Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Kutu Pada Ciblek

Bulu Ciblek memang tidak seindah Lovebird, Murai Batu, atau pun burung kicau lainnya. Tapi hal tersebut dilarang membuat Anda hirau terhadap perawatan bulu. Walaupun bulu burung ini tidak terlalu cantik, namun dengan perawatan yang rutin, setidaknya kondisi bulu akan terlihat sehat dan terhindar dari gangguan kutu.

Bulu Ciblek memang tidak seindah Lovebird Teknik Menghilangkan Kutu Pada Ciblek

Kutu sendiri ialah benalu yang sering mengganggu burung, sebab Ia biasanya berkembang biak pada bulu burung. Kendati tubuhnya kecil, acara kutu yang sering menghisap darah membuat burung jadi malas berkicau, lesu, dan lebih sering mencabuti bulu-bulunya.

Kondisi ini memang wajar. Pasalnya, ketika kutu-kutu tersebut menjangkiti dan menghisap darah Ciblek, burung ini pun akan mencicipi gatal. melaluiataubersamaini begitu, Ia akan mencabuti dan menggaruki bulu-bulunya supaya rasa gatal tersebut hilang.

Teknik Menghilangkan Kutu pada Bulu Ciblek
Berikut ialah bermacam-macam cara yang sanggup dilakukan untuk mengatasi kutu yang sering menjangkiti bulu burung:

Metode air beras
Metode yang satu ini ialah metode alami yang aman, jadi sanggup dipakai untuk mengatasi kutu tanpa takut ancaman efek samping. Berbeda dengan obat kutu berbahan kimia. Air tajin sendiri sanggup menembus lapisan lilin pada bulu burung tanpa harus merusaknya.

Jika dilakukan secara rutin, memandikan burung dengan air tajin sanggup membuat kondisi burung jadi lebih segar, sehat, dan pastinya terbebas dari telur dan kutu yang menjangkitinya. Teknik memandikan burung dengan metode ini pun terbilang gampang.

Adapun metode atau cara menghilangkan kutu pada Burung Ciblek dengan air tajin ialah diberikut:
  • Pertama, siapkan beberapa ml air tajin 
  • Kemudian pegang burung dengan perlahan dan pastikan kondisinya tetap rileks dan nyaman
  • Sesudah itu, lanjutkan dengan menyemprot bulu burung dengan air tadi
  • Lakukan cara ini hingga kondisi burung berair kuyup 
  • Jika sudah, biarkan hingga kering 
  • Sembari menunggunya kering, Anda sanggup mencari dan menghilangkan kutu-kutu tersebut secara manual dengan tangan atau pun jepitan. 

Nah, itulah tadi cara-cara mengatasi kutu pada pada burung. Semoga setelah Anda menerapkan cara menghilangkan kutu pada Ciblek di atas, kondisi bulu jadi lebih sehat dan burung pun jadi rajin berkicau menyerupai sedia kala.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Kutu Pada Ciblek"