Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjinakan Kelinci Yang Baik Dan Tepat

Teknik menjinakkan kelinci- Di kala digital dikala ini ternyata masih banyak yang menggemari binatang kelinci untuk dijadikan peliharaan di rumah. Hal itu tak lepas lantaran kelinci mempunyai bentuk fisik yang lucu dan lembut. Selain itu karakternya juga pendamai. Dia tidak suka menggigit ownernya layaknya binatang peliharaan anjing, musang atau ular.

Meski demikian ternyata ada berapa kelinci yang mempunyai abjad galak alias tidak jinak pada pemiliknya. Biasanya kelinci tersebut berjenis anggora atau kelinci liar. Namun tidak memungkinkan jenis-jenis lainnya juga dapat galak. Misalnya jenis fuzzy lop, rek dan lain-lain sebagainya.

Baca: 18+ Jenis Kelinci Hias Paling Bagus di Indonesia

Oleh alasannya yaitu itu di sini hobinatang.com punya tips bagaimana cara melatih kelinci semoga jinak dan nurut. Tutorial yang akan ditulis di bawah ini bukan sekedar tutorial. Akan tapi sudah banyak dibuktikan oleh para pecinta kelinci yang dulunya mempunyai kelinci galak.

Baiklah silahkan simak langkah-langkah dibawah ini ihwal cara menjinakkan kelinci liar, kelinci anggora atau jenis kelinci lainnya yang bersifat tidak nurut dikala mau dipegang dan diambil.

Teknik Menjinakan Kelinci dan Melatih Kelinci Agar Jinak


 Di kala digital dikala ini ternyata masih banyak yang menggemari binatang kelinci untuk dija Teknik Menjinakan Kelinci yang Baik dan Tepat

Banyak anggapan jikalau kelinci bukan binatang yang pintar menyerupai anjing atau kucing. Yang mana keduanya simpel dijinakkan. Namun pada kenyataannya kelinci juga dapat dilatih dan dijinakkan dengan simpel oleh pemiliknya. Makara tidakboleh frustasi untuk mencoba.

Di samping itu kalian perlu tahu bahwa setiap kelinci mempunyai alasan masing masing kenapa beliau jadi galak, suka mencakar dan menggigit dikala mau dipegang. Sebab tidak tiruana kelinci mempunyai sifat galak semenjak lahir. Ada pula yang galak lantaran birahi (ingin kawin), galak lantaran belum kenal pemilik barunya, galak lantaran mau melahirkan sehingga sensitif atau ada pula yang galak lantaran tanpa alasan yang pasti.

Seperti yang ditanyakan oleh salah satu komunitas pencinta kelinci di grup,

"Maaf master master, mau tanya. Kelinci saya galak. Gimana cara buat kelinci jinak? Ini kelinci ku galak banget,suka gigit, nyakar,dan suka nerkam. Padahal waktu kecil baik banget"

Nah jikalau galaknya lantaran birahi atau mau melahirkan, sebaiknya kalian tidak perlu khawatir. Nanti juga akan kembali jinak. Tapi jikalau galaknya lantaran gres kenal, bawaan dari lahir atau galak tanpa sebab. Kalian harus menjinakannya dengan cara cara di bawah ini:

1. Kelincinya Sering Dipegang


Salah satu penyebab kelinci anda galak yaitu lantaran kurangnya pendekatan dari pemiliknya. Oleh alasannya yaitu itu sobat erat harus membiasakan diri untuk memegangnya secara rutin. Semakin sering anda memegang maka kelinci anda akan semakin kenal dengan anyir tangan Anda.

Kalau seandainya kalian takut digigit, silahkan menggunakan sarung tangan terlebih lampau. Jika sudah agak jinak sebaiknya dibuka sarung tangannya.

Baca juga: Teknik Melatih Kelinci Agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan

2. Sering Membelai Kelinci yang Galak


 Di kala digital dikala ini ternyata masih banyak yang menggemari binatang kelinci untuk dija Teknik Menjinakan Kelinci yang Baik dan Tepat

Fungsi poin kedua ini sama menyerupai poin pertama. Yaitu untuk melaksanakan pendekatan antara kelinci dan pemiliknya. Bedanya cara ini lebih ke penjiwaan. Membelai bulunya dari ujung kepala sampai buntut. melaluiataubersamaini begitu otomatis kelinci anda akan paham seberapa besar perhatian dan kasih akung Anda padanya.

3. Memdiberi Makan Kelinci Galak dengan Tangan


Istilah lain memdiberi makan kelinci dengan tangan yaitu handfeed. Dan sebetulnya tips ini sudah sangat umum dilakukan oleh pencinta binatang peliharaan di Indonesia maupun di luar negri. Karena cara ini sering digunakan untuk menjinakkan musang, sugar glider atau binatang hewan peliharaan lainnya.

Metode handfeed ini terbilang sangat ampuh untuk menjinakkan binatang termasuk kelinci, alasannya yaitu dengan mempersembahkan makanan menggunakan tangan si kelinci akan paham bahwa kita lah yang selama ini sudah merawat dan memdiberinya makan.

Baca: Daftar Makanan Kelinci

4. Memdiberikan Kebebasan Sebentar


Jangan selalu mengekang kelinci anda di dalam kandang. Ada saatnya kalian harus melepasnya di luar sangkar dengan bebas, alasannya yaitu dapat jadi kelinci anda galak lantaran stress akhir bosan hidup di dalam kandang. Akan tetapi perlu ada pengawasan supaya tidak kabur jauh, yang itu justru dapat membahayakan kelinci anda.

5. Merawat melaluiataubersamaini Penuh Kasih Sayang


 Di kala digital dikala ini ternyata masih banyak yang menggemari binatang kelinci untuk dija Teknik Menjinakan Kelinci yang Baik dan Tepat

INI cara terakhir bagaimana menjinakkan kelinci anggora atau kelinci liar. Kalian harus merawatnya dengan penuh kasih akung, tidak setengah-setengah. Artinya, kalian harus konsisten merawat kelinci meskipun kalian sedang sibuk di dunia nyata.

Karena biasanya orang orang spesialuntuk semangat merawat kelinci di awal awal saja. Selanjutnya beliau bosan, ditambah lagi jikalau ada kesibukan di luar. Mungkin kelincinya akan dirawat seenaknya. Misalnya jarang dimandikan, kandangnya jarang dimembersihkankan, jarang didiberi makanan yang bergizi dan lain lain.

Orang orang menyerupai ini kami sebut sebagai penghobi musiman. Dia spesialuntuk mengikuti animo atau spesialuntuk ikut ikutan kawannya yang memelihara kelinci tanpa didasari rasa cinta. Di samping itu kalian juga harus tahu bagaimana cara merawat kelinci yang baik.

Ok itu saja tutorial cara melatih kelinci semoga jiank. Poin poin di atas sudah banyak dipraktikkan hobiis dalam menjinakkan kelinci yang galak. Silahkan anda coba juga di rumah. Yang utama yaitu kesabaran. Bisa jadi cara di atas akan memakan waktu lama. Semua tergantung pada abjad kelinci Anda sendiri.

Post a Comment for "Cara Menjinakan Kelinci Yang Baik Dan Tepat"