Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menciptakan Sangkar (Sangkar) Ternak Burung Murai Watu Yang Sederhana, Ideal, Dan Minimalis

Pembuatan sangkar ternak burung Murai Batu (MB) sanggup menyesuaikan dengan kondisi tempat yang anda miliki. Apakah itu luas, atau tidak terlalu luas. Namun, jikalau anda menginginkan perjuangan burung MB yang lebih mapan (profesional), ada baiknya anda menyediakan tempat khusus untuk berternak burung jenis ini.

Agar sanggup lebih praktis dan lebih sukses, diberikut ialah beberapa tips bagi anda yang ingin membuat kandang Murai Batu yang sederhana dan ideal untuk murai keakungan anda, maka tips-tipsnya adalah,

Pembuatan sangkar ternak burung Murai Batu  Tips Membuat Kandang (Sangkar) Ternak Burung Murai Batu yang Sederhana, Ideal, dan Minimalis

1. Persiapkan Tempat yang Nyaman
Terkadang, kita tidak sanggup menentukan sebuah tempat yang hening atau jauh dari pabrik, alasannya kondisi sebagian dari kita yang terkadang tinggal di tempat-tempat ramai menyerupai di bersahabat pasar atau di bersahabat pabrik. Jika demikian, Kita harus pandai-pandai menyiasati biar penempatan sangkar sanggup sedikit lebih tenang.

Namun, secara umum apabila anda ingin membuat sangkar ternak untuk MB, sebaiknya anda mencari tempat-tempat yang memang hening dan jauh dari kebisingan biar sanggup lebih berserius.
Tidak spesialuntuk itu, bekerjsama tempat hening akan sangat diperlukan apabila anda ingin memaster MB yang anda miliki. Disamping menghindarkan burung dari stres, tempat hening juga diperlukan biar MB sanggup berserius ketika proses mastering berjalan.

2. Ukuran Kandang
Bagi anda yang tidak mempunyai tempat untuk sangkar yang luas, ada baiknya anda menyiasatinya dengan membuat sangkar yang bersusun. Disamping sanggup menghemat banyak tempat, ini juga ialah salah satu solusi untuk mereka yang mempunyai lahan sempit.

Ukuran sangkar memang bervariasi dan tergantung dari tempat yang anda miliki. Semakin luas sangkar yang anda buat maka akan semakin bagus. Walau demikian, batas minimal untuk pembuatan sangkar sebaiknya ditentukan biar burung sanggup lebih bebas dalam beraktivitas sehingga tidak merasa terlalu terkekang. Ukuran minimal sebuah sangkar untuk Murai Batu biasanya ialah 80 x 80 dan tingginya sanggup menyesuaikan, contohnya 100 cm atau lebih.

3. Bahan Kandang
Bahan sangkar sanggup dibentuk dari bahan-bahan menyerupai sangkar atau sangkar burung lainnya kita sanggup menciptakannya kombinasi antara kayu, kawat, dan juga tembok bata, atau batako.
Sedangkan untuk atapnya, anda sanggup menentukan antara genteng atau memakai atap asbes yang bergelombang. Dan hindarilah penerapan atap seng alasannya pada siang hari terkadang sangat gerah serta apa bila hujan terlalu mencakupk.

Namun apabila anda membangun sangkar di dalam rumah, maka atap tidak anda perlukan.
Untuk lantai kandang, anda sanggup memakai apa pun mulai dari kawat RAM, lantai semen, serutan kayu, atau anda juga sanggup memakai tanah dan pasir.
Pasir yang membersihkan di anjurkan sebagai lantai alasannya sanggup dengan praktis menyerap kelembaban dan kotoran dari burung.

4. Desain
Desain sangkar sanggup anda sesuaikan dengan kebutuhan. Namun pada umumnya sangkar harus mempunyai dua pintu. Pintu penggalan bawah untuk memmembersihkankan dan pintu penggalan atas untuk mengganti masakan dan minuman.

5. Kenyamanan dan Keamanan
Selanjutnya, keamanan dari pemangsa harus menjadi prioritas, dan ketika anda membuat sangkar pastikan sangkar tersebut sanggup menjaga burung tetap kondusif dari binatang apapun.
Kemudian buatlah sangkar senyaman mungkin, termasuk juga sediakan tempat burung bertelur jikalau anda ingin mengawinkannya.

Apabila anda tinggal di kawasan yang terlalu dingin, ada baiknya anda menyediakan lampu 5 atau 10 watt atau lebih yang berupa bohlam dan sanggup menghangatkan.

Sekian sharing kali ini terkena tips membuat sangkar ternak murai batu, semoga isu yang kami sajikan sanggup berkhasiat buat sobat bersahabat pecinta murai batu. Baca-baca juga artikel sebelumnya yang masih mengulas seputar murai batu, yakni berjudul tips penangkaran murai batu.

Post a Comment for "Tips Menciptakan Sangkar (Sangkar) Ternak Burung Murai Watu Yang Sederhana, Ideal, Dan Minimalis"