Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Supaya Kacer Jawara Lomba

Agar Kacer bisa jawara lomba, diperlukan beberapa perlakuan, termasuk pemdiberian makan dan perawatan sehari-hari yang baik. Tentu saja memelihara burung yang akan dijadikan sebagai gacoan dalam lomba dihentikan dirawat secara sembarangan. Sebelumnya sudah kami bahas tips mengatasi kacer mbagong, dan kali ini kami diberikan tips semoga kacer jawara.

Jika anda tertarik dan ingin mengetahui beberapa tips terkena cara merawat Kacer semoga bisa jawara dalam lomba-lomba, diberikut yaitu beberapa masukan untuk anda.

 termasuk pemdiberian makan dan perawatan sehari Tips Perawatan Agar Kacer Jawara Lomba

Perawatan Harian

A. Kerodong
Jika anda ingin burung bisa fit atau selalu baiklah pada ketika lomba berlangsung, sebaiknya anda rajin-rajin mengkrodong burung tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memaksa burung semoga ia diberistirahat secara total dan bisa mempersembahkan kemampuan terbaiknya pada ketika diperlukan nanti.

B. Pemdiberian Makan
Pemdiberian makan yang dimaksud adalah, pemdiberian extra food (EF) berupa jangkrik, ulat hongkong (UH), kroto, dll. Makanan extra ini harus berfungsi untuk menambah stamina dan bukan sebaliknya, membuat burung menjadi over birahi. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan jumlah serta waktu pemdiberiannya.

Untuk pemdiberian pakan sehari-hari, masakan perhiasan berupa jangkrik bisa didiberikan 2 sampai 5 buntut jangkrik pada pagi dan sore hari.

Namun, menjelang lomba, anda bisa menambah porsinya. Misalnya, 5 buntut di pagi hari, 5 lagi pada siang hari, dan 5 jangkrik lagi pada sore hari.

Selain itu, pemdiberian kroto juga sebaiknya tidak terlalu banyak. Anda biasa mempersembahkan 1 sendok teh di pagi dan sore hari (baca: rahasia masakan kacer).

C. Setting Harian
Dan yang dihentikan dilupakan bila anda ingin merawat Burung Kacer yang dipersiapkan untuk lomba adalah, setting-an hariannya. Maksimal 3 hari sebelum lomba, perlakuan di pagi hari bisa sedikit tidak sama dengan perlakuan biasanya.
1. Mulailah dengan mengangin-anginkan burung selama 15 menit, kemudian dimandikan dan dijemur tidak lebih dari 1 jam.
2. Sesudah itu, burung diangin-anginkan kembali selama kurang lebih 30 menit kemudian makan berupa jangkrik, serta ulat hongkong.
3. Takaran untuk pakan, anda bisa mempersembahkan 5 buntut jangkrik di pagi hari, disertai 5 buntut ulat hongkong dan 1 sdt (sendok teh) kroto.
4. Selanjutnya, burung diistirahatkan sambil dikerodong.
5. Pada siang hari, anda bisa mempersembahkan 5 buntut jangkrik dan 5 buntut ular hongkong.
6. Di sore hari contohnya pada 15.00, anda bisa mengangin-anginkan kembali burung tersebut selama 30 menit kemudian dimandikan dan dijemur selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam.
7. Untuk sore hari, pakan extra juga bisa didiberikan 5 buntut jangkrik kemudian ditambah dengan 5 buntut ulat hongkong, serta 1 sendok teh.
8. Kemudian di malam hari, burung harus full kerodong sambil diperdengarkan master sampai esok pagi.

Demikian tips merawat burung kacer jawara, semoga bisa menjadi salah satu tips yang berharga buat perawatan kacer keakungan anda.

Post a Comment for "Tips Perawatan Supaya Kacer Jawara Lomba"