Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaya Bertanding Murai Kerikil Sumatera Dan Borneo

Murai Batu (MB) ialah salah satu burung yang sedang marak dipelihara (baca: ternak murai batu). Karena burung ini mempunyai kualitas bunyi yang baik dan merdu (download: suara murai batu). Tidak spesialuntuk itu, Ia juga mempunyai bulu yang anggun dan menawan.

melaluiataubersamaini segala kelebihan tersebut maka tidak heran banyak orang yang memelihara burung MB. Bahkan tidak spesialuntuk memilihara, terkadang seseorang memang sengaja memelihara Murai untuk dijadikan burung kontes. Karena Murai mempunyai bunyi yang baik, maka dari itu banyak orang mengikutsertakan burung ini ke kontes.

 ialah salah satu burung yang sedang marak dipelihara  Gaya Bertanding Murai Batu Sumatera dan Borneo

Berbicara terkena kontes Murai. Banyak sekali gaya bertanding MB ketika kontes, baik dari Sumatera maupun Borneo, keduannya sama-sama mempunyai kualitas dan daya tarik sendiri. Bukan spesialuntuk itu, terkadang panitia kontes juga sengaja memisahkan kedua Murai ini dalam satu kontes, dengan kata lain kelasnya tidak sama.

Hal tersebut dikarenakan kedua Murai ini mempunyai jenis gaya bertanding yang tidak sama, sehingga kedua Murai tersebut harus dipisahkan.

Jenis Gaya Bertanding Murai Batu Sumatera dan Borneo
Dalam kontes terkadang Murai Batu Sumatera dan Borneo dipisah, hal ini sebab perbedaan gaya bertanding keduannya yang begitu mencolok. Lalu, apa saja perbedaan MB tersebut sehingga harus dipisahkan kelasnya?

Berikut ini ialah perbedaan gaya bertanding MB Sumatera dan Borneo:

1. Murai Batu Sumatera
Murai Batu Sumatera memang dianggap mempunyai kualitas yang baik dalam berkicau, dengan jenis-jenis unggulannya yaitu:

a. Murai Batu Medan.
b. Murai Batu Lampung.
c. Murai Batu Aceh.
d. Murai Batu Nias.

Selain MB di atas, masih banyak jenis Murai asal Sumatera lainnya. Sedangkan ciri khas gaya bertanding Murai Batu Sumatera ialah sebagai diberikut:

a. Membusungkan dadanya sembari berkicau dengan bunyi keras.
b. Melakukan ngobra, yaitu homogen gerakan menaik turunkan bulu buntutnya.

2. Murai Batu Borneo
Karir Murai Batu ini memang tidak secerah karir Murai Sumatera, spesialuntuk saja Murai Borneo mempunyai ciri khusus ketika bertanding. adapun ciri tersebut adalah:

a. Membusungkan dadanya.
b. Mengelembungkan dan mengangkat bulu dadanya ketika bertanding.

Gaya bertanding Murai Batu Sumatera dan Borneo memang tidak sama, spesialuntuk saja mereka mempunyai kualitas bunyi yang tidak jauh tidak sama. Selain itu, baik MB Sumatera maupun Borneo, sama-sama mempunyai performa yang baik dalam bertanding, entah itu kontes, lomba, maupun spesialuntuk di lakber.

Post a Comment for "Gaya Bertanding Murai Kerikil Sumatera Dan Borneo"