Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Merawat Kura Kura Brazil Yang Baik Dan Benar

Teknik Merawat Kura Kura Brazil- Hai sob, apakah ada yang belum mengenal jenis reptil yang satu ini? Kura kura brazil (trachemys scripta elegans) ialah binatang reptil endemik yang berasal dari pecahan selatan Amerika atau lebih tepatnya Brazil. Di sana ia sering dipanggil dengan nama RES "red-ear slider" hal ini disebabkan lantaran adanya corak merah di pecahan belakang matanya, corak tersebut mirip indera pendengaran berwarna merah.

 apakah ada yang belum mengenal jenis reptil yang satu ini 6 Teknik Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar

Di Indonesia sendiri, kura kura brazil banyak dipelihara oleh masyarakat, khususnya di kalangan pencinta ikan. Tapi kebanyakan mereka lebih menentukan kura kura yang masih kecil, soalnya yang kecil warnanya lebih indah, cangkangnya mempunyai dua warna kuning dan hijau sehingga terlihat lebih imut dan menggemaskan. Pokoknya sangat cocok untuk akuarium. Adapun yang sudah besar biasanya untuk dibudidaya atau diternak oleh petani. Baca: cara ternak kura kura brazil.

Menurut penelitian kura-kura brazil mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, umurnya saja sanggup mencapai 20-40 tahun. Bahkan ia sanggup dengan simpel menyesuaikan diri di lingkungan manapun. Makara kesimpulannya, memelihara kura kura brazil itu sangat gampang yang penting kalian tahu caranya.

Bagaimana cara merawat kura kura brazil yang baik dan benar?

Teknik Merawat Kura Kura Brazil yang Masih Kecil atau Dewasa


Baiklah bagi kalian para pemula, simak baik-baik panduan perawatan kura kura brazil di bawah ini. Tips ini berlaku untuk tiruana usia, baik yang masih kecil maupun dewasa:

1. Menyediakan Kebutuhan Perawatan Kura Kura Brazil


 apakah ada yang belum mengenal jenis reptil yang satu ini 6 Teknik Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar

sepertiyang makhluk hidup lainnya, kura kura brazil membutuhkan keperluannya untuk bertahan hidup. Misalnya daerah tinggal atau yang lainnya. Untuk daerah tinggal, ia sanggup hidup di air maupun di darat, tapi ia lebih banyak menghabiskan waktunya di air. So teman bersahabat harus menyediakan daerah yang cocok untuknya dengan menyesuaikan kebiasaannya.

Dimasukankan menggunakan akuarium untuk pemeliharaan kura-kura. Pertama, isilah akuarium dengan air secukupnya, sekitar 3/4 dari panjang kura kura. Hal ini semoga kura kura sanggup berbalik tubuh lagi kalau badannya terjungkir. Kedua, buatlah daerah khusus berupa daratan, sanggup dengan kerikil atau media lainnya yang sudah disediakan di pet shop. Daratan ini berfungsi untuk berjemur kura-kura brazil 25-30 menit.

Untuk ukurannya, sesuaikan dengan jumlah kura kura, semakin besar akuariumnya maka akan semakin baik. Selain itu anda juga harus rajin memmembersihkankannya, lantaran air yang kotor lantaran bekas kuliner sanggup mengakibatkan si kura-kura sakit dan alhasil sanggup mati.

Jenis air apa yang baik untuk merawat kura-kura brazil?

Jenis air yang baik untuk dipakai ialah air tawar yang diambil eksklusif dari sumur. Dimasukankan suhunya berkisar  20-25 derajat celsius. Jangan pernah mencoba menggunakan air PAM, alasannya ialah mengandung banyak zat kimia, tapi kalau memang terpaksa silahkan, tapi didiamkan dulu dalam bejana selama 24 jam.

 2. Membeli Filter (Penyaring Kotoran)


Filter sangat penting untuk anda miliki ketika memelihara kura kura. Filter berfungsi memmembersihkankan kotoran yang ada di air dan mencegah perkembangan basil di dalam tangki. Umumnya pembudidaya kura kura brazil biasanya menggunakan filter berbentuk tabung Fluval 403, atau kalau tidak, kalian sanggup menggunakan filter di bawah ini:

  • Filter di dalam akuarium (Internal canister filter): Penyaring ini sanggup Anda tempatkan di dalam tangki. Filter jenis ini ialah salah satu jenis yang terbaik lantaran sanggup memmembersihkankan air dalam tangki dengan baik.
  • Filter di pecahan krikil (Under-gravel filter): Penyaring jenis ini membutuhkan permukaan yang lebar, yang mana akan sanggup berfungsi dengan baik kalau Anda spesialuntuk mempunyai satu atau dua buntut kura-kura.
  • Filter di luar akuarium (External canister filter): Penyaring ini harganya tidak mengecewakan mahal, tapi penyaring jenis ini ialah filter yang paling baik, yang mana sanggup mengurangi waktu Anda untuk mengganti air dalam tangki. (by: http://id.wikihow.com/Merawat-Kura-kura-Brazil)

