Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Burung Kenari Sakit Mata / Matanya Infeksi Dan Lembap (Snot)

Bagi teman akrab kenari mania mungkin sedang mengalami sebuah dilema pada kenari keakungan anda, yakni kenari matanya membengkak dan berair, maka harus segera dilakukan penanganan atau pengobatan. Silahkan simak artikel kali ini yang akan mengulas wacana tips pengobatan untuk burung kenari yang matanya bengkak. Bagi teman akrab kenari mania yang pertama menemui penyakit yang guah ini, tentu merasa kaget dan kasihan lantaran mata kenari yang biasanya normal sekarang jadi besar atau bengkak.

Bagi teman akrab kenari mania mungkin sedang mengalami sebuah dilema pada kenari keakungan and Teknik Mengobati Burung Kenari Sakit Mata / Matanya Bengkak Dan Berair (SNOT)

Pada umumnya kenari yang matanya infeksi terlihat terang bahwa matanya membesar serta matanya berair. Selain itu, yang sering dilakukan yaitu menggeser/menggosokkan kepalanya itu pada dinding sangkar. Kondisi mata infeksi pada kenari apabila terus dibiarkan, maka akan semakin parah dan bahkan bisa menimbulkan kenari stres. Sebenarnya penyakit ini tidak spesialuntuk menyerang pada burung kenari saja, burung kicau lainnya juga pernah mengalami hal yang sama, serta hewan ternak lainnya seperti: ayam, belibis dan lain sebagainya. Adapun penyakit mata infeksi ini disebut dengan penyakit "SNOT".

Apa itu SNOT? SNOT yaitu salah satu jenis penyakit yang menyerang potongan pernapasan, atau yang juga sering disebut dengan istilah "Coryza". Penyakit ini menimbulkan kenari suaranya ngorok dan serak. Penyakit ini disebabkan oleh basil jahat yang disebut dengan istilah "Haemophilus Palagalinarum". Perlu anda ketahui bahwa bankteri negatif apabila berada di luar badan burung kenari, maka akan sangat praktis mati sekitar 4 jam saja. Namun, apabila berada di dialam lendir, maka basil ini bisa bertahan hidup 1 hingga 4 hari. Akkibat dari penyakit ini yakni menimbulkan kondisi atau daya tahan badan burung kenari melemah, nafsu makannya menurun, dan kenari menjadi stres.

 Lalu mengapa hingga menyerang mata dan menimbulkan mata membengkak? Mata infeksi dan basah ada kenari dikarenakan terjadi infeksi pada jalan masuk pernafasan di potongan atas, atau yang sering disebut dengan istilah "ISPA". Kemudian kenari sering kali menggosok-gosokkan kepalanya, terkhusus potongan matanya, sehingga menimbulkan matanya merah dan bengkak. Karena kondisi menyerupai inilah yang menimbulkan kenari nafsu makannya menurun, dan apabila tidak segera diobati maka bisa-bisa kenari akan mati. Oleh lantaran itu, diberikut ini bisa anda ikuti langkah-langkah pengobatan pada burung kenari yang matanya bengkak.

Teknik mengobati kenari sakit mata:
  1. Pertama-tama, pisahkan kenari yang sakit mata ini dengan kenari lainnya, hal ini dimaksudkan supaya penyakitnya tidak menular pada kenari lainnya.
  2. Untuk sementara, tidakboleh lakukan penjemuran kenari.
  3. Sebaiknya sangkarnya dikerondong, atau taruh sangkar di dalam rumah hingga benar-benar sembuh.
  4. Lakukan penyemprotan desinfektan pada sangkar kenari atau dengan air gerah setiap hari.
  5. Pastikan kandanga kenari harus selalu membersihkan.
  6. Berikan obat salep mata Oxytetracycline atau secara teratur, yakni 3 kali sehari.
  7. Sebaiknya juga didiberikan minuman matang yang dicampur dengan vitamin OrBird.
  8. Biasanya dalam 2 minggu, mata kenari sudah mulai membaik.
  9. Apabila penyakit ini masih belum juga sembuh, maka segera bawa ke dokter terdekat.

Demikian sedikit klarifikasi dari kami terkena tips cara mengobati kenari sakit mata, semoga kenari yang mengalami sakit mata bisa segera sembuh. Silahkan lihat artikel menarikdanunik lainnya, yakni perihal: suara kenari dan penyebab kenari tidak mau kawin.

Post a Comment for "Cara Mengobati Burung Kenari Sakit Mata / Matanya Infeksi Dan Lembap (Snot)"