Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebab Telur Murai Watu Tidak Menetas

Murai Batu (MB) yaitu salah satu jenis burung yang berbagai peminatnya, hal itu pun yang memancing seeorang menjadi peternak burung MB. Pasalnya, dengan melaksanakan ternak seeorang akan mendapat laba yang lebih, dengan catatan prosesnya harus lancar dan tanpa kendala (baca: ternak murai batu).

Sedangkan pada kenyataanya, breeder sering kali menemukan telur burung yang tidak bisa menetas. Lalu, apa lantaran telur MB tidak menetas? Jika berbicara terkena penyebab, maka jawabananya sangat banyak. Tapi umumnya ada beberapa penyebab utama yang membuat hal tersebut terjadi. Agar tahu lebih banyak, diberikut yaitu penjelasannya.


Sebab-Sebab Telur Murai Batu Tidak Menetas
Jika telur Murai Batu tidak bisa menetas, maka ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Sedangkan faktor atau penyebab tersebut bisa terjadi lantaran beberapa hal ibarat lingkungan, kualitas masukang, dan beberapa hal lainnya.

Adapun faktor atau penyebab telur Murai Batu tidak bisa menetas yaitu sebagai diberikut:

1. Faktor indukan yang belum dibuahi atau belum matang
Umumnya sebuntut indukan yang mengahasilkan telur infertil yaitu indukan yang belum cukup umur, jikalau demikian maka sangatlah susah untuk membuat telur yang produktif. Pasalnya, indukan tersebut belum mempunyai organ repruduksi yang cukup baik untuk menjalani proses pembuahan.

2. Faktor lingkungan
Jika sebuntut Murai betina sedang mengerami telur, maka kondisikan lingkungannya kondusif dan nyaman, dengan kata lain lingkungan tersebut tidak ada pengganggu. Pasalnya, pengganggu ibarat cicak atau bahkan bunyi bising akan mengganggu konsesntrasi betina dalam mengerami telurnya. Alhasil jikalau telur tersebut tidak dierami secara baik, maka kecil kemungkin telur tersebut akan menetas.

3. Faktor masukang
Penyebab telur Murai Batu tidak bisa menetas bisa juga diakibatkan lantaran masukang Murai itu sendiri. Pasalnya, jikalau masukang Murai tersebut tidak nyaman untuk betina yang sedang mengerami telur, maka yang terjadi yaitu telur tersebut tidak dierami dengan baik. Dan jadinya telur tersebut juga tidak akan menetas.

4. Faktor pakan
Saat Murai betina sedang mengerami telur, usahakan Ia mendapat asupan masakan yang baik. lantaran jikalau tidak, maka besar kemungkinan sang betina akan mematuki telur-telurnya. jikalau begitu maka sangat kecil kemungkinan telur tersebut akan menetas.

5. Cuaca gerah
Faktor cuaca juga mempengaruhi produktifitas telur. Pasalnya, jikalau telur berada pada suhu yang terlalu gerah, maka telur tersebut akan susah untuk berkembang, jikalau begitu maka kecil kemungkinan telur Murai akan menetas.

Dalam berternak Murai, kondisi yang paling rawan yaitu dikala proses pengembangbiakan. Pada proses ini sebuntut Murai bisa saja bertindak agresif, bahkan tidak jarang memperlakukan telurnya dengan kasar. Jika begitu, maka akan menjadikan telur Murai Batu susah menetas, bahkan ada yang tidak bisa menetas. Agar dalam hal reproduksi menjadi normal, maka diberikan vitamin OrBird untuk murai kerikil tersebut.

Post a Comment for "Sebab Telur Murai Watu Tidak Menetas"