Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Burung Kenari Yang Sakit

Bagi sobat akrab kenari mania yang dikala ini kenari keakungannya dalam kondisi sakit dan anda resah mau berbuat apa, maka damai saja alasannya yaitu pada postingan kali ini akan mengulas tentang perawatan pada kenari yang sakit. Burung kenari ialah salah satu jenis burung yang karakternya menyerupai dengan burung Beo yaitu termasuk burung yang cerdas, terbukti bahwa burung kenari bisa menirukan bunyi burung lainnya (baca: suara kenari). Sehingga banyak perlombaan yang mengikutsertakan burung kenari sebagai burung lomba yang sekarang menjadi ekspresi dominan di kalangan masyarakat luas khususnya bagi para penggemar burung atau yang disebut kicau mania.

Bagi sobat akrab kenari mania yang dikala ini kenari keakungannya dalam kondisi sakit dan anda bi Perawatan Burung Kenari yang Sakit

Adapun persamaan antara burung kenari dengan burung jenis lainnya yaitu ketika kenari sedang sakit, burung ini lebih cenderung menyembunyikan kondisinya tersebut. Hal ini disebut dengan siklus pertahanan diri. Burung yang menyembunyikan kondisi tubuhnya yang sakit itu tidak lain yaitu bertujuan untuk mengatakan bahwa dirinya tetap dalam kondisi bugar, alasannya yaitu biasanya predator lebih suka memangsa burung yang kelihatan lemah termasuk juga burung yang kelihatan sakit. Sehingga burung yang menyembunyikan penyakitnya ini supaya terhindar dari incaran para predator buas.

Maka dari itu, bagi anda yang merawat burung kenari sebagai burung peliharaan di rumah, tentu harus tahu betul apakah kenari keakungan anda itu dalam kondisi sakit, atau akal-akalan sehat? Kepekaan anda menjadi hal yang penting sebagai penentu kelangsungan hidup kenari, alasannya yaitu apabila anda terlambat mengetahui kenari anda sedang sakit, tentu hal ini akan menjadikan kondisi yang lebih fatal alasannya yaitu menangani kenari yang sakitnya parah tentu lebih susah. Agar burung kenari keakungan anda bisa bertahan hidup, maka lakukan tindakan evakuasi secepat mungkin dengan baik dan benar. Adapun gejala kenari dalam kondisi sakit bisa diantaranya sebagai diberikut:
  1. Terjadi perubahan yang signifikan pada bulu kenari, terlihat lebih lecet dan kusam.
  2. Bulu kenari yang terletak di leher terlihat bergerak-gerak menyerupai gemetaran.
  3. Kenari matanya sering tertutup, atau terlihat mengantuk.
  4. Kenari yang sakit biasanya lebih pasif atau lebih banyak membisu daripada bergerak maupun berkicau.

Apabila keempat gejala di atas terjadi pada kenari keakungan anda, maka lakukan perawatan sesegera mungkin sebelum terlambat. Adapun perawatan kenari sakit bisa anda simak langkah-langkahnya diberikut ini:
  1. Anggaplah burung kenari keakungan anda menyerupai bayi, sehingga membutuhkan perawatan yang ekstra serta perhatian yang lebih. Apabila kenari tidak mau makan, maka suapilah dengan lembut dan sabar menyerupai menyuapi bayi. Kemudian diberikanlah masakan kesukaan kenari seperti: biji sawi, telur puyuh rebus, dan buah buahan segar menyerupai apel merah dan lain sebagainya.
  2. Berikan minuman segar yang membersihkan, jikalau perlu air yang sudah matang atau sudah dimasak, lalu campurkan dengan obat maupun vitamin supaya daya tahan badan pada kenari lebih besar lengan berkuasa dari serangan penyakit. Sangat anggun jikalau didiberi obat dan vitamin OrBird, alasannya yaitu obat ini terbuat dari bahan-bahan herbal, sehingga tanpa dampak samping.
  3. Berikan suatu penghangat pada kenari khususnya di musim hambar ataupun di waktu malam hari, salah satunya dengan mempersembahkan lampu di dekatnya sebagai penghangat. Tutup lampu dnegan epilog yang petang semoga kenari bisa istirahat dengan nyaman dan tidak terganggu dengan cahaya lampu tersebut.
  4. Pastikan kenari berada di lingkungan yang kondusif dan nyaman, yakni terhindar dari segala keramaian yang bisa mengganggu bahkan mengancam psikologi kenari keakungan anda.

Cukup sekian sedikit klarifikasi singkat tentang perawatan kenari yang sakit, semoga dengan tips yang kami diberikan bisa memmenolong anda dalam merawat kenari yang sedang sakit. Selain mengatasi kenari yang sakit, ternyata banyak juga yang mencari isu seputar cara mengatasi kenari yang kegemukan.

Post a Comment for "Perawatan Burung Kenari Yang Sakit"