Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Serangan Penyakit Cacingan Pada Pleci

Burung Pleci ialah salah satu dari beberapa jenis burung kicau yang pintar. Disamping itu, Ia juga mempunyai kemampuan berkicau yang sangat baik. Nah, dengan alasan itulah burung ini kerap kali dijadikan sebagai burung peliharaan. Pasalnya, selain mempunyai bunyi yang merdu, Pleci sendiri ialah salah satu burung yang simpel dirawat loh.

Akan tetapi, dibalik kegampangan tersebut, ada beberapa penyakit yang kerap menyerang burung anggun ini. Dan dari beberapa penyakit yang sering menyerang Pleci, penyakit cacingan ialah penyakit yang umum diderita Pleci. Penyakit cacingan pada Pleci sendiri disebabkan lantaran adanya benalu berupa cacing yang berkembang biak di tubuh Pleci.

Burung Pleci ialah salah satu dari beberapa jenis burung kicau yang berilmu Gejala Serangan Penyakit Cacingan Pada Pleci

Gegala Burung Pleci yang Cacingan
Layaknya penyakit burung pada umumnya, cacingan juga mempunyai tanda-tanda yang sanggup Kita lihat secara kasat mata. Selain megampangkan proses menganalisa, tanda-tanda yang tampak juga bisa Kita jadikan sebagai contoh seberapa parahkah penyakit cacingan yang diderita burung keakungan Anda. Lalu, apa saja sih gejala-gejala yang dimaksud?

Adapun tanda-tanda serangan penyakit cacingan pada Pleci itu sendiri ialah sebagai diberikut:

  • Badan Pleci akan terlihat kurus. 
  • Meskipun tubuh Pleci terlihat kurus, umumnya burung yang sedang cacingan tidak akan kehilangan nafsu makannya. 
  • Burung akan terlihat lebih pasif dan lebih banyak diam. 
  • Pleci yang terkena cacingan umumnya akan terlihat mengantuk dan malas. 
  • Pleci yang sedang cacingan umumnya akan membuatkan bulu-bulunya. 
  • Jika dalam kondisi yang kronis, Pleci yang cacingan umumnya akan memuntahkan makanannya kembali. Pasalnya, kalau cacingan ini dibiarkan begitu saja, organ pencernaan dalam tubuh Pleci akan mengalami infeksi. 

Penyebab Cacingan Pada Pleci
Ada beberapa hal yang menjadi penyebab penyakit cacingan pada Pleci. Dan dari beberapa penyebab tersebut, sedikitnya ada 3 penyebab paling umum yang simpel dikenali. Nah, adapun penyebab yang dimaksud ialah sebagai diberikut:

  • Sangkar yang kotor 
  • Makanan yang kotor dan mengendung larva cacing 
  • Air yang kotor dan tercemar 

Ketiga penyebab di atas ialah penyebab yang sangat sering mengakibatkan cacingan pada Pleci. Maka dari itu, untuk menghindarkan Pleci dari cacingan, ada baiknya Anda jauhkan ketiga hal di atas dari Pleci keakungan Anda.

Oh ya, kalau Pleci Anda sudah mengalami cacingan, diberikanlah penanganan dengan segera dengan mempersembahkan obat cacing khusus burung pada Pleci keakungan Anda. Tapi, kalau Pleci belum terkena cacingan, ada baiknya Anda lakukan pencegahan penyakit cacingan pada Pleci dengan merawat kondisi kesehatan dan kemembersihkanan Pleci secara rutin.

Post a Comment for "Gejala Serangan Penyakit Cacingan Pada Pleci"