Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Telur Pleci Tidak Menetas? Cara Mengatasinya

Saat beternak, sering sekai Kita temui telur Pleci tidak menetas. Dan saking seringnya, terkadang hal tersebut sudah menjadi kebiasaan tersendiri. Tapi tahukah Anda, kalau persentase penetasan telur sangat kecil itu berarti keberhasilan budidaya atau penangkaran sangatlah jauh dari harapan.

Pasalnya, keberhasilan dalam beternak itu ada 2 hal, yaitu binatang yang diternak ini tumbuh sehat. Dan yang kedua, binatang ternak ini haruslah dapat berkembang biak dan menghasilkan keturunan. Jadi, kalau telur burung Anda tidak dapat menetas, itu berarti budidaya Anda sangat jauh dari kata berhasil.

 sering sekai Kita temui telur Pleci tidak menetas Telur Pleci Tidak Menetas? Teknik Mengatasinya

Penyebab Telur Pleci Tidak Menetas
Pada dasarnya, cara mengatasi telur Pleci tidak menetas ini susah dilakukan. Akan tetapi, cara untuk mencegah hal ini terjadi sangatlah gampang. Tapi ingat, cara ini pun tidak menjamin telur tersebut dapat menetas dengan baik. Pasalnya, keberhasilan penetasan telur sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal.

Berikut ini ialah beberapa penyebab yang membuat telur burung gagal menetas:

1. Telur tidak dibuahi
Hal ini umumnya terjadi kalau perkawinan antar indukan tidak berlangsung baik. Saat perkawinan tersebut selesai, indukan betina dapat saja mengeluarkan telur. Hanya saja, alasannya tidak tersebut tidak terbuahi, maka telur ini tidak mungkin dapat menetas.

2. Tidak dierami dengan baik
Penyebab ini umumnya terjadi alasannya sang indukan malas mengerami tekur-telurnya. Dan kalau hal ini benar-benar dilakukan, risikonya embrio dalam telur pun tidak akan berkembang dengan baik. Dan ujung-ujungnya telur ini pun tidak akan menetas.

3. Nutrisi
Penyebab telur Pleci tidak menetas lainnya ialah alasannya asupan nutrisi yang kurang untuk indukan. Hal ini umumnya terjadi pada pemilik yang hirau tak hirau dengan burung peliharaanya. Ingat, kunci sukses budidaya ialah perawatan yang intensif dan konsisten.

4. Serangan bakteri
Serangan basil intinya akan menyerang telur. Ia akan mengurangi tingkat produktifitas telur, mengganggu kesehatan telur, dan menghambat perkembangan embrio di dalamnya. melaluiataubersamaini kata lain, kalau basil ini menyerang, telur ini pun akan tidak mungkin menetas. Bakteri ini sendiri umumnya ada pada masukang yang kotor, tidak terawat, dan jauh dari kata layak.

Teknik Mencegah Telur Pleci yang Gagal Menetas
Teknik mencegah telur Pleci yang gagal menetas jauh lebih simpel dilakukan dibandingkan dengan cara mengatasinya. Lalu, menyerupai apa cara pencegahan yang dimaksud?

Nah, diberikut ini ialah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah problem ini:

1. Berikan asupan pakan yang bergizi ketika animo kawin burung.
2. Hindari pengecekan kondisi telur secara berlebihan, alasannya hal tersebut spesialuntuk akan membuat indukan menjadi stres dan terganggu.
3. Jagalah kemembersihkanan sangkar untuk menghindari resiko pertumbuhan basil yang bebahaya untuk perkembangan telur.

Bagaimana? cepatdangampang bukan? selain gampang, cara-cara di atas juga sudah terbukti menekan jumlah telur Pleci yang tidak dapat menetas. Maka dari itu, untuk menghindarkan telur burung Pleci tidak menetas, Anda dapat memakai cara-cara menyerupai di atas. Tapi untuk hasil yang lebih bagus, Anda dapat diberikan asupan multivitamin pada indukan burung, baik dalam masa kawin atau pun pengeraman.

Post a Comment for "Telur Pleci Tidak Menetas? Cara Mengatasinya"