Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Jenis Musang Paling Terkenal Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Jenis binatang musang ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, mereka menyebutnya dengan luwak. Musang ialah binatang yang banyak menhadirkan manfaat bagi pemiliknya, baik material maupun kesenangan.

Bagi para petani, musang dijadikan sebagai perjuangan yang menjanjikan untuk menghasilkan kopi luwak. Namun tidak sama dengan penghobi.

Karena, bagi penghobi hewan peliharaan, musang ialah jenis binatang yang sangat bahagia, alasannya ialah selain bermanfaa bagi kehidupan manusia, ia juga mempunyai ciri ciri dan aksara yang unik, yaitu wajahnya lucu, tubuhnya ramping disertai buntut yang panjang dan karakternya yang sangat bahagia, ramah serta pintar.


Maka tak heran apabila komunitas musang lovers ini sudah sangat banyak dan tersebar luas di belahan dunia. Untuk bergabung dengan mereka pun tak susah, cukup mencari forum-forum di facebook atau yang lainnya.

Nah, bagi sobat bersahabat hobinatang yang tertarik dengan jenis binatang peliharaan satu ini, maka sebaiknya kenali dulu macam-macam atau jenis-jenis musang diberikut ini:

Apa saja jenis-jenis musang yang ada di seluruh dunia?

1. Musang Pandan Penghasil Kopi Luwak


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Sengaja kami meletakan musang pandan di urutan pertama dari jenis-jenis musang lainnya, alasannya ialah musang pandan ialah jenis musang yang paling terkenal dan banyak dipelihara di Indonesia, serta dijadikan sebagai produk kopi luwak. Sehingga ada juga yang menyebutnya musang luwak.

Musang ini dinamakan "pandan" lantaran ia mengeluarkan aroma daun pandan yang kedaluwarsa tersebut berasal dari kelenjar di pecahan bawah buntut musang jantan. Namun, di luar negri sana jenis musang ini disebut dengan Common Musang, Palm Civet, House Musang, atau Toddy Cat. Adapaun nama ilmiahnya ialah Paradoxurus Hermaphroditus.

Tahukah anda, mengapa spesialuntuk musang jantan saja yang mengeluarkan kedaluwarsa pandan? hal itu disebabkan lantaran bertujuan untuk memikat hati sang musang betina serta membatasi tempat kekuasaan si jantan tersebut. Cie cie, yang jomblo tidakboleh baper.

Musang luwak atau musang pandan ini lebih banyak ditemukan di atap-atap rumah atau alam liar. Namun bagi anda yang ingin merawat musang pandan, tidakboleh khawatir alasannya ialah dikala ini binatang musang sudah banyak dijual di pet shop, farum-forum atau peternaknya langsung.

Musang pandan mempunyai warna abu-abu kecokelatan pada punggungnya, namun ada juga variasi lainnya ibarat coklat merah, kehijauan dan lain-lain. Adapun di pecahan wajah, kaki dan buntut mempunyai warna yang petang.

Namun, gotong royong warna dari musang pandan tersebut tergantung pada tempat tinggal si musang pandan itu sendiri. Apabila si muspan (musang pandan) ini tinggalnya di atas atap, biasanya warna tubuhnya mempunyai corak yang bergaris warna hitam atau kelabu. Adapun muspan yang hidup di alam liar, warna tubuhnya lebih kepada kecokelatan atau kekuningan, ditambah ada corak totol-totol di tubuhnya. Selainnya sanggup dilihat sendiri pada gambar musang di atas.

Musang pandan memakan buah-buahan ibarat pepaya, jambu, biji kopi dan lain sebagainya. Namun, ia juga sanggup memakan serangga-serangga kecil ibarat jangkrik dan kawan-kawannya.

  • Nama                 : Musang Pandan
  • Habitat               : Alam liar, atap rumah
  • Panjang Tubuh  : 70 cm-95cm.
  • Berat                  : 2,5-6 kg.
  • Karakter             : Aktif di malam hari, cerdik dan praktis diajak bermain.
  • Makanan            : Buah-buahan, kopi, pisang, jambu, serangga-serangga kecil dan lain-lain.

Harga musang pandan terbaru 2018: Rp.300.000-Rp.350.000 bahkan sanggup juga Rp.400.000 tiruana tergantung pada tempat dan kondisi serta kualitas si musang pandan itu sendiri. Jika musang pandan berbuntut putih biasanya di lembaga forum dijual Rp.700.000 hingga Rp.1.000.000.

2. Musang Akar


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Musang akar dalam bahasa inggrisnya ialah Small Tooth Palm Chivet atau Three Stripped Chivet, dan nama latinnya yaitu (Arctogalidia Trivirgata). Musang akar banyak ditemukan di tempat Kalimantan, di Jawa dan sekitarnya.