3. Dbuntutasi Akuarium Kura-Kura


 apakah ada yang belum mengenal jenis reptil yang satu ini 6 Teknik Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar
Facebook Pahat Creative

Teknik merawat kura kura brazil diberikutnya yaitu mendbuntutasi tangki. Saat mendbuntutasi, kalian boleh menambahkan tumbuhan hias tapi tidakboleh yang beracun lantaran kemungkinan si kura kura akan mencoba memakan tumbuhan tersebut, tumbuhan plastik pun juga tidak dianjurkan. Dan kalau kalian ingin memdiberi kerikil batu kecil usahakan tidakboleh yang tajam semoga tidak melukai cangkang kura kura. Jangan pula menggunakan pasir halus lantaran sanggup jadi ia akan mencoba memakan kerikil batu kecilnya yang akan membahayakan usus kura kura.

Selain itu pasanglah lampu di akuariumnya. Lampu tersebut berfungsi untuk menghangatkan suhu akuarium dan tubuh si kura kura semoga sanggup mendapat nutrisi D3 berupa kalsium.

4. Memdiberikan Kura Kura Suplemen yang Cukup


Kura kura brazil sangat membutuhkan asupan tambahan berupa kalsium. Kalian sanggup membeli kalsium berupa bubuk yang kemudian ditaburkan di atas makanan.

5. Memdiberikan Makanan yang Menyehatkan


 apakah ada yang belum mengenal jenis reptil yang satu ini 6 Teknik Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar
Andy Syah
Kura-kura brazil termasuk binatang omnivora atau pemakan segalanya, tapi kalian harus tetap perhatian ketika mempersembahkan jenis makanannya. Hal itu supaya nutrisinya terpenuhi.

Dalam persoalan makanan, kura-kura bayi biasa lebih menyukai memakan daging-dagingan, adapun untuk kura-kura brazil sampaumur biasa lebih suka memakan tumbuh-tumbuhan.

Tapi yang lebih penting kalian harus sanggup mengkombinasikannya, semoga ia tidak bosan dan semoga cepat besar. Misalnya, sayuran 50%, daging 25% dan kuliner lainnya 25%.  Apa saja kuliner kura-kura brazil?

Ikan Kecil atau Daging

Untuk pemdiberian pakan berupa ikan, sebaiknya tidakboleh didiberi jenis ikan air bahari dan juga ikan yang sudah dibekukan alasannya ialah akan mengakibatkan simpel terjangkit penyakit. Kura-kura brazil gotong royong lebih suka dengan daging yang masih mentah tapi gotong royong itu kurang baik dan mengakibatkan penggemukan, maka hendaknya dimasak dulu tanpa bumbu, gres setelah itu sanggup didiberikan ke kura-kura.

Sayuran

Sayuran yang mengandung kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tempurungnya. Jenis sayuran yang sanggup Anda pilih diantaranya: Wortel, sawi, randa tapak (dandelion), selada, paprika, dan labu.

Ada kuliner lain yang mungkin sanggup dijadikan kuliner tambahan mirip buah pisang, tumbuhan air, serangga, cacing sutra, dan kuliner buatan yang sanggup dibeli di toko hewan.
Perhatian: Jangan mempersembahkan kuliner terlalu berlebihan, cukup 2-3 kali dalam satu ahad untuk kura-kura sampaumur dan 2 hari sekali untuk anakan.
Agar lebih lengkap, baca: 5 kuliner kura-kura brazil dan cara pemdiberiannya

6. Mengajaknya Bermain


 apakah ada yang belum mengenal jenis reptil yang satu ini 6 Teknik Merawat Kura Kura Brazil yang Baik dan Benar

Merawat kura-kura brazil bukan spesialuntuk mempersembahkan makanan, memmembersihkankan air dan lain-lain tapi sesekali anda perlu mengajaknya bermain supaya membangun ikatan hubungan yang besar lengan berkuasa antara Anda dan kura-kura Anda.

Teknik bermainnya anda cukup memegang tempurungnya sambil sedikit digaruk-garuk. Sebab di dalam tempurung terdapat ujung saraf yang sangat sensitif, jadi pastikan Anda melakukannya dengan lembut.

Itulah 6 cara merawat kura-kura brazil yang baik dan benar untuk pemula. Semoga bermanfaa dan sanggup memmenolong kalian dalam memelihara kura kura. Thanks

Post a Comment for "6 Cara Merawat Kura Kura Brazil Yang Baik Dan Benar"