Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Indukan Kenari Tidak Mau Mengerami Telur-Telurnya?

Menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi para penangkar kenari bila menemui kenari indukannya yang seharusnya mengerami telurnya malah tidak mau mengeraminya. Dan banyak pula kenari mania yang bertanya-tanya, mengapa sih kenari indukan milikki kok tidak mau mengerami telurnya? Ok, pada peluang kali ini kami akan mencoba memmenolong mempersembahkan informasi seputar penyebab indukan kenari tidak mau mengerami telurnya.


Menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi para penangkar kenari bila menemui kenari indu Mengapa Indukan Kenari Tidak Mau Mengerami Telur-Telurnya?

Sebuah kegagalan memang bila burung kenari indukan yang dibutuhkan untuk berkembang biak namun, dalam proses mengerami malah tidak mau mengerami. Meskipun sebenarnya, penangkar bisa mengakali dengan caranya sendiri menjadikan telur kenari ibarat dierami, salah satunya dengan memakai alat yang dirancang khusus sebagaimana sudah banyak dilakukan oleh peternak ayam. Namun, hal ini dirasa kurang baik oleh sebagian besar kicau mania, terutama untuk ternak burung kenari.

Salah satu efek negatif bila indukan kenari tidak mau mengerami telurnya, maka tentu susah sekali telurnya itu akan menetas (baca: telur kenari gagal menetas). Selain itu juga bila proses mengeraminya setengah-setengah maka bisa juga menjadikan telur-telurnya itu menjadi bonor/rusak. Bagi anda yang penamasukan ingin tahu apa penyebab indukan kenari tidak mau mengerami telur, maka bisa anda lihat informasinya di bawah ini.

Berikut ialah beberapa penyebab indukan kenari tidak mau mengerami telur-telurnya:

1. Gen/keturunan
Banyak pula penangkar kenari yang menemui kenari yang karakternya susah dalam hal kawin dan mengerami. Itu bisa dilihat pada kenari indukan yang dimiliki sebelumnya, dan keturunannya pun juga ibarat dengan indukan ketika sudah dewasa.

2. Adanya kenari pejantan
Mungkin dikarenakan adanya kenari pejantan yang berada di bersahabat atau disekitar kenari indukan. Karena kicauan pejantan bisa menarikdanunik perhatian kenari betina (simak: suara kenari), sehingga menjadikan kenari indukan tersebut tidak bisa serius dan bahkan lebih tertarik untuk menanggapi kenari jantan.

3. Banyaknya kutu yang menyerang
Semakin banyak kutu yang bersembunyi dalam bulu-bulu kenari, dan menggigitnya, maka hal ini menjadikan kenari semakin merasa tidak nyaman berdiam diri di masukang untuk mengerami, sehingga menjadikannya selalu bergerak.(baca: cara menghilangkan kutu pada kenari).

4. Adanya binatang pengganggu
Terdapat binatang pengganggu yang berada di sekitar, seperti: cicak, tiruant, kucing, ayam, anjing, dan lain sebagainya yang sekiranya sanggup menjadikan kenari selalu merasa was-was tentu kuat terhadap kenyamanan dalam proses mengerami telur.

5. Sarang yang kotor
Kandang kotor sekaligus masukangnya yang kotor penuh dengan kotoran yang membusuk, tentu menjadikan kenari merasa tidak nyaman. Ditambah lagi kotoran-kotoran tersebut tidak spesialuntuk bau, tetapi menyebabkan banyak kuman jahat yang sanggup menggeanggu kesehatan kenari (baca: cara memmembersihkankan kandang kenari).

6. Pakan
Pakan harus selalu tersedia ketika kenari sedang dalam masa mengerami, namun bila belum sempurnanya/kehabisan pakan, maka tentu kenari akan kelaparan, dan lebih menentukan aktif bergerak untuk mencari pakan ataupun sekedar caranya saja untuk meminta pakan kepada pemiliknya.

7. Cuaca yang ekstrim
Biasanya burung kenari tidak mau mengerami alasannya cuaca yang ekstris, yaitu cuaca gerah. Karena jikalau terus berada di masukang, maka menciptakannya merasa semakin gerah dan gerah.

8. Pencahayaan yang kurang ataupun malah berlebihan
Pencahayaan berfungsi untuk mempersembahkan kehangatan dan rasa nyaman bagi kenari, apalagi untuk proses pengeraman tentu sangat memmenolong sekali. Namun, kurang manis pula bila pencahayaannya terlalu berlebihan, maka tentu juga menjadikan kenari merasa silau dan kurang nyaman, atau bahkan membuat matanya bisa katarak.

9. Kondisi yang ramai
Kondisi ramai sebetulnya tidak disukai oleh burung kenari, maka dari itu tidakboleh diletakkan di keramaian, atau bersahabat dengan banyak anak bermain, atau bisa juga bersahabat dengan kemudian lalang kendaraan (baca: rumah kenari).

10. Kenari sakit
Nah, ini juga menjadi faktor utama yang menjadikan kenari tidak mau mengerami (baca: penyakit kenari). Berikan OrBird sebagai antibiotik untuk meentengkan dan mengobati segala penyakit yang diderita burung kenari keakungan anda.

Demikian beberapa faktor penyebab mengapa indukan kenari tidak mau mengerami telur, biar informasi yang kami sampaikan kepada anda bisa bermanfaa. Mungkin anda juga tertarik untuk mengunjungi artikel yang tidak penting yaitu wacana burung kenari vs murai batu.

Post a Comment for "Mengapa Indukan Kenari Tidak Mau Mengerami Telur-Telurnya?"