Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Burung Pleci Montanus

Burung pleci mempunyai aneka macam jenis, diantaranya yaitu Pleci Auriventer, Pleci Buxtoni, dan Pleci Montanus. Selain itu, tentu saja ada Pleci-Pleci lain yang tersebar di aneka macam negara terutama di negara-negara Asia Tenggara.

Khusus untuk Pleci Montanus yang mempunyai nama latin Zosterops Montanus ialah burung kacamata yang banyak tersebar di beberapa negara dan di beberapa pulau Indonesia menyerupai Negara Filipina, Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Bali.

Pleci lain yang tersebar di aneka macam negara terutama di negara Ciri-Ciri Burung Pleci Montanus

Bagi para peternak burung, Pleci Montanus tentu sudah tidak asing. Namun bagi anda yang gres mengenal dan ingin mengetahui apa saja ciri-ciri burung ini diberikut yaitu beberapa diantaranya (baca: cara ternak pleci).

Ciri Burung Pleci Montanus
Beberapa sumber menyampaikan bahwa Zeosterops Montanus mempunyai istilah absurd Oriental Mountain White Eye yang merujuk pada habitat dan ciri-cirinya.

Burung ini dikenal dengan istilah “kacamata pegunungan” oleh beberapa breeder di Indonesia. Ukuran tubuhnya cukup besar mempunyai panjang sekitar 11 cm dan mempunyai warna putih sampai abu-abu pada bab perut. Namun ada juga sebagian burung yang mempunyai warna atau garis kuning pada bab perutnya. Pada bab tenggorokan, burung ini mempunyai warna kekuning-kuningan dengan iris mata berwarna putih dan tidak jauh tidak sama dengan burung pleci lainnya. Ciri selanjutnya adalah, pada bab sisi tubuhnya yang berwarna sedikit kecoklat-coklatan (lihat: jenis pleci).

Kelebihan Pleci Montanus
Burung ini simpel untuk dirawat, mempunyai bunyi kicauan yang jernih dan terdengar cukup kencang. Selain itu, burung ini dapat mengeluarkan bunyi serak dan parau atau sedikit ngebahas dengan getaran khas sehingga tidak jarang penghobi burung di Indonesia yang kemudian jatih cinta pada burung mungil ini.

Teknik Merawat Pleci Montanus
Burung ini menyukai masakan yang terdiri atas serangga-serangga kecil menyerupai belalang, jangkrik, dan lain-lain. Selain menyukai serangga, jenis Montanus juga menyukai buah-buahan menyerupai buah pepaya, buah pisang, buah apel, dan buah sawo (baca: makanan pleci).

Perawatan harian yang didiberikan kepada Pleci Montanus bekerjsama tidak jauh tidak sama dengan perawatan burung kicau lainnya menyerupai Burung Murai Batu, Burung Lovebird, Burung Cucak Ijo, Burung Ciblek, dan lain-lain (baca: cara merawat pleci harian).

Pertama, burung terlebih lampau harus diangin-anginkan selama kurang lebih setengah jam sebelum dimandikan.
  • Sesudah diangin-anginkan, burung kemudian dimandikan pada pagi dan sore hari dengan cara menyemprotnya.
  • Pada ketika dijemur di pagi hari, anda dapat mempersembahkan ekstra food (EF) atau masakan yang penuh gizi dan nutrisi menyerupai ulat hongkong, jangkrik maupun kroto. Selain itu anda juga dapat mempersembahkan selingan dengan buah-buahan menyerupai yang sudah disebutkan sebelumnya.
  • Begitu juga pada sore hari, burung ini dapat didiberikan masakan pemanis berupa kroto dan masakan bergizi lainnya.
  • Pemdiberian masakan ekstra sebaiknya tidak terlalu banyak untuk menghindari semoga burung tidak kegemukan sehingga mengganggu kesehatan dan kelincahan.
Agar Pleci Montanus Buka Paruh atau Ngalas
Ini ialah salah satu burung koloni atau yang menyukai kehidupan berkumpul dengan sebangsanya. Apabila anda ingin burung cepat buka paruh atau cepat berkicau, ada baiknya anda mendekatkan atau menyatukannya dengan burung-burung sejenisnya yang sudah lebih lampau nggacor. melaluiataubersamaini begitu, Burung Pleci akan lebih cepat untuk bersuara dan tidak spesialuntuk ngriwik (baca: cara semoga pleci buka paruh).

Post a Comment for "Ciri-Ciri Burung Pleci Montanus"