Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Burung Kenari Kurus (Nyilet)

Banyak sekali dari para kenari mania yang mengeluhkan burung kenari keakungannya yang postur tuuhnya dianggap tidak ideal lantaran terlalu kurus. Dan tahukah anda bahwa kenari yang terlalu kurus sering disebut dengan istilah "Nyilet". Karena sangat kurus hingga tulang-tulangnya terlihat, dan yang menonjol ialah pada cuilan tulang dadanya. Kurusnya tubuh kenari terntunya juga akan besar lengan berkuasa jelek terhadap dirinya, lantaran kondisi yang kurus tidak terdapat banyak lemak, sehingga susah mengatur suhu yang ekstrim atau masbodoh ibarat kini ini di isu terkini hujan.

Banyak sekali dari para kenari mania yang mengeluhkan burung kenari keakungannya yang pos Teknik Mengatasi Burung Kenari Kurus (Nyilet)

Jika kondisi tubuh kenari  terlalu kurus, maka masuk akal bila terlihat sangat nyilet dan ringkih. Maka dari itu, harus segera dilakukan penanganan semoga Tidak heran kakenari kembali normal ibarat sedia kala atau tidak kurus lagi. Apabila kondisi tubuh kenari yang teramat kurus ini tidak segera di atasi, maka akan besar lengan berkuasa negatif terhadap fungsi-funsgi tertentu dalam tubuhnya, seperti: fungsi metabolisme, fungsi pada sistem reproduksi, dan bahkan hingga meniadakan potensi suaranya yang anggun (baca: suara kenari).

Sebenarnya kondisi nyilet atau kurusnya tubuh kenari ialah disebabkan lantaran perawatan kenari itu sendiri yang kurang tepat ataupun mungkin kurang terbaik khususnya dalam hal pemdiberian nutrisi, kalau burung kenari belum sempurnanya nutrisi dan vitamin, maka masuk akal saja bila kenari tersebut menjadi kurus.  Ada juga penyebab lain yang sanggup menimbulkan kenari itu menjadi kurus, yaitu kenari cacingan. Karena di dalam tubuh kenari terdapat cacing yang kemudian berkembang biak di dalam terusan pencernaan, sehingga cacing tersebut  mengisap tiruana sari-sari masakan yang seharusnya didistribusikan ke seluruh tubuh kenari.

Selain itu juga ada kemungkinan lainnya yang sanggup menjadi penyebab kenari menjadi kurus, yaitu adanya abuh kuman pada cuilan pencernaan, sehingga hal ini sanggup merusak atau menghambat fungsi pencernaan yang seharusnya berjalan dengan normal, namun lantaran abuh yang menimbulkan masakan tidak tercerna dengan sempurna, sehingga masakan yang dimakan burung tersebut tidak bisa menghasilkan sar-sari makanan, dan bahkan malah ikut keluar bersama kotoran.

Dan bisa jadi juga lantaran faktor lain yakni faktor sangkar yang terlalu kecil, sehingga kenari kesusahan untuk bergerak yang tentu dalam hal ini akan besar lengan berkuasa terhadap perkembangan ototnya. Jika ototnya tidak dilatih dengan banyak gerak, maka otot tersebut akan mengkerut dan tidak sanggup mengembang, sehingga kenari terlihat kurus dan kecil.

Dari beberapa faktor yang sudah kami jabarkan di atas, maka ada beberapa cara untuk mengatasinya, diantaranya ialah sebagai diberikut:
  1. Jika kemungkinan kenari lantaran belum sempurnanya gizi, maka yang harus dilakukan ialah dengan perjuangan perbaikan pada kualitas pakannya, sebaiknya diberikan pakan-pakan yang penuh nutrisi, atau banyak mengandung protein, vitamin, karbohidrat, dll (Baca: memilih multivitamin yang anggun untuk kenari).
  2. Jika kemungkinnya lantaran cacing, maka harus didiberikan obat cacing untuk membunuh cacing-cacing yang ada dalam cuilan pencernaan kenari, diberi OrBird sebagai obat anti cacing sekaligus multivitamin.
  3. Jika lantaran cuilan pencernaan tidak berfungsi dengan baik akbita abuh bakteri, maka bisa juda didiberikan obat khusus mengatasi abuh pencernaan.
  4. Jika disebabkan lantaran kandangnya yang tidak standar atau kekecilan, maka segera ganti dengan sangkar yang sesuai (Baca: cara membuat sangkar kenari).
Cukup sekian artikel yang mengulas seputar cara mengatasi kenari kurus yang sanggup kami share kepada teman bersahabat kenari mania yang mungkin sedang mengalami dilema tersebut, semoga gosip yang kami share ini bisa berbuah manfaat bagi anda. Mungkin anda sedang mencari info tentang kenari berkicau, maka silahkan baca artikel lain tentang cara semoga kenari berkicau lama.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Burung Kenari Kurus (Nyilet)"