Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Ciblek Yang Sering Mencabuti Bulunya Sendiri

Perilaku Ciblek memang sering kali membuat pemiliknya tertawa alasannya ialah kelucuannya. Namun, tidak sedikit juga sikap burung ini membuat pemiliknya jengkel dan kesal. Perilaku mencabuti bulu misalnya. Perilaku ini memang tidak begitu membahayakan, khususnya untuk kesehatan dan performa. Tapi bila terus dibiarkan, burung pun akan mengalami kebotakan.

Perilaku Ciblek memang sering kali membuat pemiliknya tertawa alasannya ialah kelucuannya Mengatasi Ciblek yang Sering Mencabuti Bulunya Sendiri

Mengatasi Ciblek yang sering mencabuti bulunya sendiri pun mempunyai banyak metode. Beberapa ialah metode alami, sedangkan sisanya ialah metode dengan memakai obat khusus.  Tapi, sebelum Anda memilih metode apa yang harus digunakan, sebaiknya carilah dulu apa yang menjadikan burung ini gemar mencabuti bulunya.

Dari beberapa kasus. Ada sedikitnya 3 alasan utama yang membuat burung ini mencabuti bulunya sendiri. Pertama, burung mengalami over birahi (OB). Dan yang kedua, sanggup jadi alasannya ialah gangguan benalu ibarat kutu, tungau, atau sejenisnya. Dan yang terakhir, burung tersebut mengalami kondisi stres yang berlerbihan.

Teknik Mengatasi Ciblek yang Sering Mencabuti Bulunya Sendiri
Di bawah ini ialah rangakaian cara yang sanggup dipakai untuk mengatasi burung yang gemar mencabuti bulunya sendiri:

Menagatasi Burung yang Gemar Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi
Over birahi ialah kondisi dimana burung mengalami peningkatakan kadar birahi yang berlebihan. Akibatnya, kesimbangan hormon dan sikap burung pun berubah. Salah satunya ialah mencabuti bulu ini. Solusinya, lakukan peerawatan rutin secara intensif, khususnya perawatan mandi. Serta kurangi asupan extra food (EF) atau makanan ektra, khususnya yang sanggup memicu OB itu sendiri.

Mengatasi Burung yang Gemar Mencabuti Bulu Akibat Parasit
Selain birahi, benalu ibarat kutu dan tungau ialah penyebab utama burung suka melaksanakan sikap ini. Jika penyebabnya ialah hal ini, maka tips terbaik mengatasi Ciblek yang sering mencabuti bulunya sendiri ialah dengan menghilangkan kutu atau tungau tersebut dari tubuhnya.

Adapun untuk cara dan penerapannya sendiri ialah diberikut:
1. Pertama, pindahkan burung ke kandang khusus yang sudah disiapkan. Dan jauhkan Ia dari jangkauan burung sejenis.
2. Lalu, mandikan burung dengan air dan adonan obat kutu dan tungau.
3. Berikan pakan yang bernutrisi.
4. Hindari ulat hongkong, dan minimalisir pemdiberian EF lainnya.
5. Jika burung belum benar-benar menghentikan sikap ini, hindari pertemuan antar burung, khususnya yang sejenis.
6. Teknik ini sanggup dilakukan berulang kali hingga burung berhenti melaksanakan sikap ini.

Mengatasi Burung yang Mencabuti Bulunya Sendiri Akibat Stres
Jika penyebabnya ialah stres, maka cara terbaik ialah dengan memindahkan burung ke daerah yang lebih ideal, tenang, dan terhindar hal-hal yang sanggup menciptakannya stres, termasuk perawatan yang sembarang.

Itulah tadi cara mengatasi Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya sendiri. melaluiataubersamaini menerapkan cara di atas, pasti burung akan mengurangi kebiasaan buruknya. Bahkan bila dilakukan secara rutin, burung akan benar-benar menghentikan sikap buruknya ini.

Post a Comment for "Mengatasi Ciblek Yang Sering Mencabuti Bulunya Sendiri"