Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Jenis Hamster Di Indonesia Yang Paling Lucu Beserta Harganya

Siapa yang tidak mengenal jenis binatang pengerat yang sangat imut ini? Binatang hamster ialah binatang peliharaan paling terkenal di Indonesia setelah anjing dan kucing, apalagi bagi para wanita. Kebanyakan perempuan menyukai binatang ini lantaran imut dan lucu, baik bentuk tubuh maupun sifat dan karakter hamster itu sendiri. Selain itu, hamster juga ialah binatang yang membersihkan, menyukai tempat kering dan simpel dirawat.

Kaprikornus binatang ini sangat cocok dipelihara bagi anda yang tidak suka "kotor" atau bau. Perawatan hamster pun tak serumit ketika merawat binatang peliharaan lainnya, lantaran hamster tidak memerlukan sangkar yang besar sehingga tidak memakan tempat di dalam kamar kita, bahkan sanggup diletakan di atas meja atau yang serupa dengannya.

Selain itu merawat hamster juga tidak membutuhkan uang banyak, alasannya ialah pengeluaran kebutuhan masakan hamster spesialuntuk biji-bijian dan buah segar atau serangga kecil.

 Binatang hamster ialah binatang peliharaan paling terkenal di Indonesia setelah  6 Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu Beserta Harganya

Mungkin di antara kalian ada yang berfikir jikalau hamster termasuk serpihan dari keluarga tikus, namun kenyataannya beliau bukanlah serpihan dari mereka, alasannya ialah hamster sangat menyukai kemembersihkanan, sedangkan tikus lebih cenderung jorok. Yang terperinci apa saja yang membicarakan ihwal hamster sudah kami bahas tiruana pada artikel [Mengetahui Kehidupan Hamster Mulai Dari Karakter hingga Makanan dan Kebiasaan], sedangkan kami di sini spesialuntuk akan membicarakan jenis-jenis hamster yang ada di Indonesia, disertai harga terbarunya. Apa saja macam-macam jenisnya?

1. Hamster Campbell Kerdil


 Binatang hamster ialah binatang peliharaan paling terkenal di Indonesia setelah  6 Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu Beserta Harganya

Jenis hamster yang pertama ialah Hamster Campbell. Hamster Campbell mempunyai nama latin phodopus campbelli. Dia dinamakan campbell lantaran ditemukan oleh W.C. Campbell (tahun 1902) di Tuva, sebuah tempat yang terhubung antara Tiongkok dan Rusia. (wikipedia.com)

Spesies hamster yang satu ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia apalagi di Indonesia. Hamster campbell menjadi kesukaan banyak penghobi lantaran tubuhnya yang mini, kecil dan mungil, dari situlah orang-orang menyebutnya dengan hamster kerdil. Selain itu, si campbell mempunyai banyak kelebihan di antaranya, banyaknya variasi warna bulu, hal itu membuat  pecinta hamster leluasa untuk meilih jenis campbell yang ia sukai, beliau juga sangat setia, arif dan aktif. So, sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai mitra kita dikala kesepian.

Namun, dibalik kelebihan-kelebihan yang ia miliki, hamster campbell juga ada belum sempurnanyanya loh, yaitu sangat badung, galak dan suka menggigit pemilik barunya. Tapi, kalau sering didiberi kasih akung dan suka dipanggil dengan namanya, niscaya lama-lama juga jinak ko. Maka, bagi pemula yang ingin memelihara jenis hamster satu ini, sebaiknya dihindarkan dari jangkauan anak-anak, soalnya kalau menggigit sanggup berdarah. Kalau buat orang cukup umur sih, ga masalah, tapi kalau buat anak kecil bisa-bisa nangis 7 hari 7 malam.

Hamster campbell biasanya hidup berkelompok, jadi jikalau kalian ingin memelihara tidakboleh spesialuntuk membeli satu ujung saja ya'. Untuk ukura tubuh rata-rata panjang tubuh hamster campbell cukup umur ± 11-15cm, dan umur siap anu-anu (kawin) sekitar 2-3 bulanan, sedangkan masa hamil 16-20 hari. Harga terbaru hamster campbell ialah Rp.20.000-35.000

2. Hamster Winter White


 Binatang hamster ialah binatang peliharaan paling terkenal di Indonesia setelah  6 Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu Beserta Harganya

Sesudah membaca jenis hamster Campbell, maka jenis yang selanjutnya ialah kembarannya si Campbel. Apa itu? Ya, beliau ialah hamster Winter White dari padang rumput bersalju di tempat utara Kazakhstan dan Sidiberia atau kerdil putih rusia, yang nama latinnya ialah phodopus sungorus sungorus.

Mereka berdua mempunyai kesamaan dalam hal ukuran, sama-sama kerdil. Kesamaan diberikutnya ialah penampilan dan juga karakter. Samam-sama suka menggigit dan galak. Meskipun demikian, si WW (Winter White) akan sangat setia dan berbakti kepada pemiliknya apabila sudah dijinakkan dan berhasil mengambil hatinya. Wah, agak lebay juga ya, tapi memang demikian adanya.

