Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Termudah Membedakan Ikan Nila Jantan Dan Betina

Membedakan ikan nila jantan dan betina- Ikan nila ialah salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar. Selain gurameh lele dan patin, ikan nila juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai sajian masakan lauk pauk di rumah mereka masing-masing. Sehingga peluang besar ini dimanfaatkan dengan baik oleh para peternak ikan air tawar.

Nah jikalau kalian ingin membudidayakan ikan nila, maka kalian harus mempunyai indukan yang berkarakter supaya sanggup menghasilkan keturunan yang berkarakter pula. Tapi bagi kalian yang masih pemula atau yang masih gres ingin memulai membudidayakannya, tentu sobat erat harus mengetahui dulu perbedaan antara ikan nila jantan dan betina sebelum mempelajari yang lainnya. Bagaimana mungkin kalian sanggup beternak ikan, sedangkan membedakan indukannya saja belum bisa?!

Oleh lantaran itu keberadaan kami di sini untuk mempersembahkan warta kepada sobat erat sekalian terkait cara membedakan nila jantan dan betina yang sempurna dan gampang. Tulisan ini ditujukan kepada yang masih pemula, lantaran bagi para master tentu sudah tidak kesusahan lagi untuk mengetahui perbedaannya. hehe Baiklah eksklusif saja diberikut tips membedakan antara ikan nila jantan dan betina. Simak baik-baik ya, biar greget:

Teknik Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina


Teknik membedakannya itu sangat simpel sob kalian cukup melihat bagian-bagian tertentu antara yang jantan dan yang betina lantaran di setiap masing-masing mempunyai ciri-ciri yang tidak sama. Apa saja bedanya?

1. Bentuk Kelamin Nila Jantan dan Betina


 Ikan nila ialah salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar Teknik Tergampang Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

 Ikan nila ialah salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar Teknik Tergampang Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Yups perbedaan yang pertama ialah di bab sisi  kelabuinnya. Bagi kami cara pertama ini ialah cara yang paling simpel untuk memahami mana yang jantan dan mana yang betina. Umumnya kelabuin jantan bentuknya menonjol (papilla) dan runcing. Hal itu berfungsi sebagai muara jalan masuk urin dan sperma yang letak dan posisinya di depan anus. Serta terdapat alat urogential 2 lubang yaitu lubang anus dan sperma. Sedangkan kelabuin betina berbentuk oval (agak bulat) dan mempunyai lobang genital yang terpisah dengan lobang jalan masuk urine.

Untuk lebih jelasnya sobat erat sanggup melihat gambar kelabuin nila jantan dan betina di atas (tempatnya di depan anus pas). Di situ bentuk kelabuinnya (venn) sangat tidak sama antara betina dan jantan.

2. Warna Tubuh



 Ikan nila ialah salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar Teknik Tergampang Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Selain dari bentuk kelabuin, perbedaan ikan nila jantan dan betina juga sanggup dilihat dari warna tubuhnya. Ciri ciri warna badan ikan nila jantan ialah berwarna lebih cerah dibandingkan dengan betina dan siripnya memerah. Apalagi ketika matang gonad.

Sedangkan untuk nila betina, warna tubuhnya cenderung pucat dan ketika matang gonad bab tepi sirip tidak berubah warna serta gerakannya pun lambat. Bagaimana, simpel kan?

3. Kematangan Gonad


Kematangan gonad pada ikan nila jantan sanggup dilihat dengan cara mengurut bab perut ke arah anus secara perlahan dan berulang. Maka akan mengeluarkan cairan kental berwarna bening dari kelabuinnya. Dan di sekitar perut sampai kepala bab bawah akan berwarna merah.

Adapun untuk nila betina biasanya ketika diraba perutnya terasa lunak dan jikalau ditekan sedikit, perutnya akan mengeluarkan cairan kuning atau telur. Serta bab anus akan menonjol dan kemerah-merahan.

4. Perut Nila Jantan dan Betina juga Beda


 Ikan nila ialah salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar Teknik Tergampang Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Teknik membedakan nila jantan dan betina yang terakhir ialah dengan memperhatikan baik-baik ukuran perutnya. Apabila perut nila tersebut besar dan terlihat gendut berarti berjenis kelabuin betina, namun sebaliknya bila terlihat lebih ramping dan tidak terlalu gemuk berarti ikan itu berjenis kelabuin jantan. Dan ketika membandingkannya pun harus yang seumuran. Simpel kan?

Nah itulah sob 4 poin utama cara membedakan ikan nila jantan dan betina. Kami rasa Kempat ciri ciri kedua ikan nila di atas sudah lebih dari cukup bagi Anda untuk mengetahui perbedaan nila betina dan jantan. Baik yang masih kecil anakan atau yang sudah dewasa. Sekarang Anda tinggal mempraktekan salah satunya saja. Oke, sekian dari kami semoga bermanfaa bagi kalian para pemula yang ingin membudidayakan ikan nila. SUKSES BOSKU

Post a Comment for "Cara Termudah Membedakan Ikan Nila Jantan Dan Betina"