Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Burung Kenari Ketika Sakit Flu / Pilek

Selamat malam wahai teman dekatku para kenari mania yang ada di seluruh wilayah di Indonesia, ketika ini musimnya yaitu ekspresi dominan penghujan, kondisi cuaca yang ekstrim serta suhu udara yang masbodoh tentu mempersembahkan imbas tersendiri pada setiap hewan peliharaan yang kita miliki, terutama bagi burung kenari. Memang ekspresi dominan penghujan menjadi berkah tersendiri bagi tiruana orang,  namun di sisi lain ada imbas yang kurang baik bagi kenari yang mempunyai daya tahan badan yang rendah. Tentu kenari tersebut akan gampang/gampang sakit, sehingga hal ini menjadi perhatian khusus bagi para penangkar kenari yang mengetahui kenarinya dalam kondisi yang kurang baik.

Selamat malam wahai teman dekatku para kenari mania yang ada di seluruh wilayah di Indonesia Teknik Mengatasi Burung Kenari Saat Sakit Flu / Pilek

Dan yang perlu anda ketahui bahwa pergantian dari ekspresi dominan kemarau ke ekspresi dominan penghujan atau yang disebut ekspresi dominan pancaroba kondisi cuaca sangatlah ekstrim, jadi hal ini akan lebih kuat terhadap kondisi kesehatan kenari. Jika kondisi kenari sedang tidak fit atau performanya kurang bagus, maka virus-virus maupun basil jahat akan praktis menyerang, sehingga kenari akan praktis sakit. Dan salah satu penyakit yang sering menyerang burung kenari ketika ekspresi dominan hujan yaitu Flu atau pilek. Maka dari itu bagi kenari keakungan anda yang sedang sakit flu/pilek, maka harus segera ditangani dengan cara sebaik mungkin, biar kenari kembali fit dan sehat.

Kaprikornus tidak spesialuntuk kuat pada kesehatan insan saja, burung pun juga mendapat efeknya. Apabila burung kenari sedang sakit flu atau pilek, maka harus segera diobati biar tidak terlanjur parah, bahkan hingga menjadikan mati kalau hingga teramat parah. Maka dari itu, perlu adanya perawatan yang sempurna pada burung kenari yang mengalami flu tersebut. Ada beberapa tips wacana cara mengatasi kenari pilek, diantaranya yaitu sebagai diberikut:

- Sebelumnya kita harus tahu terlebih lampau wacana tanda-tanda burung kenari sakit pilek sebagai diberikut:
  1. Kenari nafanya kurang lancar, ditambah dengan adanya bunyi
  2. Kenari sering bersin-bersin dan batuk
  3. Di bab hidungnya terdapat cairan
  4. Matanya sayu, dan terdapat berair
  5. Kenari kelihatan lemas dan tidak menyerupai biasanya yang tampil fit dan lincah, ketika sakit kenari lebih banyak membisu dan nekukruk alasannya yaitu kedinginan
  6. Males makan alasannya yaitu nafsu makannya berkurang
  7. Ketika hujan, kenari bulunya megrok atau mengembang

- Apabila sudah mengetahui tanda-tanda di atas, maka segera lakukan penanganan dengan cara sebagai diberikut:
  1. Segera jauhkan burung kenari yang sakit dari burung yang lain biar tidak menular
  2. Letakkan kenari di dalam rumah atau ruangan yang tertutup
  3. Jangan lupa juga tutupi kandang dengan kerondong
  4. Bila perlu menambahkan lampu bohlam 5 watt biar kenari merasa hangat
  5. Untuk pakan maupun minum diberikan menyerupai biasanya
  6. Sebaiknya diberikan juga multivitamin yang berungsi untuk meningkatkan daya tahan badan kenari (Baca memilih vitamin yang bagus). OrBird juga manis menjadi vitamin pilihan untuk meningkatkan imunitas.
  7. Untuk sementara kenari tidakboleh dijemur maupun dimandikan hingga kondisinya benar-benar fit
  8. Jangan pula diperdengarkan bunyi burung lain hingga benar-benar sehat kondisinya
- Adapun tandanya burung kenari keakungan anda sudah pulih, yaitu sebagai diberikut:
  1. Biasanya dalam waktu 1 ahad kenari yang hidungnya berlendir sudah mulai mereda bahkan hilang
  2. Burung terlihat aktifd kembali dengan banyak gerak
  3. Matanya kembali tajam dan tidak sayu
  4. Jika suhunya dingin, maka burung kenari sudah tidak membuatkan akupnya lagi, alasannya yaitu merasa tidak kedinginan lagi
Cukup sekian klarifikasi terkena cara mengatasi kenari sakit pilek, semoga apa yang kami jabarkan di atas sanggup mempersembahkan wacana yang tentunya bermanfaa bagi kita tiruana. Baca juga artikel sebelum ini yang sudah kami update dengan sebuah judul: suara kenari dan cara melatih mental kenari.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Burung Kenari Ketika Sakit Flu / Pilek"