Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burung Jalak Putih Yang Istimewa

Burung Jalak yang dikenal di Indonesia cukup banyak jenisnya mulai dari Burung Jalak Putih, Burung Jalak kerbau, Burung Jalak suren, Burung Jalak Bali, dan lain-lain. Burung-burung Jalak tersebut banyak ditemukan di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Kalimantan, Madura, Sulawesi dan bahkan di Pulau Bali.

Suara ialah salah satu daya tarik burung ini, sehingga banyak diburu oleh para pecinta burung. Baik itu pencinta burungkicau maupun para penghobi yang ingin membudidayakannya. Suara burung ini populer sangat kencang, memekakkan pendengaran dan bahkan terkesan ramai atau ribut sepanjang hari.


Banyak peternak menyampaikan bahwa Burung Jalak Putih berada di antara Burung Jalak hitam (Burung Jalak kerbau) dan Burung Jalak suren. Maksudnya adalah, burung ini berada di nomor dua sebagai burung yang paling disukai sehabis Burung Jalak suren.

A. Ciri-ciri Jalak Putih
Untuk mengidentifikasi burung ini, bahwasanya tidak terlalu susah. Mengingat burung ini hampir seluruh tubuhnya dibalut bulu berwarna Putih yang kemudian menjadi ciri khasnya. Walau demikian, kita masih dapat menemukan warna lain menyerupai warna kuning, warna orange atau warna gading dan warna hitam di beberapa bab tubuhnya.

Di bab paruh, kulit di sekitar mata, dan kaki burung ini didominasi dengan warna kuning gading.
Kemudian pada bab kepala, bab tenggorokan, bab perut dan di bawah buntut serta setengah di bab punggung didominasi dengan warna Putih.

Warna hitam spesialuntuk ditemukan pada bab tengah akup sampai ujung akup selain pada bab tengah punggung sampai buntut. Apabila akup sedang menutup, biasanya kita akan melihat warna Putih di ujung akup tersebut sempurna di awal buntut.

B. Makanan Jalak Putih
Di habitat aslinya, burung ini menyukai serangga, telur serangga, binatang-binatang kecil, cacing, biji-bijian dan beberapa buah-buahan. Namun ketika sudah di tangkar burung ini seringkali dilatih atau didiberikan masakan berupa voer,jangkrik, kroto, buah-buahan dan biji-bijian termasuk pisang dan pepaya.

Burung yang akan dijadikan sebagai indukan biasanya akan didiberikan masakan ekstra berupa jangkrik atau kroto dalam jumlah yang sangat banyak mengingat ukuran burung yang cukup besar. Dua buntut Burung Jalak biasanya didiberikan sampai 20 buntut jangkrik dalam sehari. Namun apabila terbiasa dengan kroto, biasanya dua burung tersebut akan didiberikan 4 sendok makan kroto setiap hari atau 3 x dalam seminggu.

C. Perawatan sehari-hari
Kandang
Ukuran Burung Jalak setidaknya mempunyai panjang 23 cm, atau kurang atau lebih sedikit. Oleh lantaran itu, ukuran kandangnya pun harus besar. Beberapa orang membuat sangkar atau sangkar burung ini dengan ukuran lebar 1 meter panjang 1 meter dan tinggi 2 meter.

Diantara beberapa hal yang harus anda ingat ketika membuat sangkar antara lain, cobalah menerapkan beberapa tanaman alami atau pepohonan kecil di dalam sangkar untuk mempersembahkan kesan menyerupai alam liar, tidakboleh lupa juga menempatkan kolam atau daerah mandi.

Kemudian apabila dimaksudkan untuk dikembangbiakan, sebaiknya anda menyediakan masukang yang terbuat dari kotak contohnya dengan ukuran, 30 x 30 x 40 cm di dalam kandang.

D. Tips Menjodohkan Burung Jalak Putih
Apabila anda memdiberi Burung Jalak secara terpisah baik jantan dan betina, ada baiknya anda mengetahui beberapa tips dan trik dalam menjodohkan burung.

Diantara beberapa faktor yang paling mendukung ketika proses perjodohan berlangsung diantaranya adalah: faktor usia. Anda harus tahu bahwa burung jantan setidaknya berumur 1,5 tahun atau dua tahun ketika mulai dewasa. Sedangkan untuk burung betina setidaknya harus berumur 1 tahun.

Proses selanjutnya tidak jauh tidak sama dengan proses penjodohan burung burung lain. Kita akan memulai dengan mendekatkan sangkar burung jantan dan betina selama yang diharapkan sehingga mereka saling mengenal dan saling menyukai satu sama lain.

Sesudah burung terlihat cocok dan berjodoh, selanjutnya burung betina akan kita masukkan terlebih lampau ke dalam penangkaran sambil tetap mendekatkan sangkar burung jantan. Sesudah burung betina terbiasa atau sudah menyesuaikan diri dengan sangkar barunya, kemudian burung jantan dimasukkan atau disatukan di dalam sangkar yang sama.

Post a Comment for "Burung Jalak Putih Yang Istimewa"