Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Burung Ciblek Sering Mencabuti Bulunya

Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya memang kerap kita lihat ketika burung dalam kondisi OB alias over birahi. Kendati tidak menganggu kesehatan secara langsung, namun jikalau terus dibiarkan, hal ini malah diberimbas pada kebotakan burung. Saat sudah begini, burung pun akan kedinginan ketika malam, dan ujung-ujungnya niscaya diberimbas pada kesehatan.

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal semacam ini. Bisa dengan pengobatan tradisional atau pun modern. Tapi sebelum Anda melaksanakan pengobatan untuk hal ini, ada baiknya Anda ketahui dulu apa saja hal yang menimbulkan terjadinya hal semacan ini. 

Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya memang kerap kita lihat ketika burung dalam kond Penyebab Burung Ciblek Sering Mencabuti Bulunya

Pengetahuan akan penyebab dilema ini sangatlah penting. Hal ini alasannya ialah pengetahuan akan penyebab Burung Ciblek sering mencabuti bulunya ini akan memmenolong Anda dalam memilih pengobatan yang sempurna dan efesien. Sehingga, apabila Anda mengetahui penyebab yang dimaksud, Anda bisa menentukan, mana pengobatan yang dirasa pas dan sesuai dengan penyebab dari sikap ini.

Mengenal Macam Macam Penyebab Burung Ciblek yang Sering Mencabuti Bulunya Sendiri 
Berikut ialah beberapa hal yang menimbulkan burung sering mencabuti bulunya sendiri, lengkap dengan penanganannya: 

1. Faktor over birahi (OB) 
OB atau over birahi ialah kondisi dimana birahi burung mengalami lonjakan yang signifikan. Biasanya, setiap tahun burung akan mengalami hal menyerupai ini. Penyebabnya pun beragam. Bisa alasannya ialah sering mendengar bunyi betina, terlalu banyak mengonsumsi pakan berprotein tinggi, melihat burung sejenis, dan masih banyak lagi. 

Jika burung Anda mengalami kondisi ini, cara terbaik yang bisa dilakukan ialah dengan mengurangi asupan extra food (EF)/makanan ekstra, khususnya EF yang sarat protein yang tinggi. Teknik lainnya ialah dengan mengawinkan burung jantan dengan betina. 

melaluiataubersamaini melaksanakan kedua cara ini, potensi sikap Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya pun akan sedikit berkurang. Alasannya, apabila birahi burung sudah terkontrol dengan baik, burung pun akan terhindar dari sikap yang diakibatkan oleh OB, termasuk sikap mencabuti bulu ini. 

2. Stres yang berlebih 
Tidak spesialuntuk OB, stres juga diyakini bisa menimbulkan burung suka mencabuti bulunya sendiri. Stres sendiri bisa diakibatkan oleh banyak sekali hal. Bisa alasannya ialah kandang yang terlalu sempit, tangkenteng yang tidak susai dengan cengkraman, atau pun alasannya ialah lingkungan yang tidak kondusif. 

Saat sudah begini, cara terbaik ialah dengan menangani penyebab dari stres itu sendiri. Pindahkan kandang burung ke daerah yang lebih tenang, nyaman, dan terhindar dari kebisingan. Teknik mengatasi Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya juga bisa ditangani dengan mengangganti kandang atau pun tangkenteng dengan yang lebih nyaman dan sesuai untuk burung.  

3. Gangguan parasit 
Ganguan benalu menyerupai kutu, tungau, dan sejenisnya juga diyakini bisa menimbulkan burung sering mencabuti bulunya sendiri. Biasanya, burung akan merasa gatal dan tidak nyaman dengan kondisi bulu yang terdapat kutu dan tungau. Ia akan sering menggaruki bulunya. Bahkan pada kondisi tertentu, Ia juga akan mencabuti bulu-bulunya sendiri. 

Jika terus dibiarkan, hal ini tentu menimbulkan kebotakan pada burung. Maka dari itu, rajin-rajinlah memmembersihkankan bulu burung. Bisa dengan mandi atau pun keramas. Agar cara ini lebih efektif, gunakan sampo khusus kutu yang banyak dijual di toko burung. 

Masalah Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya sejatinya bisa ditangai dengan perawatan dan pengobatan yang sederahana. Pengobatan di atas contohnya. Asalkan tahu penyebabnya, pengobatan bisa dilakukan efektif dan cepat. 

Post a Comment for "Penyebab Burung Ciblek Sering Mencabuti Bulunya"