Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sarang Murai Kerikil Dari Materi Palem

Sebanarnya untuk membuat masukang Murai Batu tidaklah problem apa pun materi pembuatnya, yang tepenting masukang tersebut haruslah nyaman dan yummy ditinggali oleh Murai tersebut. Umumnya, seujung Murai Batu mempunyai masukang berbentuk lingkarang, dan tidak sedikit juga yang berbentuk kotak. Ya kotak, memang terkandang seorang breeder memakai glodok atau masukang yang berbentuk kotak.

Sedangkan untuk bahannya sendiri yaitu kayau atau multipleks. Lalu, adakah materi lain yang cukup nyaman untuk masukang Murai? Ada, beberapa breeder melaksanakan beberapa penemuan pada masukang Murai, dan salah satunya yaitu masukang Murai Batu dari materi palem. Untuk mengetahui lebih jauh, diberikut yaitu penjelasannya.

Sebanarnya untuk membuat masukang Murai Batu tidaklah problem apa pun materi pembuatnya Sarang Murai kerikil Dari Bahan Palem

Membuat Sarang Murai Batu Dari Bahan Palem
Palem yaitu salah satu jenis tanaman yang mempunyai banyak fungsi, termasuk untuk masukang Murai. Baik daun maupun kayu palem, keduanya bisa Anda jadikan sebagai materi utama pembuat masukang Murai.

Lalu, bagaimana dengan kenyamannya? Jika berbicara terkena kenyamanan, itu tergantung dari kondisi sangkar dan lingkungan sekitar sangkar itu sendiri. apa pun bahannya, tapi jikalau memang temperatur sekitar sangkar tidak nyaman, maka bisa dibilang masukang pun akan tidak nyaman pula.

Tapi yang jelas, gunakannya materi yang sekiranya tidak terlalu gerah, dan bisa untuk menahan dingin. Lalu, apakah materi tersebut? Untuk materi dengan kriteria tersebut, Anda bisa memakai kayu palem. adapun cara pembembuatan masukang Murai Batu dari materi palem ini yaitu sebagai diberikut:

1. Siapkan kayu palem, kemudian potong dengan ukuran 40 cm.
2. Kemudian boboklah isi kayu palem, kemudian keluarkan isinya. Pastikan seluruh isi kayu tersebut keluar dan kosong.
3. Sesudah seluruh isi kayu tidak ada, Anda bisa lanjutkan dengan melubangi permukaan kayu tersebut. Karena lubang ini akan difungsikan sebagai pintu masuk untuk sang Murai. Tapi ingat, lubangi permukaan kayu dengan ukuran yang ideal dan pas dengan ukuran badan burung tersebut.
4. Jika permukaan kayu sudah terlubangi, Anda bisa menambahkan tripleks pada bab atas dan bawah kayu. Triplek di sini akan berfungsi sebagai epilog kayu, dengan cara begitu kayu tersebut akan melindungi Murai dari udara dingin.
5. Sesudah sudah tertutupi, Anda bisa memasukan bahan-bahan untuk masukang murai ke dalam kayu tadi.
6. Dan masukang pun siap di tempati.

Tapi ingat, dalam membuat masukang Murai Batu dari materi palem ini harus diubahsuaikan dengan kondisi kandang. Selain itu, Anda juga harus menempatkan masukang pada daerah yang ideal, artinya tidak terlalu gerah, tidak terjangkau binatang lain, dan terhindar dari paparan udara dingin.

Post a Comment for "Sarang Murai Kerikil Dari Materi Palem"