Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Anis Kembang Jantan Dan Betina

Membedakan kedua burung, Anis Kembang jantan dan betina memang sedikit susah alasannya yaitu burung ini ialah salah satu jenis burung yang masuk ke dalam golongan monomorfik. Artinya bahwa, kedua burung tersebut baik jantan maupun betina sangat susah dibedakan dan kembar identik. Walau demikian, apabila diperhatikan dengan lebih teliti, kita akan dengan simpel menemukan perbedaan ciri-ciri antara burung jantan dan betina.

 dan betina memang sedikit susah alasannya yaitu burung ini ialah salah satu jenis burung yang  Ciri-Ciri Anis Kembang Jantan dan Betina

Mengenal Anis Kembang
Burung ini banyak ditemukan di Asia Tenggara terutama di Indonesia dan berada di beberapa wilayah menyerupai Kalimantan, Pulau Jawa dan juga Pulau Bali. Di negara tetanggaburung ini juga banyak ditemukan menyerupai di, Malaysia, Vietnam, Laos, dan beberapa negara lain menyerupai India. Bangladesh juga dikenal sebagai negara yang mempunyai burung Anis Kembang atau Zoothera Interpres yang dikenal dengan sebutan Anis Cacing atau Punglor Kembang.

Ciri-ciri Fisik Umum Anis Kembang
Untuk megampangkan kita mengenali burung Anis Kembang, diberikut yaitu beberapa ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh burung tersebut.
  • Burung ini mempunyai panjang sekitar 16 cm pada ketika dewasa.
  • Bulunya berwarna hitam dan terkadang terdapat belang-belang berwarna hitam atau abu-abu. Namun beberapa burung yang lain terkadang mempunyai warna kecoklatan.
  • Bagian tengkuk dan bab mahkota mempunyai warna coklat kemerah-merahan.
  • Sedangkan pada bab punggung biasanya berwarna hitam atau abu-abu petang.
  • Burung ini mempunyai akup, buntut, dan dada yang berwarna hitam.
  • Khusus bab akup biasanya terdapat bulu putih yang sangat mencolok diantara bulu-bulu yang hitam.
  • Pada bab sisi kepala atau pada bab pipi, biasanya, berwarna abu-abu petang dengan gejala putih.
  • Pada bab perut, burung ini berwarna putih dengan totol berwarna hitam serta abu-abu.
  • Ekornya pendek menyerupai burung kebanyakan.

Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

1. Perbedaan Suara
Pejantan biasanya mempunyai bunyi yang lebih bervariasi dan lebih jernih alasannya yaitu dipakai untuk menarikdanunik perhatian betina (simak: suara anis kembang jantan). Sebaliknya burung betina biasanya mempunyai bunyi yang sedikit monoton.

2. Perbedaan fisik
a. Mata
Burung jantan mempunyai kelopak mata yang sedikit menonjol, tidak sama dengan mata betina yang terkesan lebih datar.

b. Warna
Warna bulu jantan tampak lebih petang (pekat) dan mengkilat dibandingkan dengan warna bulu betina yang terkesan lebih ke abu-abu dan terlihat lebih jelas serta tidak mengkilat.

c. Kaki
Saat bertengger, menyerupai kebanyakan burung lainnya, kita akan dengan simpel melihat perbedaan jarak antar kaki. Betina biasanya mempunyai jarak antara kaki yang lebih lebar dibandingkan dengan burung jantan.

3. Kebiasaan
a. Suara
Burung jantan suka memperdengarkan suaranya yang merdu dan gacor untuk menarikdanunik perhatian betina. Sedangkan burung betina biasanya membalas dengan pasif.

b. Tingkah
Burung jantan apabila bertemu dengan pejantan lainnya akan eksklusif menegakkan kepala menunjukan bahwa ia dalam perilaku waspada.
Sedangkan betina apabila bertemu dengan pejantan yang merayunya, maka ia akan menggetarkan akupnya sebagai respon.

Post a Comment for "Ciri-Ciri Anis Kembang Jantan Dan Betina"