Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Burung Lovebird Yang Ngeruji

Perilaku lovebird yang ngeruji sering kali merugikan sang pemilik, apa lagi ketika itu ialah ketika lomba atau event burung. Tentu saja sangat merugikan pemilik burung, lantaran apabila burung tersebut ngeruji maka juri lomba akan mempersembahkan nilai jelek pada burung tersebut.

Biasanya sikap ini ditandai dengan kondisi burung yang tidak ingin berkicau, selain itu burung akan enggan berdiam di tangkenteng. Ia tidak akan mau untuk berkicau dan berdiam di tangkenteng, tapi Ia akan berdiam diri dan melekat pada pinggir sangkar kemudian menempelkan tubuhnya pada ruji-ruji sangkar.

Perilaku lovebird yang ngeruji sering kali merugikan sang pemilik Teknik Mengatasi Burung Lovebird yang Ngeruji

Mengatasi Perilaku Lovebird yang Ngeruji
Untuk mengatasi lovebird yang ngeruji bekerjsama gampang-gamapang susah. Kenapa gampang-gampang susah? Karena pada situasi ibarat ini burung sedang mengalami over birahi, keadaan tersebut ialah keadaan dimana keadaan birahi sang burung sedang meningkat.

Untuk mengatasi keadaan ini sebaiknya Anda lakukan cara-cara diberikut:

1. Meniadakan extra food 
Beberapa extra food akan membuat birahi burung meningkat, hal itu disebabkan lantaran zat dalam kuliner tersebut bisa untuk merangsang birahi burung. Adapun kuliner yang dimaksud ialah kwaci, sawi, kangkung, dan jagung muda, jadi untuk untuk mengatasi sikap ngeruji pada burung sebaiknya Anda tiadakan makanan-makanan tersebut.

Setiap harinya Anda bisa memdiberinya kuliner utama ibarat millet puih dan air putih saja, kalau keadaan birahi burung sudah normal maka Anda bisa mempersembahkan extra food tadi pada burung Anda. Lebih cantik bila didiberikan multivitamin komplemen untuk menormalkan kondisi burung, yakni dengan OrBird salah satunya.

2. Mengawinkan lovebird
Teknik ini dinilai ampuh untuk menurunkan birahi sang burung, namun untuk mengawinkan burung ini tidak segampang yang Anda bayangkan. Hal itu dikarenakan burung ini tidak mempunyai preferensi khusus dalam menentukan pasangannya ketika di sangkar soliter, untuk mengatasi itu tiruana Anda bisa menempatkan burung ini di sangkar koloni.

Dalam sangkar koloni sang burung akan bebas menentukan pasangan mana yang akan mereka kawini, namun kalau Anda sudah berpengalaman Anda bisa menjodohkan burung ini dengan indukan yang sudah matang. Untuk indukan sendiri Anda bisa memakai indukan jantan atau pun betina dengan kimasukan umur sekitar 8 bulan.

3. Mengubah posisi tangkenteng 
Untuk mengatasi lovebird yang ngeruji Anda bisa mengubah posisi tangkenteng, Anda bisa mengubah posisinya menjadi lebih mepet ke jeruji sangkar. melaluiataubersamaini cara ini burung akan sering hinggap ke tangkenteng, dengan cara itu burung akan lebih nyaman dan sesekali berkicau.

Untuk mengatasi burung yang ngeruji Anda bisa gunakan ketiga cara ampuh di atas, tapi yang penting ialah ketika si burung sudah masuk masa kawin maka segeralah kawinkan Ia dengan pasangannya. Tujuannya untuk menghindari insiden ngeruji atau over birahi pada burung.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Burung Lovebird Yang Ngeruji"