Musang akan juga termasuk jenis musang yang banyak dipelihara di Indonesia. Ciri-ciri dari musang akar ialah tubuhnya panjang 50-60 cm dan beratnya sanggup mencapai 1,5 - 3 kg. Adapun dari segi warna, musang akar berbulu coklat, dan pada pecahan kepalanya berwarna abu-abu, namun ada juga yang coklat petang. Lalu sekitaran mulutnya berwarna coklat dengan garis putih memanjang dari hidung ke dahi, dan pecahan belakang tubuhnya mempunyai tiga garis coklat yang tidak sama.

Musang akar sanggup melahirkan 1-2 anak di setiap kelahirannya.

Makanan musang akar sama dengan masakan musang lainnya, spesialuntuk saja penciumannya lebih peka daripada musang lainnya sehingga musang akar sanggup membedakan buah yang sudah matang atau belum.

Untuk harga musang akar sekitar Rp.500.000 hingga Rp.700.000 tergantung tempat masing-masing.

3. Musang Binturung


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Belum lama ini saya melihat musang binturung di kebun binatang lembah hijau Lampung. Sekilas ibarat beruang dan kumisnya ibarat kucing. Badannya besar kira-kira 70-95 cm. Memang benar-benar bosnya para musang nih.

Sesudah saya melihat dibeberapa situs yang mengulas musang jenis ini, ternyata ia ialah musang yang paling besar dibandingkan jenis musang lainnya. Beratnya saja sanggup mencapai 20 kg. Selain itu, musang binturung juga termasuk salah satu satwa sangat dilindungi, maka tak guah kalau kita juga sanggup menjumpainya di beberapa kebun binatang terkenal.

Nama lain dari musang ini ialah Malay Civet Cat dan Bearcat. Bear artinya beruang dan cat kucing. So, arti bearcat ialah beruang berkumis kucing. Hemt sanggup aja ya. Ciri-ciri dan aksara si binturung yaitu berkuku panjang melingkar dan hebat memanjat, dan warnanya hitam serta bulunya lebat.

Makanan musang binturung sama dengan jenis musang lainnya, yaitu buah-buahan segar ibarat pepaya, pisang dan lain sebagainya.

Pada tahun 2015 saya pernah melihat salah satu pecinta musang di lembaga facebook yang menjual musang binturung seharga Rp7.000.000 (tujuh juta rupiah).

4. Musang Bulan


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Selain muspan dan musang akar, masih ada lagi sob jenis musang yang terkenal di negri tanah air Indonesian, yaitu musang bulan.

Musang bulan atau yang biasa disebut musbul, sangat menyukai buah-buahan, ibarat kopi dan pepaya. Bahkan di Lampung sendiri musang bulan banyak dimanfaatkan sebagai penghasil kopi luwak, sama ibarat musang pandan. Tapi denger-denger, kopi luwak dari musang bulan lebih nikmat dari pada musang pandan. Emmt, apa iya sih? bagi saya sih relatif, tiruana tergantung siapa yang meminumnya.

Sebutan lain dari musang bulan ialah musang galing dan musang bertopeng. Dipanggil bertopeng lantaran ia mempunyai motif putih di kepalanya layaknya topeng. Sedangkan di luar negri, musang bulan dipanggil dengan Little Civert, dan nama ilmiahnya Paguma Larvata.

Musang bulan banyak ditemukan di tempat Asia Timur dan Asia Tenggara, ibarat Kalimantan, Jawa dan Sumatera, terutama di Lampung dan Aceh.

Musang bulan ini ialah jenis musang terbesar ke dua sehabis musang binturung. Beratnya saja sanggup mencapai 4-5 kg. Sedangkan panjangnya sekitar 60-75 cm. Belum lagi panjang buntutnya yang sanggup mencapai antara 50-64 cm. Selain itu, jenis musang yang satu ini juga sanggup bertahan hidup selama 22 tahun.

Motif dan warna tubuh musang bulan mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan jenis musang lainnya. Sebab bulu musang bulan  terdapat 2 variasi warna yaitu orange bercampur coklat dan hitam petang, tapi yang paling terkenal ialah musang bulan yang didominasi warna hitam dengan corak putih pada ujung buntutnya.

Kalau gambar musang putih yang di atas itu ialah albino, jenis yang tidak alamiah, bahkan binatang apa saja sanggup dijadikan albino. Lele albino, sugar glider albino, bahkan kebo albino. Waduh

Harga musang bulan sedikit lebih mahal dari musang pandan, yaitu sekitar Rp.1.300.000 hingga Rp.3.000.000. Biasanya musang lovers lebih menentukan membeli musang yang masih baby atau masih anakan, lantaran lebih lucu dan praktis untuk menjinakannya.

5. Musang Rase


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Musang rase (Viverricula malaccensis) ialah jenis karnivora yang sudah menyebar di negara Asia Selatan dan Tenggara. Musang rase mempunyai tubuh yang tidak terlalu besar dan tidak pula kecil, 54-63 cm. Sedang, panjang buntutnya 30–43 cm.

