Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjinakkan Musang Liar Atau Gres Beli (Khusus Pemula)

Musang liar atau musang yang gres dibeli dan umurnya sudah mencapai 3 bulan ke atas biasanya susah untuk dijinakkan bagi para pemula. Hal itu lantaran intinya musang yaitu binatang liar yang hidup di pepohonan. Namun, sesungguhnya melatih musang supaya jinak itu sangatlah simpel apabila kita mengetahui caranya, lantaran musang yaitu binatang yang cerdas dan pintar, maka tak heran kalau komunitas-komunitas musang sudah tersebar dimana-mana.

Bagaimana cara menjinakkan musang yang tepat?

Dear musang lovers, sebelum menjawaban pertanyaan di atas, sebaiknya perhatikan dulu poin-poin di bawah ini, lantaran Anda tidak akan pernah berhasil menjinakkan musang, baik jenis musang pandan, musang akar, musang bulan atau jenis musang lainnya sebelum tahap ini dilakukan:

1. Jangan Membeli Musang Jika Tidak Siap Menerima Resiko


Musang liar atau musang yang gres dibeli dan umurnya sudah mencapai  Teknik Menjinakkan Musang Liar atau Baru Beli (Khusus Pemula)

Banyak para pemula yang memelihara musang lantaran mengikuti tren atau sekedar ikut-ikutan teman dekat terdekatnya, sehingga membelinya pun terkesan dipaksakan tanpa ada niat untuk merawat. Nah kalau memang ibarat itu, maka jual saja musang yang gres anda beli, lantaran akan menyiksa si musang kalau kurang perawatan.

Memelihara musang itu harus mendapatkan resiko-resiko, ibarat digigit, dicakar dan kencing serta pup sembarangan, maka masukan dari kami untuk para pemula, belilah musang yang masih bayi kira-kira usianya di bawah 3 bulan lantaran gigitannya belum terlalu kuat, dan untuk menjinakkannya pun lebih gampang. Namun kalau anda terlanjur membeli musang yang liar atau masih galak, maka perhatikan poin diberikutnya.

2. Hilangkanlah Rasa Takut ketika Menjinakan Musang dan Bersabarlah

Musang liar atau musang yang gres dibeli dan umurnya sudah mencapai  Teknik Menjinakkan Musang Liar atau Baru Beli (Khusus Pemula)

Jauhkan perasaan takut anda terhadap musang ketika melatihnya, lantaran semakin banyak digigit maka akan semakin terbiasa, kalau sudah terbiasa maka pada balasannya ketika anda digigit musang, rasanya sudah ibarat digigit tiruant. Selain itu, kalian harus bersabar, lantaran untuk menjinakkan musang membutuhkan waktu 1 atau 2 pekan. Bahkan kalau kurang terbaik sanggup satu bulan lebih.

3. Merawat Musang melaluiataubersamaini Kasih Sayang


Hal ini memang terlihat agak lebay, namun si musang memang membutuhkan kasih akung dari kita. Semakin diakung maka ia akan semakin mengenal owner atau pemiliknya. Jangan sekali-kali memangkur (memotong sebagian atau seluruh gigi) musang lantaran spesialuntuk akan menyiksanya, bayangkan kalau gigi utama kita juga dipangkur, bagaimana rasanya?

4. Memdiberi Makan Musang melaluiataubersamaini Tangan Kita (handsfeed)


Untuk mempercepat proses penjinakkan maka sebaiknya kalian harus sering-sering memdiberi makan musang dengan cara disuapin, sebagaimana kita menyuapin si Dewi, tetangga sebelah.

Bukan spesialuntuk meletakkan makanan di sangkar kemudian ditinggal pergi. Mana kasih akung dan perhatiannya bro? hening bro, kalau ia dah seneng dan jatuh cinta, tidak bakal mengecewakan engkau ko'. So, jalan terbaik para jomblo yaitu memelihara musang.

5. Memdiberikan Nama pada Si Musang


Selain bayi, musang juga harus didiberi nama juga loh. Terserah mau dikasih nama Tarno, Surimi atau yang lainnya. Hal ini supaya si musang sanggup mendekat ketika dipanggil dengan namanya (bonding). Enak bukan?

Nah, itulah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum mempraktekan tips dan trik cara menjinakkan musang.

Teknik Paling Efektif Dalam Menjinakkan Musang Peliharaan


Teknik yang akan saya tulis ini hasil dari sharing kawan-kawan musang lovers di forum-forum facebook (Musang Lovers Indonesia). Tentunya ini sudah dipraktekkan oleh mereka, sehingga benar-benar efektif dan ampuh.

1. Yang pertama kali harus kalian lakukan yaitu melaksanakan pendekatan kepada musang, lantaran musang galak lantaran ia belum mengenal pemilik barunya. Sentuhlah pelan-pelan memakai kayu, botol atau semacamnya. Hal ini supaya terhindar dari gigitan, kalau memang sudah master mah tidak masalah.

2. Tarohlah pakaian bekasmu di dalam sangkar musang, supaya si musang mengenal kedaluwarsa pemiliknya. Bila perlu yang habis digunakan dan masih ada keringatnya. Jika digunakan pulas musang justru malah lebih bagus, meskipun sedikit jorok tapi tak apalah, demi musang.

3. Saat memdiberi makan dengan tangan atau ketika melaksanakan pendekatan, sebaiknya dengan hati-hati, perlahan dan tidak membuat si musang kaget. Karena binatang peliharaan yang satu ini simpel terkejut.

