Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari Tahu Apa Ciri Dan Abjad Burung Nuri Irian (Nuri Kepala Hitam)

Di Indonesia ada banyak jenis Burung Nuri yang dikenal. Mulai dari Burung Nuri Raja Ambon, Burung Nuri Dada Jingga, Burung Nuri Pipi Kuning, Burung Nuri Hitam dan lain-lain. Salah satu yang cukup populer dan menarikdanunik ialah Burung Nuri Kepala Hitam.

Tidak susah untuk mengetahui ciri-ciri burung ini alasannya terlihat sangat unik dengan kepalanya yang berwarna hitam layaknya memakai kopiah. Bagian paruhnya berwarna kuning kemerah-merahan dengan ujung berwarna kuning gading serta putih. Hampir di sekujur tubuhnya didominasi warna merah dan diselingi warna hitam di bab punggung dan bab leher. Untuk betina, di akup terdapat, perut serta kaki berwarna hitam.

Di Indonesia ada banyak jenis Burung Nuri yang dikenal Cari Tahu Apa Ciri dan Karakter Burung Nuri Irian (Nuri Kepala Hitam)

Burung Nuri Kepala Hitam banyak ditemukan di Papua dan menyukai banyak sekali jenis buah-buahan menyerupai pepaya, biji-bijian, kacang-kacangan serta wortel.

Burung Nuri Irian disebut juga burung Nuri Kepala Hitam pada dikala remaja berukuran cukup besar dan mempunyai kelebihan berilmu menirukan bunyi insan serta bunyi burung burung lain. Selain itu, burung ini juga mempunyai bulu yang terlihat cantik.

Burung nuri memang populer praktis untuk di kembangbiakan alasannya menganut sistem poliandri maupun poligami. Tidak spesialuntuk itu, burung yang bertelur sekitar 2 butir dalam sekali reproduksi ini perawatannya tidak terlalu susah. Hanya saja, diperlukan sangkar berukuran besar untuk menampung satu buntut Burung Nuri Irian atau satu pasang. Kandangnya setidaknya berukuran 1 meter X 1 meter x 2 meter.

Perbedaan jantan dan betina
Burung Nuri Kepala Hitam mempunyai sedikit perbedaan antara burung jantan dan betina diantaranya adalah:
a. Burung jantan biasanya mempunyai ukuran badan yang lebih kecil dibandingkan dengan burung betina.
b. Ekor burung jantan lebih pendek dibandingkan dengan betina.
c. Burung Nuri Kepala Hitam betina mempunyai kalung berwarna hitam di bab lehernya.
d. Burung jantan biasanya mempunyai warna bulu yang lebih tegas dan mengkilat dibandingkan dengan burung betina yang tidak mengkilat atau terlihat berwarna dop.

Perawatan Nuri Irian / Kepala Hitam
Hampir tiruana burung yang mempunyai paruh bengkok menyerupai Burung Nuri mempunyai banyak kelebihan dan daya tarik. Misalnya, burung tersebut biasanya praktis dijinakkan, mempunyai kemampuan menjiplak bunyi insan dan burung lain, mempunyai bulu yang indah, serta bisa melaksanakan banyak sekali atraksi apabila dilatih.

Untuk memelihara burung jenis ini, kita biasanya membutuhkan sangkar yang berukuran sedikit besar. Walau demkian, sebagian orang memutuskan untuk tidak memakai sangkar besar melainkan spesialuntuk memakai tenggeran kemudian mempersembahkan burung tersebut rantai atau tali supaya tidak lepas.

Burung Nuri atau beberapa orang terkadang menyebutnya sebagai Burung Kasturi mempunyai buntut yang melebar dan beratnya mencapai 200 sampai 240 gram.
Dalam perawatannya, anda bisa membuat sangkar yang berukuran 1 meter x 1 meter dengan kerangka kayu dan kawat ram.

Di dalam kandang, anda bisa menyediakan kawasan makan dan kawasan minum serta kawasan bertengger. Burung jenis ini menyukai sayuran, pepaya dan biji-bijian menyerupai jagung muda kacang. Anda juga bisa mempersembahkannya pelet lele.

Bagi anda yang memelihara sepasang Burung Nuri Kepala Hitam, sebaiknya di dalam sangkar disertakan juga kotak kayu berukuran 35 cm x 20 cm x 20 cm yang diletakkan di pojok sangkar dan didiberikan serpihan serabut kelapa. Sarang tersebut akan dipakai Burung Nuri untuk bertelur dan berkembang biak.


Makanan Nuri Irian / Kepala Hitam
Burung Nuri Irian bisa didiberikan masakan berupa biji-bijian atau buah-buahan dan sayuran. Diantara beberapa buah-buahan yang disukainya adalah, buah pisang, buah pepaya dan buah apel. Sedangkan untuk sayuran anda bisa mempersembahkan sayur kangkung, sayur brokoli atau wortel.
Hindari mempersembahkan buah coklat atau buah alpukat untuk burung ini.

Pada dikala masih muda, biasanya burung ini bisa didiberikan air gula. Teknik pembuatannya sangat sederhana, anda bisa menyiapkan setengah gelas air matang kemudian menambahkan 2 sendok makan gula kemudian menambahkan juga birdVit atau birdMineral. Pemdiberian makan anak burung bisa dilakukan dua sampai tiga jam sekali sebanyak 10 sampai 15 mililiter saja.

Mengembangbiakan Nuri Irian / Kepala Hitam
Agar Burung Nuri Irian bisa berkembang biak lebih banyak, kita membutuhkan sepasang burung jantan maupun betina dan ukuran sangkar setidaknya harus lebih besar.
Untuk menjaga supaya kualitas telur tetap baik, anda bisa mempersembahkan birdMature dan birdMineral untuk memmenolong supaya keturunannya bisa berkarakter.

Harga Burung Nuri Irian / Kepala Hitam
Anak burung yang masih muda biasanya dihargai Rp 500 - 600 ribu ada juga yang menjualnya dengan harga Rp 2 juta rupiah (burung remaja). Sedangkan yang sudah remaja dan sudah bisa mengeluarkan bunyi biasanya dihargai lebih mahal antara Rp. 5 juta sampai Rp. 10 juta.

Post a Comment for "Cari Tahu Apa Ciri Dan Abjad Burung Nuri Irian (Nuri Kepala Hitam)"