Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Merawat Anak Anjing Gres Lahir

Teknik merawat anak anjing gres lahir- Berbeda dengan indukannya, anak anjing jauh lebih imut dan menggemaskan. Selain itu ia juga simpel dirawat dan dipelihara. Sebab ia masih belum seaktif anjing dewasa, pengalamannya pun belum sebanyak anjing dewasa. Namun meski demikian kalian harus tetap tekun dalam memeliharanya, terutama bagi yang memelihara anak anjing gres lahir tanpa ibunya.

Apabila anda tidak pandai dalam menjaga dan merawat anakan anjing, akan berakibat fatal bahkan sanggup menyebabkan kematian. Untuk itulah bagi pemula tidakboleh coba coba merawatnya kalau kalian sendiri belum mempunyai ilmu bagaimana cara merawat anjing kecil yang baik dan benar.

Nah di sini hobinatang.com akan mengembangkan gosip pada teman akrab wacana perawatan anak anjing umur 1 bulan atau gres lahir tanpa induk. Apa saja langkah langkahnya?

Teknik Merawat Anak Anjing


Merawat anak anjing membutuhkan perhatian yang intensif. Meski kerjaan mereka spesialuntuklah membisu dan pulas (karena masih anakan), tapi teman akrab harus tetap melaksanakan perawatan yang terbaik, terutama bila induknya tidak sanggup menyusui jawaban kondisi tertentu contohnya induknya sakit, hilang atau mati. Maka anda harus benar benar pandai dalam mengurusnya.

1. Menyiapkan Kandang Anak Anjing


Ukuran badan anak anjing memang masih tergolong sangat kecil dan biasanya mereka selalu merapat dengan sang induk demi mendapat kehangatan. Akan tetapi kalau anak anjing tersebut tanpa induk, anda harus menyiapkan kandangnya. Siapkan sangkar yang sudah dilengkapi kasur hangat atau alas, semoga anak anjing selalu terjaga kehangatannya.

 anak anjing jauh lebih imut dan menggemaskan 6 Teknik Merawat Anak Anjing Baru Lahir

Fungsi pemdiberian ganjal pada sangkar yaitu untuk menghindari kaki atau tangan anak anjing tersangkut pada lubang jeruji kandang. Untuk sangkar sanggup kalian beli di toko binatang beserta aksesorisnya.

2. Melatih Anak Anjing


Teknik kedua dalam merawat anak anjing yang harus kalian perhatikan ialah melatihnya. Seujung anak anjing masihlah belum tau apa apa. Dia lebih simpel diatur. Tidak ibarat anjing bakir balig cukup akal yang sudah makan rasa pahit dan bagus (banyak pengalaman). So, manfaatkan situasi ini untuk melatihnya semoga jadi anjing penurut dan pintar. Khususnya untuk jenis anjing pitbull, melatihnya menjadi hal yang wajib.

Ada banyak sekali bentuk petes untuk anak anjing. Mulai dari melatih anak anjing membuang air kecil, melatih anak anjing mendekat dikala dipanggil dan masih banyak lagi. Atau kalian sanggup mengambil rujukan dari artikel di bawah ini.

Baca: Teknik Melatih Anjing Shih Tzu

3. Menjaga Kemembersihkanan Kandang


 anak anjing jauh lebih imut dan menggemaskan 6 Teknik Merawat Anak Anjing Baru Lahir

Tidak spesialuntuk anjing, tiruana binatang kalau masih anakan atau gres lahir niscaya mempunyai daya tahan badan yang lemah. Ia simpel terjangkit penyakit. Jadi, jagalah selalu kemembersihkanan kandangnya dari aneka macam macam basil dan virus. Bersihkan kandangnya segera mungkin apabila anak anjing selesai makan atau sudah terlihat kotor.

4. Pemdiberian Pakan Anak Anjing


 anak anjing jauh lebih imut dan menggemaskan 6 Teknik Merawat Anak Anjing Baru Lahir
Anak anjing Golden Retriever

Anak anjing akan mencakupk apabila belum merasa puas dikala minum. Maka teman akrab harus menyediakan selalu air minum di kandangnya. Untuk asupan pakannya sanggup teman akrab diberi kuliner bergizi. Karena anak anjing membutuhkan nutrisi dan gizi yang seimbang ibarat protein, lemak, vitamin dan mineral.

Buat anak anjing yang gres lahir cukup didiberi susu dari induknya saja kalau usianya sudah lebih 3 ahad maka diberilah kuliner tambahan ibarat dogfood yang didiberi air biasa tidakboleh air hangat ya sob, lantaran sanggup merusak kandungan gizinya. Ubah dogfood menjadi lembek ibarat bubur bayi, di samping itu anda juga masih sanggup tetap mempersembahkan susu formula padanya, diperbolehkan memakai susu bayi manusia.

