Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Semoga Berpengaruh Dan Ganas

Hai teman bersahabat hobinatang.com, apakah kalian sudah tahu bagaimana cara melatih ikan cupang aduan supaya kuat dan menjadi juara ketika kontes? Kalau kalian belum tahu maka langkah anda membuka situs ini sangat tepat. Sebab kami di sini akan mengulas panjang lebar wacana tips melatih cupang aduan biar kuat dan jago dalam bertarung.

cara melatih ikan cupang aduan supaya berpengaruh Teknik Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Kuat dan Ganas

Perlu kalian ketahui bahwa metode yang akan saya bagikan ini bukan sembarangan metode, namun menurut pengalaman langsung dan para master cupang di Indonesia. Karena biasanya kami selalu sharing dan diskusi di grup-grup komunitas cupang petarung. So, harap perhatikan dengan seksama.

Tapi sebelumnya pastikan Anda sudah mempunyai ikan cupang aduan yang berkarakter. beliau berasal dari keturunan cupang petarung yang handal atau malah keturunan sang juara. Bagi anda yang belum mempunyainya silahkan baca dulu artikel, "ciri-ciri ikan cupang aduan yang bagus" dan "tips membeli ikan cupang petarung yang berkarakter" sebelum teman bersahabat hendak membelinya. Hal itu semoga kalian bisa menerima ikan cupang yang anggun untuk dilatih.

Teknik Melatih Ikan Cupang Aduan Agar Kuat


Pada dasarnya tiruana jenis cupang (khususnya cupang plakat/bagan) sudah mempunyai sifat liar atau suka bertarung semenjak lahir, namun meski demikian kita tetap perlu melatihnya hingga tubuhnya benar-benar berotot, sisiknya keras dan bisa lebih garang sehingga mempunyai mental juara.

Berikut ini ada 3 cara dasar dalam petes ikan cupang berkelahi supaya tangguh, mempunyai otot dan nafas yang kuat, sehingga bisa garang dan lincah:

1. Meletakkan Cupang Aduan di Wadah Khusus (Jantur)


Yups inilah cara pertama melatih ikan cupang aduan yaitu meletakkannya di wadah khusus atau bisa disebut proses jantur. Teknik ini berfungsi untuk melatih pernafasan cupang semoga bisa bertahan ketika terjadi berkelahi lisan dengan lawannya.

Bagi kami, tes Jantur itu sangat krusial, lantaran akan memmenolong dikala Cupang beradu mulut. Apabila cupang anda tidak berpengaruh nafasnya maka ia akan meronta dan memberontak semoga sang Lawan melepaskan cengkramannya. Hal itu lantaran ia tidak mempunyai nafas panjang. Bagaimana langkahnya?

  • Yang pertama-tama kalian harus menyediakan wadah berukuran P x L x T 20 cm x 20 cm x 100 cm. Bisa memakai akuarium atau yang lainnya. Bahkan ada salah satu mitra fb yang membuat alat jantur setinggi 1 m. Lihat ganbar di bawah ini:

cara melatih ikan cupang aduan supaya berpengaruh Teknik Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Kuat dan Ganas
Foto jantur by Azzura Bettasfish

  • Sesudah itu masukan air hingga hampir penuh, kira-kira 95 % nya.
  • Kemudian masukan ikan cupang di dalam wadah tersebut kemudian pancing beliau supaya mau naik turun. Biarkan si ikan di sana hingga 2, 3 atau 4 hari sambil dilatih terus biar naik turun.

Insyaallah dengan melakukannya secara bersiklus akan membuat nafasnya semakin bagus.

2. Membuat Arus Buatan di Dalam Toples untuk Melatih Otot Cupang


Sesudah melatih pernafasan maka selanjutnya yakni melatih otot cupang, sehingga ia mempunyai tenaga yang berpengaruh untuk menyerang lawannya dan kesudahannya bisa menang. Selain itu, tes "putaran arus" juga berfungsi untuk meningkatkan stamina, tempramental cupang laga yang kurang ganas dan daya tahan tubuhnya.

Untuk menguatkan otot cupang kita perlu melatih kekuatan berenangnya dengan menciptakankan arus buatan. melaluiataubersamaini demikian ia akan melawan arus yang kita buat. Lalu bagaimana langkah-langkahnya?

  • Sediakan toples kecil atau bisa juga dengan gelas besar dan bening. (harus berbentuk bulat)
  • Isilah gelas tersebut (tidakboleh terlalu penuh).
  • Sediakan  stik kayu atau 1 batang kayu kecil atau bisa juga pensil 2B.
  • Lalu masukan ikan cupang petarung ke dalam wadah yang sudah disediakan.
  • Kemudian putarlah secara perlahan-lahan dengan memakai stik kayu atau pensil hingga membentuk pumasukan kecil (untuk petes di hari pertama)
  • Untuk hari kedua, lakukan menyerupai sebelumnya namun putaran stik kayunya agak dicepatkan sehingga pumasukannya pun lebih cepat. (cara ini dilakukan selama 30 menit dalam 5 hari saja)

cara melatih ikan cupang aduan supaya berpengaruh Teknik Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Kuat dan Ganas

Perhatian, tidakboleh hingga stik yang anda putarkan terkena si cupang. Usahakan posisi cupang ada di dasar toples dan stiknya berada di atasnya. Bagi saya cara ini sangat sederhana dan efektif untuk merangsang otot ikan cupang aduan jadi kuat.


3. Meletakkan di Atas Piring dengan Ukuran Air Setengah Badan Cupang (Umbar)


cara melatih ikan cupang aduan supaya berpengaruh Teknik Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Kuat dan Ganas

Teknik melatih ikan cupang aduan yang terakhir yakni dengan menaruh cupang di atas piring dengan air setinggi setengah tubuh si ikan atau bisa orang menyebutnya "umbar". Langkah ini sanggup menguatkan otot ikan sekaligus melatih nafasnya sehingga akan menciptakannya lebih gesit, tangkas dan pukulan semakin berbobot. Meskipun agak ekstrem tapi tak masalah.

  • Sediakan piring sebagai media petesnya
  • Lalu letakkan cupang berkelahi di atas piring yang sudah meliputi air kira-kira setinggi setengah tubuh ikan.
  • Jika sudah, maka otomatis ikan akan bergerak dan berenang miring.

Lakukan cara di atas spesialuntuk 1 kali dalam seminggu dengan durasi spesialuntuk 60 menit, tidakboleh terlalu sering dan tidakboleh terlalu lama. Nanti justru malah akan mencederai si ikan. Sesudah 3 langkah di atas selesai, sebaiknya si ikan diistirahatkan 2-3 hari sebelum diadu.

Ingat dari cara di atas tiruana itu barulah cara-cara dasar dan yang tak kalah penting yakni perawatannya yang bagus. Insyaallah diberikutnya kami akan menuliskan tutorial lanjutan. Ditunggu saja. :)

Baiklah itu saja panduan dari kami wacana cara melatih ikan cupang aduan semoga kuat. Semoga spesialuntuk dijadikan wawasan dan tidak dipraktikan. :D Mengapa? Soalanya mengadu ikan cupang ialah perbuatan ilegal yang dihentikan oleh tiruana agama. So, admin di sini lepas dari tanggung balasan ya. hehe

Post a Comment for "Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Semoga Berpengaruh Dan Ganas"