Warna dari buntut musang rase ini cukup unik dan menarikdanunik, lantaran mempunyai belang belang hitam dan putih, dengan ujung buntut yang selalu berwarna putih.

Sedangkan warna tubuhnya kecokelatan hingga cokelat pucat kekuningan, dan biasanya disertai beberapa garis hitam memanjang di punggungnya, dan di bawahnya, dan juga bintik-bintik hitam di sisi tubuhnya.

Selain warna bulunya yang unik, cara mencari makannya pun juga unik, lantaran musang rase lebih suka masakan jenis serangga dan tikus daripada buah, sehingga untuk mencari mangsanya ia pun harus menggali lubang tikus lampau. Hal ini sangat tidak sama dengan jenis lainnya yang lebih menyukai buah-buahan.

6. Musang Afrika


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Dari namanya saja sudah terperinci kalau jenis musang yang satu ini berasal dari Afrika dan mungkin sangat jarang ditemukan di Indonesia, musang Afrika termasuk binatang nokturnal atau arti lainnya binatang yang lebih banyak menghabiskan hidupnya di pohon dan karakternya tidak jauh beda dengan musang pada umumnya, yaitu aktif di malam hari.

Adapun ciri-cirinya yaitu mempunyai wajah berwarna abu-abu disertai corak hitam di sekitar wajahnya, dan ditandai dengan tutul-tutul hitam di seluruh tubuhnya.

Musang ini mempunyai ukuran 70 cm dengan buntut yang panjangnya hampir sama dengan tubuhnya. Harga musang Afrika -

7. Musang Belang


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Musang belang mempunyai sebutan dalam bahasa Inggris Banded palm civet dan nama ilmiyahnya Hemigalus derbyanus. Musang belang ini berasal dari Malaysia dan tergolong binatang yang bertulang belakang dari kelas mamalia.

Selain itu musang belang dikenal sebagai kelompok berdarah gerah mempunyai bulu di tubuh dan mempunyai jantung yang sama ibarat manusia. Yaitu mempunyai 4 ruang.

8. Musang kelapa


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Jenis musang yang terakhir ialah musang Kelapa  (chrotogale owstoni), berasal dari dataran Asia ibarat Vietnam, Laos dan Cina selatan.

Musang ini juga berukuran sedang antara 57cm dan panjang buntut 43cm.

Ciri ciri dari musang kelapa ialah wajahnya yang runcing, dan terkadang dijuluki sebagai pemberang. Warna bubuk coklat dengan tanda hitam yang kontras di pecahan belakang dan buntut ialah ciri khasnya musang jenis kelapa ini.

9. Musang Air


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Adalah binatang mamalia jenis karnivora, ia juga sebagai kelompok nokturnal binatang malam. Musang air banyak ditemukan di hutan terutama di dataran rendah, lahan berawa-rawa atau tempat yang bersahabat dengan sungai.

Habitat aslinya di semenanjung Thailand, Malaysia, Sumatra dan Kalimantan.

Musang air mempunyai ciri-ciri antara lain verbal yang lebar, cakar yang panjang, moncongnya berbentuk panjang dan mempunyai banyak kumis serta kaki berselaput.

Musang air masuk dalam kategori spesies-spesies yang terancam, biasa mencari makan di area air untuk mendapat ikan, kepiting dan binatang air lainnya.

10. Musang Sulawesi


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Musang Sulawesi sudah sangat langka ditemukan di Indonesia khususnya di tempat Sulawesi, musang jenis ini mempunyai bulu yang tipis dan pendek serta berwarna coklat muda pada sekujur tubuhnya namun di pecahan bawah tubuhnya berwarna putih kemerahan.

Sedang panjang kepala hingga buntut sekitar 95 cm. Makanan musang Sulawesi berupa mamalia kecil, rumput dan buah, namun ia kadang memakan burung dan hewan-hewan ibarat ayam dan itik.

11. Musang Jerdoni


 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Atau Paradoxurus jerdoni berasal dari negara India, musang jerdoni mempunyai warna coklat petang di seluruh tubuhnya, namun ada juga yang berwarna bubuk abu ibarat foto musang jerdoni di atas. Pada musang jerdoni laki-laki mempunyai berat 3,4kg-4,3kg dan berukuran sedang antara 43cm - 62cm.

Selain daftar di atas, masih banyak lagi jenis musang lainnya. Seperti musang bali, muslom (musang lombok). Lebih jelasnya lihat gambar musang di bawah ini:

 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

 ialah binatang peliharaan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia 13 Jenis Musang Paling Populer Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru

Itulah jenis-jenis musang paling populer untuk dipelihara beserta harga terbaru 2018. Semoga sanggup memmenolong Anda dalam menentukan dan membeli musang terbaik. Terimakasih

Sumber:
  • wikipedia.com
  • gambar diambil dari lembaga jual beli musang dan pixabay.com

Post a Comment for "13 Jenis Musang Paling Terkenal Untuk Dipelihara Beserta Harga Terbaru"