Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Bulu-Bulu Burung Lovebird Kusam

Kusamnya bulu lovebird yaitu keadaan dimana bulu yang Ia miliki tidak manis lagi lantaran kusam, hal itu disebabkan lantaran minyak yang diproduksi kelenjar minyak berkurang. Memang lebih banyak didominasi penyebab kusamnya bulu burung hampir sama antara burung yang satu dan yang lainnya, untuk yang mempunyai burung pemakan serangga biasanya akan menyuntikan minyak ikan ke jangkrik untuk merangsang kelenjar lemak biar memproduksi lemak kemudian membiarkan jangkrik tersebut untuk dikonsumsi oleh burung.

Berbicara terkena kelenjar lemak, cara untuk mengambarkan kelenjar lemak masih aktif atau tidak yaitu dengan memencet kelenjar minyak tersebut dengan tangan Anda. Sedangkan untuk posisi kelenjar lemak sendiri berada di serpihan pantat burung.

Kusamnya bulu lovebird yaitu keadaan dimana bulu yang Ia miliki tidak manis lagi lantaran  Penyebab Bulu-Bulu Burung Lovebird Kusam

Makara jikalau kelenjar tersebut masih aktif maka akan berminyak dikala Anda menyentuhnya, akan tetapi jikalau kelenjar tersebut tidak berminyak maka bisa jadi kelenjar tersebut mengalami gangguan fungsi. Lalu adakah penyebab lain yang membuat bulu burung menjadi kusam?

Penyebab Bulu Lovebird Menjadi Kusam
Penyebab bulu lovebird kusam sangatlah banyak, selain lantaran kelenjar lemak yang mengalami gangguan fungsi juga ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi.

Adapun penyebab-penyebab tersebut adalah:

1. Proses penjemuran burung
Proses penjemuran bisa mempengaruhi kusamnya bulu burung ini, pasalnya jikalau Anda menjemur lovebird dalam keadaan lembap kuyup, maka besar kemungkinan bulu-bulu burung akan menjadi kusut dan keriting. untuk mencegah hal ini ada baiknya dikala Anda memandikan burung maka tunggulah bulunya setengah kering, setelah itu Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari pagi.

2. Penggunaan obat kutu yang salah
Beberapa obat kutu mengandung zat yang sanggup menghilangkan zat lilin pada bulu burung, zat lilin ini biasanya akan memmenolong burung untuk kering lebih cepat dan membuat bulunya mengkilap. Hanya saja dikala zat lilin tidak ada bulu kan cenderung terlihat kusam dan susah untuk kering.

3. Kekurangan lemak dikala mabung
Mabung yaitu keadaan dimana bulu burung sedang tumbuh dan berkembang, dikala Anda kurang mempersembahkan asupan lemak dikala proses ini maka bisa dipastikan burung Anda akan mempunyai bulu yang kusam.

4. Kelenjar lemak yang disfungsi
Kelenjar lemak akan mempersembahkan dan menyalurkan lemak pada bulu burung, tujuanya biar bulu-bulu ini akan mempunyai pancaran warna yang mengkilap dan cantik. Hanya saja dikala kelenjar lemak ini mengalami disfungsi atau gangguan fungsi maka besar kemungkinan burung akan mengalami kekusaman pada bulu-bulu mereka.

Solusi:
Semprot dengan obat khusus untuk bulu, salah satunya yaitu OrBird yang mempunyai khasiat kompleks yang bisa mengatasi bulu burung yang kusam dengan cara menyemprotkannya.

Keempat penyebab utama kusamnya bulu lovebird di atas bisa Anda jadikan peringatan untuk senantiasa menjaga dan merawat keindahan burung Anda. Lakukanlah referensi penjemuran, perawatan, dan penanganan burung yang tepat, tujuannya biar bulu burung tetap sehat, cantik, dan terhindar dari kusam.

Post a Comment for "Penyebab Bulu-Bulu Burung Lovebird Kusam"