Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Seputar Burung Kacer Hitam

Burung Kacer Hitam sedikit tidak sama dengan Burung Kacer Poci atau Burung Kacer dada putih. Burung ini (hitam) mempunyai bulu dengan dominasi warna hitam pekat yang mengkilat dengan guratan berwarna putih di kepingan akup.

Tidak susah untuk mengenali burung ini lantaran ciri-cirinya yang sedikit tidak sama dari burung kicau lainnya. Memiliki paruh yang lancip dan tajam dengan perawakan kurus panjang serta warna bulu hitam pekat.

 mempunyai bulu dengan dominasi warna hitam pekat yang mengkilat dengan guratan berwarna pu Informasi Seputar Burung Kacer Hitam

Burung kacer sendiri tersebar di beberapa pulau di Indonesia diantaranya adalah, Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau Kalimantan.

Harga Burung Kacer Hitam
Burung Kacer Hitam tidak sebaik burung Kacer Putih sehingga harganya tidak begitu mahal. Di beberapa daerah, burung ini dihargai mulai dari Rp. 100 ribu sampai Rp. 300.000.
Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh burung ini diantaranya yaitu bunyi kicaunya yang dapat diisi dengan banyak sekali jenis master.

Perawatan
Perawatan burung di mulai dari perawatan sangkar atau sangkar yang harus dimembersihkankan setiap hari. Pada umumnya, anda harus menyediakan tempat untuk nangkring berupa ranting atau kayu, kemudian anda juga harus menyediakan masakan dan minuman di dalam kandang.
Idealnya, ukuran sangkar berkisar antara 40 x 40 x 60 cm atau sangkar lingkaran dengan diameter 40 atau 50 cm.

Burung ini sangat menyukai masakan berupa binatang-binatang kecil menyerupai jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan lain-lain. Selain masakan tersebut, burung ini juga menyukai cacing dan para breeder biasanya mempersembahkan voer untuk masakan harian.

Setting harian
a. Di mulai pada pagi hari, burung harus diangin-anginkan terlebih lampau kurang lebih 15 sampai 20 menit sebelum dimandikan.
b. Burung kemudian dapat dimandikan dengan metode keramba atau disemprot sampai berair kuyup.
c. Sesudah itu, burung kemudian dijemur selama 1 (satu) sampai 2 (dua) jam sambil didiberikan extra food atau masakan bergizi (ulat, jangkrik, kroto, dll).
d. Sesudah burung dijemur, burung diangin-anginkan kembali kemudian disimpan atau diletakkan di tempat teduh.
e. Burung sebaiknya dihindarkan dari pengkerodongan pada siang hari supaya lebih simpel terbiasa dengan manusia.

Sifat Burung Kacer
Burung Kacer mempunyai sifat petarung sehingga populer sebagai salah satu burung kicau yang bergairah dan susah untuk dijinakkan. Oleh lantaran itu, sebaiknya anda meletakkan atau menggantung sangkar burung ini di tempat yang ramai supaya lebih simpel dalam mengikuti keadaan dengan manusia. Selain itu, tentu saja perawatan setiap hari yg baik yaitu dengan pemdiberian makan maupun mandi secara teratur dan rutin.

Masalah Burung Kacer Hitam
Masalah umum yang sering dijumpai adalah, Burung Kacer menjadi mbagong atau susah untuk dijinakkan dan menjadi galak.
Beberapa penyebab mengapa burung menjadi mbagong diantaranya yaitu lantaran perawatan yang tidak teratur, pemdiberian extra food yang terlalu banyak sehingga menaikkan birahinya, atau lantaran stress dan sakit.

Pakan Burung Kacer Hitam
Burung ini dapat didiberi masakan berupa voer dan didiberikan extra food berupa jangkrik, orong-orong, atau cacing, dapat juga kroto atau ulat hongkong.
Pemdiberian extra food sebaiknya tidak terlalu sering supaya birahi burung tidak meningkat secara signifikan yang menjadikan orang menjadi mbagong.

Post a Comment for "Informasi Seputar Burung Kacer Hitam"