Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Penyebab Telur Burung Kenari Gagal Menetas

Bagi sebagian besar penangkar kenari yang sedang berusaha membudidayakan kenari tapi menghadapi problem yakni telur-telur kenari pada gagal menetas, tentu akan menjadikan para penangkar kenari tersebut resah dan resah. Hal ini menjadi koreksi tersendiri bagi mereka, selain itu juga akan menjadi perhatian bagi setiap orang yang mempunyai iniasiatif untuk membudidayakan burung kenari. Dalam hal beternak kenari tentu tidaklah praktis dan instan, namun butuh proses serta kesabaran, lantaran dalam prosesnya tentu akan ada masalah-masalah yang mungkin akan dihadapi, ibarat kenari yang sakit, kenari stres, telur kenari yang gagal menetas, dan masih banyak yang lainnya.

Mungkin teman erat kenari mania bertanya-tanya, mengapa telur kenari gagal menetas? sebetulnya apa penyebabnya? Berikut bisa pribadi anda simak beberapa faktor penyebab telur kenari gagal menetas.

Bagi sebagian besar penangkar kenari yang sedang berusaha membudidayakan kenari tapi mengh Faktor Penyebab Telur Burung Kenari Gagal Menetas

1. Suhu
Penangkar kenari sering kali menemui telur kenari yang gagal menetas, salah satu penyebabnya ialah kondisi cuaca yang terlalu ekstrim, baik itu suhunya terlalu hirau taacuh atau bisa juga terlalu gerah, tergantung musim. Apabila sang induk sedang mengerami telurnya, namun terkena intensitas sinar matahari secara pribadi dalam jangka waktu yang cukup lama, maka tentu kondisi telur tersebut akan mengalami dehidrasi. Begitu juga dengn suhu yang sangat hirau taacuh maka akan menimbulkan lambatnya perkembangan embrio dalam telur, sehingga hal ini sanggup menimbulkan telur gagal menetas.

2. Hormon
Apabila induk kenari sedang dalam mengerami telurnya, dan sudah mencapai 5 hari, namun ketika dicek telur terlihat kosong, maka hal ini bisa jadi disebabkan oleh hormon kenari yang kurang matang. Kaprikornus butuh hormon yang baik dan rindang pada kenari ketika birahi, sehingga ketika proses pengeraman, telur kenari kondisinya normal.

3. Psikologi
Faktor psikologi juga sangat besar lengan berkuasa terhadap berhasil atau tidaknya penetasan pada telur kenari. Apabila indukan kenari psikologinya dalam kondisi stress, maka biasanya prilakunya tidak wajar, bahkan sering kali meninggalkan tempatnya atau tidak mengerami telurnya ketika waktunya pengeraman. Sehingga hal ini menjadikan kurang baik terhadap penetasan kenari, dan bisa jadi telur kenari gagal menetas. Memdiberikan multivitamin juga efektif dalam menormalkan psikologis burung, yakni dengan mempersembahkan OrBird.

4. Penyakit
Biasanya kenari yang kondisinya menurun atau staminanya drop, maka akan praktis sekali terinfeksi penyakit. Apalagi disaat indukan sedang dalam proses mengerami telurnya, tetapi kondisinya sedang sakit maka sering kali indukan kenari meninggalkan telurnya. Sehingga hal ini menimbulkan gagalnya proses pengeraman pada telurnya (baca: penyakit kenari dan perawatan kenari sakit).

5. Stamina
Apabila kondisi indukan kenari terlalu letih/capek, bisa menjadikan tidak bisa mengeluarkan telurnya dengan sempurna. Stamina yang kurang fit juga bisa menjadikan kualitas yang jelek pada spermanya, sehingga pada ketika perkawinan, tidak bisa menghasilkan telur dengan kondisi yang baik.

Demikianlah beberapa poinpenting seputar telur kenari gagal menetas yang sanggup kami share kepada teman erat kenari mania, kurang lebihnya kami mohon maaf. Jangan lupa juga membaca artikel yang sudah kami ulas sebelumnya, yakni seputar: suara kenari dan burung kenari Stafford.

Post a Comment for "Faktor Penyebab Telur Burung Kenari Gagal Menetas"