Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ternak Kura Kura Brazil Dengan Gampang Bagi Pemula

Ternak kura kura brazil memang sangat cocok bagi para petani ikan, alasannya hewan reptil yang satu ini sudah sangat banyak dipelihara oleh kalangan masyarakat khususnya Indonesia. Selain praktis dirawat, kura kura brazil juga mempunyai ciri khas tersendiri yaitu bentuknya unik dan warnanya cantik. Apalagi kalau ia masih kecil.

Karena banyaknya minat penggemar tersebut, budidaya kura-kura brazil menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi peternaknya untuk diterapkan di rumah, kemudian jikalau sudah berhasil kura-kura tersebut dijual di kalangan penggemar ikan akuarium. Jangan kaget kalau nanti menerima omset jutaan hingga ratusan juta, tapi tentunya tiruana teergantung pada perjuangan keras anda.

Dalam perjuangan tidak ada yang dimulai dengan langkah praktis maupun cepat, tiruana butuh kerajinan dan proses dalam memulainya. Begitu juga dalam memulai bisnis menyerupai kura-kura brazil, ada beberapa langkah yang perlu dihukum secara benar dan fokus.

Bagaimana cara ternak kura-kura brazil yang baik dan benar serta bisa menghasilkan?

Baiklah hobinatang akan menjawaban itu tiruana, alasannya kami di sini akan mengambarkan panjang lebar ihwal tips beternak kura-kura brazil. Namun  pastikan anda sudah membaca artikel sebelumya yang berjudul, cara merawat kura-kura berazil bagi pemula. Ok, ikuti langkah-langkah di bawah ini supaya kalian bisa membudidayakan kura-kura brazil dengan benar:

Teknik Ternak Kura Kura Brazil


 memang sangat cocok bagi para petani ikan Teknik Ternak Kura Kura Brazil dengan cepatdangampang bagi Pemula

1. Memilih Indukan Kura-Kura Brazil yang Siap Dikawinkan atau Dipijahkan


Hal yang paling utama dalam budidaya kura kura yaitu menyediakan indukan yang berkarakter. Ciri-ciri indukan yang baik, layak dan berkarakter ialah:

 memang sangat cocok bagi para petani ikan Teknik Ternak Kura Kura Brazil dengan cepatdangampang bagi Pemula

  • Umur kura-kura sudah mencapai 2 tahun (yang siap kawin biasanya besarnya sepiring)
  • Tidak cacat alias sehat
  • Ukuran tubuhnya gemuk
  • Keadaan tempurung membersihkan

Jika syarat di atas memenuhi, Insyaallah indukan brazil bisa melahirkan telur dan anak yang banyak, bahkan hingga ratusan. Sehingga proses ternak kura-kura anda tidak sia-sia.

2. Menyediakan Tempat Untuk Beternak Kura Kura Brazil


Kalian harus membuat bak khusus untuk proses pemijahan (mengawinkan) antara induk jantan dan betina. Karena bentuk wadah pemijahan tidak sama dengan bak kura-kura brazil pada umumnya. Bagaimana cara menciptakannya?

Buatlah bak pemijah seluas 2x3 meter, kemudian buatlah sekat di tengah-tengah supaya terbagi menjadi 2 bagian. Sisi kanan untuk daratan pasir dan sisi kiri untuk air. Pembuatan sekat itu mempunyai kegunaan supaya air tidak tergabung dengan pasir, alasannya untuk bak pemijah keadaan pasir harus tetap kering. Sehingga saat si indukan meletakkan telurnya di atas pasir, tidak terkena air.

Jangan lupa untuk memasang lampu bohlam 10 watt di atas daratan persisi, tinggi antara lampu dengan pasir berjarak 10cm. Dan juga membuat jalan masuk air yang kecil supaya ada pertukaran air kotor dan air membersihkan, sehingga air dalam bak selalu membersihkan.

Jika sudah siap, eksklusif saja masukan indukan menyerupai kriteria di atas, usahakan dalam satu bak spesialuntuk ada seujung jantan dan dua ujung betina. Adapun untuk makanannya,  kalian cukup mempersembahkan sayuran dan serangga menyerupai jangkrik dengan porsi yang tidak hiperbola soalnya malah bisa membuat kolamnya kotor. The next, tunggulah beberapa hari hingga anda benar-benar melihat telur di atas pasir.

3. Menetaskan Telur Kura-Kura


 memang sangat cocok bagi para petani ikan Teknik Ternak Kura Kura Brazil dengan cepatdangampang bagi Pemula

Kalau telurnya sudah berada di atas pasir, kalian bisa menetaskannya secara alami dan buatan. Tapi lebih dimasukankan yang secara buatan. Mengapa? Soalnya hal ini untuk mengurangi tingkat maut dan kegagalan si telur kura-kura tersebut. Silahkan baca panduannya di artikel, cara menetaskan telur kuru-kura air tawar dan brazil


4. Teknik Merawat Bayi Kura-Kura Brazil


 memang sangat cocok bagi para petani ikan Teknik Ternak Kura Kura Brazil dengan cepatdangampang bagi Pemula

Poin ketiga sengaja dimasukkan dalam proses ternak kura-kura brazil, hal itu supaya setelah telur menetas kalian tidak kebingungan cara merawat anaknya yang masih kecil dan hijau. Saat telur sudah mengeluarkan bayi kura-kura, hendaknya dibiarkan selama satu hari.

Jangan dikasih makan apa-apa, alasannya mereka sudah menyimpan nutrisi masakan yang terkandung di dalam telurnya. Nah, saat sudah melewati 1-2 hari, barulah kalian boleh memdiberi masakan khusus untuk si bayi, menyerupai ikan-ikan kecil yang dijual di pasar atau di toko ikan atau bisa juga yang lainnya.

Baca: 6 cara merawat kura-kura brazil yang baik dan benar

Mungkin itu saja tips lengkap dari kami "cara ternak kura-kura brazil dengan praktis untuk pemula" Semoga bisa mempersembahkan solusi bagi bisnis yang akan anda jalankan ini. :) Share dan like facebooknya.

Post a Comment for "Cara Ternak Kura Kura Brazil Dengan Gampang Bagi Pemula"