Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membedakan Burung Lovebird Jantan Dan Betina

Selamat pagi teman akrab kicau mania Indonesia, bila sebelumnya kami gencar mengulas burung murai batu, salah satunya yaitu cara memaster murai batu, maka kali ini kami akan sajikan info seputar burung lovebird, khususnya tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina. Burung kicau kenari, murai batu, maupun lovebird ialah burung kicau yang penggemarnya dapat dibilang banyak sekali. Karena memang burung kicau di Indonesia ketika ini menjadi sangat populer, dapat dilihat dengan rajinna pagelaran lomba burung kicau disetiap daerah.

Membedakan burung memang bukan kasus gampang. Namun apabila anda sudah terbiasa dan mengetahui ciri-cirinya maka dengan simpel anda dapat membedakannya. Bisa membedakan Lovebird jantan dan betina ialah syarat yang harus dimiliki oleh para breeder atau para peternak biar tidak salah menentukan jenis kelabuin, sehingga proses pengembangbiakan dapat sukses.

Selamat pagi teman akrab kicau mania Indonesia Teknik Membedakan Burung Lovebird Jantan dan Betina

Berdasarkan fisik

Bentuk Ekor
Bentuk ujung burung Lovebird betina dan jantan sedikit tidak sama. Untuk Lovebird betina biasanya ujungnya berbentuk menyerupai Huruf “U”atau lebih lebar. Sedangkan yang jantan mempunyai ujung berbentuk aksara “V”atau terlihat lebih Lancip.

Ukuran Ttubuh
Tubuh burung Lovebird betina biasanya lebih besar, ketika digenggam terasa lebih meliputi dan bulat. Selain itu, kepala Lovebird betina biasanya lebih kecil dibandingkan dengan kepala yang jantan.

Jarak Antar Kaki
Saat bertengger, Lovebird jantan dan betina biasanya mempunyai beberapa perbedaan dan salah satunya adalah, jarak antar kaki yang dimilikinya.
Lovebird betina biasanya lebih ngangkang, atau jarak antar kaki lebih jauh dibandingkan dengan pejantan.

Tulang Panggul
Burung betina biasanya mempunyai panggul yang lebih lebar untuk megampangkannya bertelur. Metode ini juga dapat dipakai untuk membedakan antara betina dan jantan namun jarang digunakan.

Ukuran dan Bentuk Paruh
Bentuk paruh burung betina biasanya lebih lebar dibandingkan dengan bentuk dan ukuran paruh jantan.

Bentuk Sayap
Bentuk akup juga dapat dijadikan sebagai pembeda antara jenis kelabuin burung yang jantan dan betina. Umumnya burung jantan mempunyai akup yang menyilang sedangkan betina biasanya lebih terbuka untuk megampangkannya dalam menyiapkan dan membuat masukang.

Berdasarkan Tingkah Laku

Aktif vs Pemalas
Lovebird betina biasanya terlihat malas-malasan ketika makan sedangkan Lovebird jantan terlihat lebih aktif.
Selain itu, lover jantan juga biasanya lebih suka menyapih si betina.

Membuat Sarang
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa burung betina membutuhkan tempat untuk bertelur. Sehingga, nalurinya untuk membuat masukang akan tetap terlihat ketika berada di dalam kandang. Biasanya Lovebird betina akan aktif mengumpulkan bahan-bahan yang akan dipakai untuk membuat masukang.

Test DNA
Tes DNA ialah alternatif terakhir yang dapat kita gunakan untuk menentukan pejantan dan betina. Tes DNA biasanya dapat dilakukan dengan memakai bulu yang diambil dari burung yang bersangkutan.

Ini ialah cara paling efektif dan selalu sempurna dalam menentukan jenis kelabuin Lovebird, namun di Indonesia masih jarang digunakan.

Post a Comment for "Cara Membedakan Burung Lovebird Jantan Dan Betina"