Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Burung Ciblek Yang Sakit Mata

Kondisi kesehatan Burung Ciblek memang prioritas utama selain performanya. Untuk itu, pemilik diwajibkan merawat dan mencegah segala penyakit yang dapat menyerang burung ini, termasuk penyakit mata. Kendati enteng, namun penyakit ini dapat membahayakan performa burung. Maka dari itu, harus dicegah dan ditangani sedini mungkin.

Kondisi kesehatan Burung Ciblek memang prioritas utama selain performanya Teknik Mengatasi Burung Ciblek yang Sakit Mata

Teknik mengatasi Ciblek sakit mata pun harus dilakukan dengan teratur dan sesuai anjuran. Tujuannya, semoga metode ini berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga burung pun kembali sembuh dan mempunyai kondisi kesehatan yang ibarat tiruanla.

Tapi perlu diingat. Perawatan dan penanganan saja tidak cukup. Pasalnya, perawatan sendiri harus tetap didiberikan dikala dan setelah proses penyembuhan ini berlangsung. Alasannya, dengan cara ini burung akan mendapat kesehatan yang kembali membaik, stamina yang kembali pulih, dan performa yang dapat kembali diasah.

Ragam Perawatan untuk Mengatasi Burung Ciblek yang Sakit Mata
Berikut yakni beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan dikala dan setelah burung menderita sakit mata:

Perawatan dikala burung sakit mata
Perawatan ini yakni perawatan yang dianjurkan untuk diterapkan, khususnya dikala burung sudah mengalami tanda-tanda dan ciri sakit mata. melaluiataubersamaini perawatan ini, kesehatan burung akan semakin membaik dan tanda-tanda sakit mata pun akan berkurang.

Adapun cara atau metode yang harus diterapkan dalam perawatan ini adalah:
1. Pisahkan burung dari kawanannya, itu kalau Anda memelihara burung lebih dari satu.
2. Selanjutnya, tempatkan burung di dalam ruangan sembari dikerodong.
3. Jangan lupa untuk selalu menjaga kemembersihkanan sangkar. Bila perlu semprotkan desinfektan pada kandang tersebut.
4. Teknik mengatasi Ciblek yang sakit mata ini juga dapat memakai salep mata khusus burung, minimal 3 kali sehari untuk mengatasi tanda-tanda sakit mata yang diderita burung.
5.  Jangan lupa untuk mempersembahkan perawatan rutin, kecuali proses penjemuran.
6. Apabila penyakit ini sudah sembuh, tanda-tanda akan hilang dikala sudah memasuki 2 ahad perawatan. Tapi bila tidak, bawalah burung tersebut ke dokter untuk dilakukan perawatan yang lebih lengkap.

Perawatan setelah sakit mata
Perawatan ini baiknya dilakukan setelah tanda-tanda sakit mata sepenuhnya hilang. Tapi bila tanda-tanda tersebut masih ada, rawatlah burung dengan perawatan ibarat di atas. Dan teruslah lakukan perawatan tersebut hingga burung mendapat kesembuhannya.

Tapi, bila kondisi burung membaik, cara mengatasi Burung Ciblek yang sakit mata dapat dilanjutkan dengan perawatan harian yang diubahsuaikan ibarat diberikut:
1. Berikan asupan pakan yang cukup untuk burung, baik itu pakan pokok atau pun EF.
2. Hindari dulu penjemuran selama kondisi burung belum benar-benar fit. Tapi bila sudah fit, lakukan penjemuran terbaik 30 menit per hari dulu. Baru kemudian ditambah secara sedikit demi sedikit hingga terbaik 2 jam per hari.
3. Pastikan pemdiberian vitamin terus dilakukan semoga kondisi jadi sehat dan kembali pulih.
4. Jangan lupa untuk tetap menjaga kemembersihkanan kandang dan badan burung.
5. Jika kondisi burung sudah membaik dan sudah aktif ibarat dulu lagi, Anda dapat memulai perawatan harian sebagai mana mestinya.

Pada dasarnya, cara mengatasi Ciblek sakit mata ibarat di atas spesialuntuklah dilakukan untuk penyakit dengan tingkat keparahan yang rendah. Artinya, bila kondisi kesehatan burung memang tidak memungkinkan lagi untuk dirawat sendiri, sangat dianjurkan untuk membawanya ke dokter binatang untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Burung Ciblek Yang Sakit Mata"