Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Telur Ciblek Isi Dan Produktif

Mengetahui produktivitas telur memang wajib dilakukan oleh seorang peternak atau pemilik burung. Tidak spesialuntuk sekedar mengetahui telur itu berkarakter atau tidak, pemilik juga wajib memastikan kondisi telur tersebut dalam keadaan sehat atau tidak. Untuk mengetahui hal ini, banyak cara yang sanggup dilakukan. Dan beberapa diantara cara tersebut juga tergolong gampang, jadi sanggup dilakukan oleh siapa saja.

Mengetahui produktivitas telur memang wajib dilakukan oleh seorang peternak atau pemilik b Teknik Mengetahui Telur Ciblek Isi dan Produktif

Teknik mengetahui telur Ciblek isi atau produktif dengan metode box candling misalnya. Metode ini ialah metode yang banyak dan sangat simpel digunakan. Tidak spesialuntuk oleh kalangan master burung, metode ini juga sering dilakukan oleh pecinta burung yang masih tergolong baru, jadi sangat ramah untuk tiruana pecinta burung.

Alasan lain kenapa metode ini ramah untuk tiruana pecinta burung yaitu alasannya alat yang simpel didapat dan biaya yang murah. Jika Anda tidak mempunyai box khusus untuk melaksanakan cara, Anda juga sanggup melaksanakan dengan metode alternatif, yaitu dengan penerawangan manual.

Teknik Mengetahui Kualitas Telur Ciblek dengan Metode Penerawangan
Berikut ini yaitu beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mengetahui isi dan kualitas dari telur seujung burung:

1. Pisahkan telur yang akan diterawang
Perlu diingat. Burung yang sedang mengeram yaitu burung yang sangat agresif. Jadi, untuk menghindari konflik dengan burung tersebut, dan biar telur-telur yang lain aman, sebaiknya Anda pindahkan dulu indukan burung, setelah itu gres ambil salah satu telur yang akan diterawang. Pemilihan telur pun dihentikan sembarang.

Karena telur yang sanggup diterawang yaitu telur yang sudah mempunyai embrio, jadi lebih baik pilih telur yang sudah berusia 5 – 7 hari saja.  Atau Anda ingin hasil yang lebih terlihat, Anda sanggup memakai telur yang sudah berusia 7 hari atau lebih.

2. Siapkan lampu pijar
Teknik mengetahui telur burung Ciblek isi atau produktif selanjutnya yaitu dengan menyiapkan lampu pijar. Daya lampu tidak dibatasi. Anda bebas menentukan berapa pun daya yang Anda gunakan. Yang jelas, pastikan pancaran lampu tersebut besar lengan berkuasa dan biar sanggup dipakai untuk menerawang embrio dalam telur.

3. Lakukan penerawangan
Sesudah alat dan materi terkumpul, segera lakukan penerawangan. Teknik menerawangan telur pun gampang, yaitu cukup arahkan telur ke lampu dan lihatlah embrio di dalamnya. Jika ada corak hitam dalam telur dengan bentuk dan rupa menyerupai embrio, maka telur tersebut sanggup ditetapkan produktif. Tapi bila tidak, maka telur itu pun dianggap tidak produktif.

Tapi, perlu diingat. Usia telur yang siap diterawang yaitu telur dengan rentang usia matang, atau sudah menginjak usia 7 – 12 hari. Jadi, bila ingin hasil yang lebih terlihat, lakukan cara mengetahui telur Ciblek isi atau produktif ini dengan telur di rentang usia 7 – 12 hari.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Telur Ciblek Isi Dan Produktif"