Anak anjing yang usianya sudah 6-7 ahad sebaiknya sudah tidak minum susu induknya lagi, cukup diberi kuliner yang lunak. Sesekali diberi kuliner kering paling tidak seminggu sekali. Adapun kuliner pokoknya diberi sebanyak 3 kali dalam sehari.

Lalu bagaimana cara mempersembahkan kuliner dan minuman pada anakan anjing gres lahir tanpa induk?

5. Makanan dan Minuman Anak Anjing Tanpa Induk


 anak anjing jauh lebih imut dan menggemaskan 6 Teknik Merawat Anak Anjing Baru Lahir

Merawat anak anjing tanpa induk gotong royong hampir sama ibarat pada umumnya. Hanya saja dalam pemdiberian pakan dan minum tidak sama. Anak anjing tanpa induk tidak sanggup minum air susu ibunya. Makara teman akrab harus mengaturnya sendiri.

Anak anjing yang gres lahir tanpa induk cukup didiberi susu saja, bukan makanan. Karena pencernaannya belum sanggup mencerna kuliner dengan baik. Sebaiknya anak anjing menyusu pada induknya, namun apabila induknya tidak ada misal mati, maka cukup diberi susu khusus anjing anakan yang sanggup anda dapatkan di petshop. Perhatikan kualitas susu tersebut.

Pada dasarnya anak anjing sanggup eksklusif mengenyot puting induknya, dikarenakan sang induk tidak ada maka menolonglah anak anjing minum susu memakai dot khusus bayi anjing.

Pangkulah anak anjing kemudian sodorkan dotnya pada lisan anjing dengan lembut dan penuh kasih akung. Berikan susu padanya 3 kali sehari, pagi, siang dan malam. Susu yang didiberikan pada anak anjing tidakboleh terlalu gerah dan dingin.

Jika usia anak anjing di bawah 3 bulan masih perlu perhatian khusus dari pemiliknya. Anda sudah sanggup memdiberinya kuliner lunak bila usia anak anjing sudah lebih dari 3 bulan dan stop pemdiberian susu bayi untuknya.

Selanjutnya kalau usia sudah mencapai 5 bulan, anda cukup memdiberinya pakan biasa, boleh lunak maupun kering dan tetaplah menjaga kemembersihkanan kandang, memandikan anak anjing seminggu sekali. Beri pakan anak anjing sebanyak 3 kali sehari.

6. Jaga Kesehatan Anak Anjing dengan Vaksin


 anak anjing jauh lebih imut dan menggemaskan 6 Teknik Merawat Anak Anjing Baru Lahir
Anak anjing chihuahua

Perawatan terakhir yaitu menjaga kesehatannya. Menjaga kesehatan anak anjing sangatlah penting. Kalian harus memdiberi vaksin padanya. Seminggu sebelum divaksin, diberilah obat cacing semoga pencernaannya tetap terjaga serta nafsu makannya tidak menurun. Namun obat cacing sanggup didiberikan kalau anak anjing sudah berusia 5-6 minggu.

Berikut tahapan vaksin untuk anak anjing:

  • Vaksin pertama didiberikan pada usia 6 minggu, fungsinya sebagai penanggulangan penyakit parvo.
  • Vaksin kedua didiberikan 1 bulan setelah pemdiberian vaksin pertama. Vaksin yang ini sangatlah penting dah harus anda diberikan pada anak anjing. Karena anak anjing sangat rentan terhadap penyakit yang disebabkan lantaran bakteri. Fungsi vaksin kedua ini sebagai pencegahan penyakit distamper, parvo, hepatitis CAV-2, leptospirosis dan parainfluenza.
  • Vaksin ketiga ini mempunyai fungsi yang sama dengan vaksin kedua, spesialuntuk ditambah satu saja yaitu sebagai pencegah rabies. Makara vaksin ketiga didiberikan untuk usia 3,5 bulan.
  • Vaksin tahunan didiberikan setelah ketiga vaksin di atas selesai. Meski sudah melaksanakan ketiga vaksin saja sudah cukup membuat anak anjing kebal terhadap penyakit. Vaksin tahunan sanggup dilakukan setiap satu tahun sekali untuk menyempurnakan vaksinasinya.
Baca juga: 7 Teknik Merawat Mini Pom Pomeranian Yang Benar Untuk Pemula

Baik Itulah panduan bagaimana cara merawat anak anjing yang gres lahir dengan induk atau tanpa induknya. Semoga gosip ini bermanfaa bagi anda yang sedang memelihara anjing kecil yang lucu dan imut. Terimakasih

Post a Comment for "6 Cara Merawat Anak Anjing Gres Lahir"