Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Kacer Kanibal Yang Suka Mencabuti Bulunya Sendiri

Kacer yaitu salah satu burung kicauan yang mempunyai bulu yang indah. Akan tetapi, terkadang keindahan tersebut akan hilang dikala burung ini mencabuti bulu-bulunya sendiri, atau yang sering disebut kanibal.

Hal ini memang wajar, terutama dikala burung sedang mengalami over birahi (OB) yang parah. Bahkan di beberapa kasus, hal ibarat ini dapat menyebabkan kebotakan bagi burung. untuk itu, problem ini haruslah diatasi dnegan segera. Tentu Anda tidak ingin bukan mempunyai burung yang botak?

Kacer yaitu salah satu burung kicauan yang mempunyai bulu yang indah Mengatasi Kacer Kanibal yang Suka Mencabuti Bulunya Sendiri

Perlu Anda ketahui, mengatasi Kacer kanibal yang suka mencabuti bulunya sendiri itu tidaklah susah. Pasalnya, Anda spesialuntuk perlu merubah sedikit perawatan saja. Sedangkan perawatan itu sendiri menyangkut perawatan kemembersihkanan, mandi, dan pemdiberian pakan.

Adapun cara untuk mengatasi problem ini yaitu dengan melaksanakan cara-cara sebagai diberikut:

1. Lakukan karantina
Kacer yang suka mencabuti bulunya sendiri yaitu burung yang sedang over birahi. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini Anda harus melaksanakan karantina pada burung ini. Tekniknya yaitu dengan memisahkan burung pada daerah lain dan terpisah dari tiruana kawanan Kacer. Sedangkan tujuan mengapa Anda harus melaksanakan hal ini yaitu semoga birahi Kacer stabil.

2. Hentikan pemdiberian extra food
Teknik ampuh untuk mengatasi Kacer yang suka mencabuti bulunya sendiri yaitu dengan menghentikan pemdiberian pakan tambahan.

Sedangkan untuk jenis pakan perhiasan tersebut yaitu sebagai diberikut:

a. Jangkrik.
b. Ulat.
c. Kroto.
d. Dan pakan lainnya yang memancing birahi Kacer.

3. Pola mandi Kacer
Saat Kacer sedang birahi dan melaksanakan tindakan pencabutan bulunya sendiri, Anda sebaiknya tambah intensitas mandi Kacer. Jika biasanya Anda memandikan burung ini pada pagi dan sore hari, maka dikala OB Anda dapat memandikan burung ini pada siang hari.

4. Pantau perkembangan burung
Saat kondisi Kacer sudah membaik dan sudah mulai berhenti mencabuti bulu, Anda dapat kembali mempersembahkan burung ini pakan ekstranya. Hal ini untuk menghindari malgizi yang dapat saja terjadi dikala Kacer tidak mengonsumsi extra food.

Nah, itu tadi cara-cara mengatasi Kacer yang suka mencabuti bulunya sendiri. Tapi ingat, dalam melaksanakan cara-cara di atas, Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan dari Kacer itu sendiri. Apabila kondisinya sakit, maka Anda harus mempersembahkan juga selain mempersembahkan perawatan di atas. Selain itu, perawatan-perawatan di atas membutuhkan proses semoga risikonya terbaik, jadi Anda harus sabar dalam melaksanakan perawatan-perawatan di atas.

Post a Comment for "Mengatasi Kacer Kanibal Yang Suka Mencabuti Bulunya Sendiri"