4. Ketika sedang memdiberi makan dengan tangan atau mengelus, sebaiknya tidakboleh takut atau kaget ketika si musang mau menggigit atau bersuara, lantaran sesungguhnya ia sedang menguji apakah kita ini musuh atau bukan. Sehingga kalau kita kaget, apalagi pribadi menarikdanunik tangannya sambil teriak, maka si musang tersebut akan menganggap kita sebagai musuh, dan proses penjinakannya sanggup lebih lama.

4. Biasakan memanggil nama si musang ketika memdiberi makan atau ketika santai. Jangan lupa untuk gosok gigi supaya nafas lebih segar.

5. Jika tahap satu hingga empat sudah paham, maka tahap diberikutnya yaitu membelai si musang sedikit demi sedikit, tidakboleh pernah ragu untuk melaksanakan ini. Jika anda merasa si musang lebih jinak, maka sanggup dilakukan eksperimen dengan menggendongnya di atas bahu kita.

Musang liar atau musang yang gres dibeli dan umurnya sudah mencapai  Teknik Menjinakkan Musang Liar atau Baru Beli (Khusus Pemula)

6. Apabila sudah sanggup digendong, cobalah untuk memandikan si musang, minimal 2 kali sehari. Karena dengan memandikan musang, akan menciptakannya lebih jinak.

7. Yang terakhir yaitu, lakukanlah proses penjinakan di atas dengan rutin, sabar dan terus berjuang. Nikmati terus prosesnya, kalau sudah berhasil anda juga yang senang, lantaran sanggup dibawa kemana-mana.

Nah, itulah 7 proses menjinakkan musang. Yang paling penting, kalian sanggup membaca pendapat para master musang wacana cara menjinakkan biar si musang sanggup akrab, diambil dari grup facebook Musang Lovers Indonesia, semoga bermanfaa.

Tips Menjinakkan Musang dari Komunitas Grup Facebook (MLI)


Teknik Menjinakkan Musang dari Ray Animale

Musang liar atau musang yang gres dibeli dan umurnya sudah mencapai  Teknik Menjinakkan Musang Liar atau Baru Beli (Khusus Pemula)

"Kalau mau menjinakkan musang remaja atau dewasa, maka proses pertama yang paling kondusif yaitu mempersembahkan makan hingga stabil dan mengebal dengan kita. Kemudian, menggunting kukunya, tapi hati-hati tidakboleh hingga kena pembuluh darahnya. Memotongnya sanggup dibawa ke dokter. Kemudian balut ajudan pakai glove kulit, kemudian pegang dan sentuh seluruh bab tubuh musang. 
Sesudah itu mandikan si musang, baik disemprot maupun diguyur. Ulangi terus hingga beberapa hari, kalau sudah lumayan, tarohlah dibadan terus menerus. Oh ya, supaya indera pendengaran kita tidak digigit maka pakai saja kupluk di kepala yang menutupi kuping, kalau yakin sudah tidak menggigit tidak pakai tidak masalah"

Teknik Menjinakan Musang dari LuckyYoga Adhiyana

"Susahnya menjinakkan musang ini ibarat yang saya alami dulu waktu pertama kali membelinya. Kalau mau erat dengan musang maka ketika di dalam sangkar tidakboleh posisikan tangan kita sempurna di depan wajahnya, lantaran itu artinya bahaya bagi si musang sehingga kalau sanggup ketika musang di dalam sangkar tangan kita pribadi menyentuh punggungnya sambil dibelai-belai.
Kalau musang membalikkan kepala dan seperti menggigit maka dihindarkan saja dan dielus lagi, pokoknya ibarat itu dibiasakan terus menerus, kalau masih galak maka tidakboleh meletakkan makanan di dalam kandang, sediakan saja pisang atau pepaya dan diiris sebesar lisan si musang kemudian disuapka satu persatu.
Kalau mau mengambil dan menggendong si musang maka tidakboleh pribadi diambil tubuh atau ujungnya lantaran niscaya ia pribadi pegangan dengan erat dan membuat si musang sanggup stres, yang benar yaitu tangan kita masuk ke antara kaki depan hingga ke paha belakang, nanti ia niscaya lepas pegangan dan pribadi memeluk tangan kita, pokoknya sering-sering di handsfeed dan digendong, itu versi saya lho..."

Teknik Menjinakkan Musang Versi Ode Lita

"Ketika saya membaca keluhan wacana musang-musang yang belum jinak dan suka menggigit hingga berdarah-darah, saya jadi teringat ketika menaklukan bobo. Dulu tangan saya memegang ujungnya dan tangan kiri mencoba membelai kepala belakangnya. Ketika ia mau menggigit, maka saya cepat-cepat menyodorkan ujungnya ke mulutnya balasannya diapun merasa kesakitan dan ia kapok balasannya jinak deh..."

Teknik Menjinakan Musang dari Saudara Egi Zainal

"Kalau mau menjinakan musang liar maka dilihat dulu usianya, misalkan kita sanggup musang yang remaja maka cara menjinakannya dengan sering memandikannya lantaran sanggup mengurangi insting kebuasannya, bertatapan pribadi ketika memdiberi makan lantaran sanggup mengenal pemiliknya."
Nah, balasannya selasai juga tips dan trik cara menjinakkan musang liar atau gres beli yang sangat efektif dan terbaik, disertai panduan lengkap dari komunitas MLI. Terimakasih mli atas referensinya #salamwangi

Post a Comment for "Cara Menjinakkan Musang Liar Atau Gres Beli (Khusus Pemula)"