Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Bulu-Bulu Burung Pleci Biar Selalu Manis Dan Indah

Burung pleci kini ini termasuk dalam golongan burung kicau yang penggemarnya sangat banyak di seantero raya dalam negeri. Paling tidak hamper tiruana kicau mania mengetahui bentuk burung pleci itu bagaimana, niscaya tiruana sudah mengetahuinya. Dan yang menjadi seru dan menarikdanunik yakni terdapat komunitas burung pleci di Indonesia yang kian meningkat. Jadi, biasanya selalu menyertakan burung pleci ke dalam daftar burung kicau lomba dalam even-even perlombaan.(baca: penilaian pleci dalam lomba)

Kita tiruana tahu bahwa burung pleci postur tubuhnya cukup kecil dan mungil,  meskipun begitu burung ini mempunyai banyak keunggulan yang sanggup memikat para penggemarnya. Keindahan pleci menampilkan pesona yang menawan, ditambah lagi dengan kicauannya yang merdu. Hal inilah yang membuat daya Tarik terhadap burung pleci semakin melambung tinggi.

Burung pleci kini ini termasuk dalam golongan burung kicau yang penggemarnya sangat ba Teknik Merawat Bulu-Bulu Burung Pleci Agar Selalu Bagus dan Indah

Burung pleci juga populer dengan suaranya yang lantang ketika berkicau, jadi sangat cocok kalau suaranya dipakai sebagai materi untuk memaster burung kicau yang lain. Banyak yang menganggap bahwa pleci ialah burung kicau yang cerdas, alasannya yakni termasuk praktis menirukan bunyi burung kicau lainnya kalau dimaster. Selain itu juga pleci mempunyai tembakan-tembakan yang khas dan tajam, sangat anggun kalau hal ini ditampilkan ketika lomba.(lihat: cara memaster pleci)

Di belahan tubuhnya terdapat bulu-bulu yang anggun kalau terus terawatt dengan baik, justru sebaliknya kalau bulu nya awut-awutan bahkan terlihat kusam, maka akan menjadikan kesan yang kurang menawan pada burung ini. Maka dari itu, perlu perawatan khusus kalau anda menemui pleci keakungan anda mengalami hal yang demikian.

Ada beberapa kemungkinan yang sanggup menjadi penyebab bulu-bulu pleci Nampak kusam, rusak, dan acak-acakan, diantaranya yakni sebagai diberikut:

- Kebiasaan menjemur pleci terlalu lama
- Karena pleci jarang sekali dimandikan
- Keseenteng mengganti pakan, khususnya voer
- Minimnya pemdiberian pakan berupa buah-buahan
- Bisa jadi alasannya yakni faktor genetic atau faktor keturunan

Lalu bagaimana merawat bulu burung pleci biar tetap indah dan istimewa? Berdasarkan tips dari penangkar pleci berpengalaman, diberikut yakni hal-hal yang sanggup dilakukan kepada pleci yang bulu-bulunya kurang bagus.

1. Sebaiknya menjemur pleci diwaktu pagi hari paling usang sekitar 1 hingga 2 jam, dan waktu paling usang hingga jam 10. Karena lebih dari itu, terik matahari sudah terlalu gerah, sehingga kurang anggun efeknya untuk kesehatan pleci.

2. Lebih anggun kalau memandikan pleci secara teratur, kalau perlu sediakan keramba meliputi air biar pleci sanggup leluasa mandi sendiri. Karena dengan mandi akan menghilangkan kutu-kutu, tungau, maupun kuman yang berada di badan maupun sekitar bulu pleci.

3. Pemdiberian buah-buahan segar yang lebih bervariasi, sehingga kebutuhan vitamin sanggup tercukupi.

4. Berikan voer yang paling disukai pleci, tentunya harus berkarakter, yakni dengan brand yang anggun (tidak murahan).

5. Berikan obat luar khusus bulu (OrBird sanggup menjadi pilihan), baik dengan cara disemprot maupun dioleskan pada bulunya, dengan demikian dibutuhkan bulu pleci sanggup kembali menyerupai sedia kala.

Mungkin cukup sekian sedikit tips terkena perawatan bulu pleci biar tetap indah menawan, semoga informasi ini sanggup bermanfaa.

Post a Comment for "Cara Merawat Bulu-Bulu Burung Pleci Biar Selalu Manis Dan Indah"