina sebaiknya berasal dari spesies yang sama atau sub spesies yang sama. Hal ini untuk megampangkan kita dalam menjodohkannya (baca juga: ciri pleci jantan dan betina).
b) Pilihlah induk jantan dan betina yang tidak cacat, baik itu bulunya, maupun cacat secara fisik.
c) Induk jantan sebaiknya sudah berbunyi. Sudah membuka paruh akan lebih baik.
d) Usia burung untuk jantan minimal 1 tahun dan betina minimal 1.5 tahun.

Apabila anda menentukan induk betina, pastikan burung tersebut jinak atau tidak liar, manis kondisi fisik maupun psikologinya. Artinya, burung tersebut tidak stres sehingga proses reproduksi akan berjalan dengan lancar.

C. Penjodohan
Sesudah anda mempersiapkan kandang, mempersiapkan induk burung baik jantan maupun betina, selanjutnya yakni proses penjodohan.
Untuk menjodohkan burung, anda sanggup membaca beberapa artikel metode menjodohkan burung alasannya yakni caranya kurang lebih sama.

D. Pakan
Selama proses penjodohan, anda harus memperhatikan makanan yang anda diberikan kepada burung tersebut. Karena, makanan yakni salah satu faktor yang sanggup mensugesti kualitas keturunan atau anak burung nantinya. Beberapa makanan diberikut ini harus anda diberikan diantaranya adalah:
1. Voer dengan kualitas yang baik.
2. Jangkrik
3. Ulat hongkong
4. Ulat kandang
5. Kroto, atau
6. Cacing Tanah, tiruana sanggup menjadi makanan extra yang akan meningkatkan kualitas telur maupun anak.

Jangan lupa juga untuk mempersembahkan banyak sekali jenis buah-buahan sebagai sumber vitamin. Misalnya, buah pisang, buah pir, buah pepaya atau buah apel. Berikan terbaik 2 kali dalam seminggu.

Jangan lupa juga mempersembahkan vitamin alami, pilih vitamin yang berkarakter. OrBird juga manis untuk dijadikan sebagai perhiasan dan multivitamin tambahan.

E. Sesudah Burung Bertelur
Sesudah terjadi perkawinan, burung betina akan bertelur kurang lebih dalam waktu 2 ahad kedepan. Sesudah burung bertelur, perhatikan sifat burung dan tidakboleh sering mengganggu burung semoga tidak enggan untuk mengerami telurnya. Apabila induk burung tidak mengerami telurnya, maka hal tersebut sanggup mengindikasikan adanya masalah. Selamatkan telur dan gunakan metode inkubator saja.
Jika berjalan lancar, burung betina akan mengalami telur tersebut sampai menetas.

F. Merawat Anak Burung
Perawatan anak burung sanggup diserahkan pribadi pada induk burung. Sesudah 10 hari anda sanggup memguan-nya.

Saat meloloh anak burung, anda sanggup memakai voer yang sudah dicampur dengan air hangat semoga lebih lembut dan sanggup dicerna. Selain itu, anda juga sanggup memanfaatkan serangga ibarat jangkrik atau yang lainnya kemudian dicincang dan dipotong-potong terlebih lampau semoga lebih praktis dimakan oleh anak burung.

Meloloh anak burung memakai serangga akan lebih praktis dan lebih kondusif alasannya yakni tidak mengakibatkan anak burung belepotan yang kerap mengundang banyak sekali jamur dan bakteri.

Cukup sekian dulu kami akhiri pembahasan terkena ternak pleci, semoga artikel ini benar-benar sanggup menambah isu buat teman bersahabat tiruana. Terus kunjungi blog ini ya, alasannya yakni akan kami update isu lebih banyak lagi seputar burung kicau.

Post a Comment for "Cara Ternak Burung Pleci Bagi Pemula"