Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat Dilengkapi Gambarnya

Perbedaan lovebird jantan dan betina- lovebird memang burung yang sangat diminati banyak orang. Keberadaannya sudah cukup terkenal. Dinamakan lovebird alias burung cinta lantaran burung jenis tersebut cukup unik.

 lovebird memang burung yang sangat diminati banyak orang 13 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat Dilengkapi Gambarnya

Mereka selalu hidup berpasangan dan setia spesialuntuk dengan satu pasangan saja. Tidak ibarat burung pada umumnya. Namun akungnya, banyak pemula yang ingin memelihara lovebird sering mengalami kesusahan dalam membedakan jantan dan betina.

Oleh alasannya itu hobinatang.com di sini akan mengulas terkait perbedaan lovebird jantan dan betina. Ada berbagai cara yang anda tempuh untuk membedakan jenis kelabuin lovebird.

Sebelumnya kami katakan terlebih lampau, mengetahui jenis kelabuin lovebird dapat dibilang penting. Karena mustahil kan kalau anda memasangkan lovebird jantan dengan jantan juga? hehe

Jika dilihat sekilas mereka memang sangat ibarat sekali dan hampir tidak dapat dibedakan mana yang jantan dan mana betina. Baca juga: jenis lovebird paling bagus

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina


Kami menghadirkan kurang lebih 13 perbedaan lovebird jantan dan betina. Sebenarnya cukup dengan satu cara saja sudah bisa, namun semoga anda lebih yakin lagi dapat coba tiruana cara di bawah ini.

1. Bentuk Paruh

 lovebird memang burung yang sangat diminati banyak orang 13 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat Dilengkapi Gambarnya

Perbedaan yang paling menonjol dapat dilihat dari bentuk paruh burung. Apabila paruhnya lancip, runcing, terasa kering, mancung dan kecil maka itu lovebird jantan. Namun apabila bentuk paruhnya lebar, besar, agak berair dan tumpul maka ia lovebird betina.

2.  Bentuk Fisik

 lovebird memang burung yang sangat diminati banyak orang 13 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat Dilengkapi Gambarnya

Bentuk fisik lovebird jantan cenderung lebih kecil sehingga bila diangkat badannya terasa enteng dan tak mencakup. Dan bentuk fisik betina lebih besar sehingga ketika diangkat tubuh terasa berat dan berbobot. Selain itu kepala lovebird jantan bentuknya rata sedangka betina sedikit lebih cekung.

3. Bentuk Ekor Lovebird

 lovebird memang burung yang sangat diminati banyak orang 13 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat Dilengkapi Gambarnya

Perbedaan yang ketiga dapat dilihat dari bentuk ujungnya. Ekor lovebird jantan bab ujungnya lancip ibarat mirip huruf  V, sedangkan ujung lovebird betina bab ujung rata, sehingga terkesan lebar dan besar.

4. Teknik Bertengger Lovebird


Berbeda dengan manusia, bila orang wanita sedang duduk mereka cenderung merapatkan kakinya, dan orang laki laki cenderung melebarkan kakinya. Namun lovebird jantan ketika bertengger lebih suka merapatkan kakinya, sehingga jarak antara kedua kakinya sangat dekat. Sedangkan lovebird betina lebih suka melebarkan kakinya.

5. Tulang Pubis Lovebird


Apabila tulang pubis lovebird jantan diraba maka terasa keras dan jaraknya erat atau sempit. Kira kira kurang dari jari tangan manusia. Sedangkan tulang pubis lovebird betina ketika diraba akan terasa lembek dan jaraknya lebar, kira kira lebih dari jari tangan manusia.

6. Bentuk Sayap Lovebird

 lovebird memang burung yang sangat diminati banyak orang 13 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat Dilengkapi Gambarnya

Sayap burung lovebird betina ketika sedang membisu bentuknya sejajar atau rata, sebaliknya bila lovebird jantan sedang membisu maka akupnya membentuk silang.

7. Birahi Lovebird


Lovebird jantan atau betina sama sama memiliki impian untuk kawin. Namun cara mengungkapkan di antara keduanya sangat tidak sama. Jika jantan ingin kawin atau birahi maka sikapnya terlihat sangat aktif, ia suka manggut manggut, mengeluarkan suara, meloloh betina, menggesek gesek angkentengnya, bahkan naik ke atas lovebird betina.

Adapun lovebird betina ketika birahi, sikapnya pasif, ia spesialuntuk merunduk dan mengepakkan akupnya lebar lebar membuktikan siap kawin. Terkadang ia juga menggigit benda benda kecil yang ada di sekitarnya.

8. Anus atau Kloaka Lovebird


Anus pada lovebird jantan terlihat kecil, agak panjang dan terlihat menonjol sekilas. Adapun anus atau kloaka milik lovebird betina cenderung lebar dan rata.

9. Lingkar Klep Kacamata Lovebird


Lingkar klep bab mata memang agak susah untuk dibedakan. Namun bila anda sangat teliti maka akan terlihat terperinci bahwa klep kacamata lovebird jantan bentuknya lonjong sedangkan klep lingkar kacamata lovebird betina bulat.

10. Lubang Hidung Lovebird


Selain cara di atas, anda juga dapat memastikan jenis kelabuin lovebird dengan cara meniup lubang hidungnya. Apabila ketika ditiup lubang hidung membuka dengan bentuk lonjong maka ia lovebird jantan. Dan sebaliknya bila bentuknya melebar sedikit lebih bundar maka ia lovebird betina.

11. Teknik Lovebird Membuat Sarang


Perbedaan yang dapat anda lihat yakni dari segi cara mereka membuat masukang. Coba anda perhatikan dengan seksama, bahwa lovebird betina jauh lebih aktif dalam membuat masukang dibandingkan lovebird jantan. misalnya, sepasang lovebird akan membuat masukang, maka yang jantan spesialuntuk mempersembahkan cuilan kayu pada si betina. Sedangkan si betina yang mengambil, mengumpulkan kayu tersebut serta membuat masukangnya.

12. Gerakan Cincin Emas


Teknik lain yang dapat dipakai untuk membedakan lovebird jantan dan betina yakni dengan memakai gerakan cincin emas. Memang cara ini cukup guah tapi sangat kasatmata sekali kegampangannya.

Pertama, anda siapkan dulu cincin emasnya kemudian ikat dengan benang. Pegang tubuh burung lovebird, pastikan tidak memegang kepalanya. Lalu gerakkan benang cincin tersebut di atas kepala lovebird dengan jarak 3-5 cm.

Apabila gerakan cincin itu lurus dengab arah maju mundur maka berarti jantan. Sebaliknya kalau gerakan cincin tersebut memutar berarti lovebird betina.

13. Bentuk Kepala Lovebird

 lovebird memang burung yang sangat diminati banyak orang 13 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat Dilengkapi Gambarnya

Bentuk kepala lovebird jantan bab atas merata ibarat kotak. Sedangkan kepala betina bab atas cenderung membulat alias melengkung. Perbedaan ini dapat dilihat bila kita sudah usang melihat lovebird.

Demikianlah 13 cara membedakan lovebird jantan dan betina yang dapat anda tempuh untuk mengetahui jenis lovebird yang akurat dan tepat. Semoga artikel ini bermanfaa. Sekian dari kami terimakasih. Baca: makanan lovebird terbaik

Post a Comment for "13 Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Paling Akurat Dilengkapi Gambarnya"