Lalu apakah perbedaan hamster Campbell dan Winter White? perbedaannya ada pada sifat, ukuran dan variasi warna. Winter White mempunyai sifat pemalas, sedangkan Campbel aktif, kemudian tubuh Winter White lebih kecil (sekitar 9-12 cm) dan spesialuntuk mempunyai 3 variasi warna, yaitu warna normal (putih salju), pearl dan sapphire. Uniknya, ketika beliau berada dihabitat aslinya (salju) maka seluruh bulunya akan berkembang menjadi warna putih, itulah mengapa beliau disebut sebagai (Winter White). Harga terbaru Winter White  Rp.30.000-Rp.35.000

3. Jenis Hamster Emas Syrian


 Binatang hamster ialah binatang peliharaan paling terkenal di Indonesia setelah  6 Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu Beserta Harganya

Syirian dengan nama latinnya mesocricetus auratus, ialah jenis hamster yang berasal dari negara Suriah, tepatnya di Aleppo. Selain sebutan syirian, beliau juga biasa dipanggil hamster emas, alasannya ialah bulunya yang berwarna keemas-emasan.

Perbedaan hamster emas dengan jenis lainnya yang mencolok terdapat pada besar tubuhnya, dan bulunya. Mengapa? Karena hamster syirian ialah hamster terbesar di antara hamster lainnya, dan juga bulunya paling tebal daripada jenis lainnya, makannya kadang beliau juga disebut sebagai hamster anggora. Yang terperinci syirian sangat cocok dipelihara oleh siapa saja, lantaran beliau tidak terlalu kecil. Selain itu, beliau juga simpel dijinakan serta tidak suka menggigit.

Bagi Anda yang tertarik untuk merawat hamster ini, maka siapkan saja kantong yang cukup, alasannya ialah perawatan hamster ini tergolong mahal, apalagi di Indonesia hamsters syirian juga kurang terkenal tapi Insyaallah banyak tersedia di toko-toko hewan.

Karakter hamster syirian ialah kebalikan dari hamster campbell, lantaran syirian sangat lambat, mungkin keberatan tubuh kali ya' haha. Bayangkan besar tubuhnya saja sanggup 16-20cm. Wadau..

4. Jenis Hamster Panda


 Binatang hamster ialah binatang peliharaan paling terkenal di Indonesia setelah  6 Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu Beserta Harganya

Hamster panda mempunyai corak unik ibarat panda, namun dibalik keunikannya bergotong-royong beliau sangat bandel dan suka menggigit. Maka tidakboleh diberikan jenis hamster ini pada anak-anak.

5. Jenis Hamster Roborovski


 Binatang hamster ialah binatang peliharaan paling terkenal di Indonesia setelah  6 Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu Beserta Harganya

Dari sekian jenis hamster yang sudah hobinatang sebutkan ternyata masih ada hamster yang ukurannya paling kecil di dunia, yaitu hamster Roborovskis (Phodopus roborovskii). Sering juga disebut dengan hamster Mongolia, alasannya ialah beliau berasal dari tempat Mongolia Timur tepatnya di utara daratan Cina. Selain itu, Roborovski juga spesies hamster yang tercepat dari tiruana jenis hamster.

Habitat aslinya ialah di gurun gobi dan padang pasir, kebiasaan mereka yaitu menggali lubang di antara 60 hingga 200 cm dibawah tanah untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Entah mengapa jenis Roborovski sangat banyak diminati masyarakat Indonesia terutama anak-anak, mungkin lantaran bentuknya yang menggemaskan dan lincah, sehingga lezat diajak main dan juga suka berlarian di mainan-mainan yang tersedia di kandangnya.

Sejauh ini, hamster Roborovski spesialuntuk mempunyai 2 macam warna, yaitu normal dan white face. Menurut pecinta hamster yang ada di forum-forum facebook, Roborovski mempunyai banyak kelebihan, diantaranya: lincah, tidak suka menggigit, harga terjangkau (bagi yang punya banyak uang :v). Sedangkan belum sempurnanyanya ialah penakut dan susah ditangkap. Karena selain badannya yang kecil, beliau juga sangat aktif sehingga kalau kabur sanggup secepat kilat.

6. Hamster Hybrid


 Binatang hamster ialah binatang peliharaan paling terkenal di Indonesia setelah  6 Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu Beserta Harganya

Hamster Hybrid ialah hamster jadi-jadian. What? Tidak-tidak gusy spesialuntuk becanda.

Hamster Hybrid ialah hasil dari kawin persilangan antara hamster campbell dengan winter white, itulah sebabnya kami sempat menyebutnya dengan jadi-jadian, lantaran memang bukan lahir secara alamiah atau bukan jenis hamster secara murni.

Banyak penghobi hamster yang merasa kesusahan ketika memelihara jenis hybrid ini, alasannya ialah sangat susah dipelihara dan harganya juga mahal. Mengapa mahal? harga mahal lantaran memang susah dikembangkan. Apalagi berdasarkan para saksi pembudidaya-pembudidaya hamster, katanya Hybrid rawan terkena serangan penyakit ibarat tumor diabetes dan lain-lain.

Untuk ciri-ciri hamster lebih ibarat kepada winter white dari segi karakter, adapaun dari segi warna, hybrid bulunya berwarna emas kadang juga ada yang krem pudar bercampur dengan warna abu-abu halus dan garis putih di punggung warna krem pudar itu.

Baca juga: 15 Jenis Kucing Ras Paling Lucu Beserta Harga Terbaru 2018

Itulah ke 6 jenis hamster di Indonesian yang paling lucu dan imut, dan juga disertai harga-harga di setiap jenisnya. Dari mulai paling mahal hingga murah. Semoga data ini sanggup memmenolong Anda dalam menentukan binatang peliharaan imut ini. Thansk [sumber: wikipedia.com] Maaf apabila ada kesalahan harga dan gambar.

Post a Comment for "6 Jenis Hamster Di Indonesia Yang Paling Lucu Beserta Harganya"