Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Macam Jenis Burung Kolibri Terlengkap

Di Indonesia, Burung Kolibri cukup dikenal dan mempunyai banyak peminat. Berukuran sekitar 6.5 cm mempunyai bulu berwarna cerah. Asal burung ini ialah Amerika Selatan dan Amerika Utara. Sehingga tidak mengherankan apabila burung ini banyak ditemukan di Hutan Amazon Amerika Selatan.

 Burung Kolibri cukup dikenal dan mempunyai banyak peminat Berbagai Macam Jenis Burung Kolibri Terlengkap

Kemungkinan di Indonesia yang dimaksud dengan Burung Kolibri ialah Burung Madu yang notabene-nya berasal dari Afrika. Burung Madu dan Burung Kolibri walaupun menyerupai namun sangat tidak sama baik dari segi pengklasifikasiannya, maupun asalnya.

Daya Tarik Burung Kolibri
Burung Kolibri dikenal sebagai salah satu burung yang unik, mempunyai kemampuan terbang yang tidak biasa mulai dari kecepatan dan metodenya. Burung ini bisa terbang di daerah dan juga bisa melaksanakan atraksi menyerupai terbang secara vertikal. Burung yang bisa terbang sampai 54 KM per jam ini mempunyai bulu yang terlihat cerah dan berwarna-warni, mulai dari warna merah, kemudian ada juga yang mempunyai adonan kuning dan biru serta hijau layaknya pelangi (baca juga: cara biar kolibri gacor).

Jenis Kolibri
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada kesalahpahaman penafsiran antara Burung Kolibri dan Burung Madu. Walau demikian, kita akan mencoba mengulas beberapa jenis Burung Madu yang dianggap sebagai Burung Kolibri.

A. Burung Kolibri Sepah Raja
Burung Kolibri Sepah Raja atau Burung Madu Sepah Raja mempunyai paruh berwarna hitam, di bab kepala, terutama di bab depan berwarna biru, kemudian setengah punggung dan setengah bab dada sampai perut berwarna merah. Setengah akup ke belakang dengan buntut berwarna coklat kehitam-hitaman. Dan, mempunyai warna abu-abu di bab perut sampai pantat.

B. Burung Kolibri Kelapa atau Burung Kolibri Manggar
Burung Kolibri Kelapa atau Burung Madu Kelapa dikenal juga dengan istilah Burung Kolibri Manggar. Untuk mengenali burung ini bahwasanya tidak terlalu susah alasannya ialah mempunyai warna bulu yang cukup khas.

Di bab pipi kita akan melihat warna hijau petang dan di kepala bab atas berwarna biru petang. Dimulai dari awal paruh bab bawah sampai ke leher terdapat garis berwarna biru jelas yang dipadukan dengan warna putih. Di leher bab bawah sampai ke dada burung ini mempunyai warna bulu abu-abu keputih-putihan.

Di bab dada sampai ke pantat, burung berwarna kuning. Sedangkan akup dan punggungnya berwarna bubuk petang.

Burung ini dinamakan Kolibri Kelapa alasannya ialah sangat suka hidup di kebun, sering ditemukan menghisap madu dari bunga kelapa.

C. Burung Kolibri Ninja
Burung ini sedikit tidak sama dengan Burung Kolibri lainnya alasannya ialah secara umum dikuasai berwarna petang. Di kepalanya, di bab atas kita akan melihat gabungan warna kuning hijau dan biru. Kemudian lehernya berwarna hitam. Bagian dada berwarna merah petang/terang dan bab punggung serta buntut berwarna biru kehitam-hitaman (baca: kolibri ninja jantan).

Burung Kolibri Ninja ialah salah satu spesies yang banyak disukai oleh breeder atau peternak burung.

D. Burung Kolibri Sriganti atau Sogok Ontong
Burung Kolibri Sogok Ontong atau Burung Kolibri Sriganti mempunyai ciri-ciri warna kuning yang dominan. Warna bulu di bab kepalanya, kuning dan di bab dagu, mata, serta leher berwarna hitam dengan transisi berwarna biru sampai dada. Selanjutnya dari dada sampai ke pantat burung ini mempunyai bulu warna kuning.

E. Burung Kolibri Tasik
Sesuai dengan namanya, Burung Kolibri ini banyak ditemukan di Jawa Barat. Ciri-cirinya, burung ini mempunyai warna merah jelas dan warna pink di bab dada sampai perut. Dibagian kepala, Burung Kolibri Tasik mempunyai variasi warna kuning biru dan hijau (pelangi).

Sedangkan untuk burung betina, didominasi dengan warna abu-abu hitam dan di bab perut terdapat warna kuning pastel.

F. Burung Kolibri Wulung
Kolibri Wulung disebut juga Kolibri Kaca. Burung ini mempunyai warna orange di bab leher sampai dada dan berwarna kuning pastel di bab perut sampai pantat. Sedangkan kepala dan akupnya terlihat mengkilat mempunyai adonan warna hijau dan biru.

Burung Kolibri Lebah
Warna Burung Kolibri Lebah sangat susah dideskripsikan. Walau demikian, ciri-ciri yang paling praktis untuk membedakannya dengan Burung Kolibri yang lain, burung ini mempunyai warna yang tidak teratur mulai dari biru, hijau, kuning dan orange.

Warna-warna tersebut membentuk batik di sekujur tubuhnya mulai dari kepala sampai buntut.

G. Burung Kolibri Jawa
Burung yang satu ini dikenal sangat menyerupai dengan Burung Cabe Jawa sehingga kita harus lebih teliti untuk bisa membedakannya. Perawakan burung ini tampak lebih bundar dibandingkan dengan Burung Kolibri lainnya. Di bab kepala sampai dada dan punggung, burung ini didominasi dengan bulu warna merah. Sedangkan setengah akupnya berwarna kecoklatan. Bagian buntut burung ini berwarna kemerah-merahan. Dan, pada bab perut sampai ke pantat, burung ini didominasi dengan bulu warna putih (baca: makanan kolobri).

Post a Comment for "Berbagai Macam Jenis Burung Kolibri Terlengkap"